Cara Mengolah Seafood Agar Tidak Amis dan Pasti Lezat

Cara Mengolah Seafood Agar Tidak Amis dan Pasti Lezat

Seafood sudah menjadi makanan favorit banyak orang, meskipun harganya cukup mahal, tetapi rasa seafood yang khas sudah menjadi daya tarik untuk para penikmatnya. Kerap kali seafood yang ada di restoran dijual dalam porsi yang relatif sedikit, sehingga rasanya belum puas kamu menikmatinya. 

Namun, tenang saja karena sekarang kamu dapat menikmati seafood sesuai keinginan dengan mengolahnya sendiri. Tidak perlu takut akan bau amis atau kurang paham bagaimana cara mengolah seafood agar tidak amis dan pasti lezat. Berikut cara mengolah seafood yang bisa kamu coba di rumah. 

Tips Memasak Seafood Sehat dan Tetap Lezat 

Dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini, kamu bisa mengolah seafood dengan benar dan tentunya lezat. Mari simak ulasannya berikut ini. 

1. Gunakan Teknik Memasak yang Sehat 

Terdapat berbagai cara untuk mengolah seafood, namun tidak semua bisa menyehatkan kamu, seperti menggoreng yang bisa menyumbang banyak lemak jahat di dalam tubuh kamu. Kebutuhan lemak trans yang terlalu banyak menjadi penyebab penyakit kolesterol. 

Untuk itu, kamu harus menggunakan cara memasak yang sehat untuk tubuh kamu, seperti menumis dengan minyak zaitun, mengukus, merebus dan memanggang. Dengan semua teknik tersebut, kamu dapat membuat ikan bakar, pepes ikan, udang panggang dan kerang rebus yang lezat, lho! 

Namun, harus kamu pahami jika kamu ingin mengkonsumsi seafood yang dipanggang, maka panggang di atas bagian alat masak sehingga lemak dari seafood tersebut menetes. Dengan demikian, lemak dan minyak tidak akan tertimbun di dalam daging seafood. 

Sebisa mungkin, kamu juga menghindari penggunaan minyak sayur maupun minyak yang telah digunakan berulang kali. Pakailah minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak zaitun yang rendah lemak. 

2. Tambahkan Rempah 

Supaya menjaga kualitas daging dan memperkaya cita rasa seafood, kamu bisa menambahkan bumbu dan rempah lainnya menjadi pengganti garam. Cara ini diyakini bisa memberikan wangi yang sangat menggugah selera dan tetap sehat sehingga tidak akan mempengaruhi kolesterol kamu. 

Ada banyak jenis rempah yang ternyata dapat membantu menyehatkan tubuh seperti bawang putih yang dilaporkan bisa turunkan trigliserida dan kadang kolesterol jahat di dalam tubuh. Bumbu ini juga mempunyai anti bakteri dan zat anti radang yang sangat bermanfaat. 

Oleh karena itu, jika kamu ingin mengkonsumsi seafood, maka jangan lupa untuk tambahkan bawang putih untuk bumbu hidangannya. Ini juga menjadi cara alami untuk turunkan kadar kolesterol. 

3. Berikan Perasan Jeruk Lemon 

Ada bahan yang selalu tersaji bersama seafood yaitu irisan buah lemon. Tujuannya memang untuk menyegarkan seafood, namun buah yang termasuk dalam golongan sitrus ini pun memiliki manfaat lain. 

Lemon memiliki banyak vitamin C, dan sudah banyak studi yang sudah menunjukkan jika mengkonsumsi sayuran dan buah dengan kandungan vitamin C sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat dari buah lemon ini adalah bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. 

Kandungan zat kimia dan serat dalam lemon juga dianggap diosmin dan hesperidin yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol. Sehingga, mulai sekarang jangan lupa tambahkan perasan lemon saat kamu mengkonsumsi seafood. 

Selain itu, memberikan perasan jeruk lemon juga bisa membuat seafood tidak terlalu amis. Bau amis yang menyengat pastinya bisa mengurangi selera makan kamu, bukan? 

4. Tambahkan Jahe 

Jahe menjadi bahan alami yang bisa mengurangi bau amis pada seafood dan juga membuat hidangan seafood menjadi lebih lezat. Kamu bisa gunakan jahe sesuai kebutuhan, semakin banyak seafood yang dimasak semakin banyak juga jahe yang harus kamu gunakan. 

Sebelum memasukkannya ke dalam wajan saat memasak, kamu harus kupas kulit jahe sampai bersih agar tidak ada rasa kurang sedap nantinya. Jangan lupa geprek jahe agar rasanya dan aromanya keluar. 

5. Berikan Makanan Berserat 

Serat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam dalam organ empedu. Itulah sebabnya kacang-kacangan dan sayuran seperti buncis dan kacang polong cocok menjadi pendamping seafood. 

Tidak hanya itu saja, tempe dan tahu juga sama bagusnya menjadi makanan pendamping seafood. Sebab kandungan protein yang ada di dalam kacang kedelai bisa turunkan trigliserida dan kolesterol, sehingga bisa menghambat penyakit jantung koroner. 

Apabila kamu tidak mengkonsumsi banyak sayuran ketika menyantap seafood, kamu bisa memakan buah-buahan baik sebelum atau setelah makan berat. Selain bisa mengendalikan kolesterol, serat dalam buah-buahan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga kamu tidak mengkonsumsi seafood berlebihan. 

Itu tadi ulasan tentang cara mengolah seafood agar tidak amis dan tetap lezat. Konsumsi seafood dalam jumlah yang wajar agar kadar kolesterol kamu tidak meningkat. Nah, untuk mendapatkan seafood yang segar dan semua bahan-bahan di atas, kamu bisa membelinya di Astro! Belanja bahan-bahan masak di Astro dijamin tetap segar sampai di tangan kamu! Karena, pengiriman Astro yang cepat hanya 15 menit saja. Yuk, belanja sekarang!

Referensi:

5 Tips Makan Seafood Tanpa Khawatir Kolesterol

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.