Ketahui Cara Memasak Daging Sapi Rendah Kolesterol

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan mengkonsumsi daging atau terbiasa dengan mengolah daging sapi menjadi suatu makanan lezat. Tentu saja kadang merasa bahwa daging sapi memiliki kandungan kolesterol lebih banyak sehingga takut makan daging.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa terdapat cara memasak daging sapi rendah kolesterol yang cukup mudah untuk diikuti. Apalagi jika kamu masih pemula, kamu bisa dengan mudah mengolah daging sapi supaya rendah kolesterol.

Memang kini semakin lama, semakin banyak tipe penyajian dan pengolahan daging sapi yang menjadi makanan yang lezat. Seperti yang sudah kamu ketahui, tubuh juga memerlukan kebutuhan protein dari hewani, salah satunya dengan mengkonsumsi daging sapi tetapi, jika mengkonsumsinya berlebihan dan memasak dengan cara yang tidak benar maka hanya akan menimbulkan kolesterol dalam tubuh meningkat. 

Ingin tubuh jadi sehat tanpa khawatir tetapi, disisi lain tubuh juga memerlukan kebutuhan protein hewani yang baik untuk tubuh. Cukup membuat dilema, padahal ingin menerapkan hidup sehat.

Oleh karena itu apabila kamu ingin lebih jelas, berikut ini adalah cara memasak daging sapi rendah kolesterol yang mudah diikuti. Simak yuk!

Baca Juga: Cara Memilih Daging Sapi yang Baik dan Berkualitas

Masak Daging Sapi Supaya Daging Sapi Rendah Kolesterol 

Untuk beberapa momen, kamu akan mengolah dan mengkonsumsi daging sapi. Namun, jangan khawatir karena ada siasat jitu yang bisa kamu ikuti dengan mudah agar mengolah daging sapi jadi daging yang rendah kolesterol.

Berikut ini adalah ulasan mengenai cara mengolah daging sapi supaya hasilnya rendah kolesterol atau rendah lemak. Penasaran, simak yuk!

1. Mencuci Bagian Lemak 

Pertama, tentu saja kamu harus mulai mencuci daging sampai bersih khususnya pada bagian lemak yang menempel pada permukaan dagingnya. 

Setelah dibersihkan semua bagian lemaknya, kamu ambil pisau kemudian, iris pada area yang ada lemak berwarna putih. Biasanya ditemukan lemak warna putih yang menempel di area permukaan pada daging sapi yang merah.

Lalu, kamu rendam daging yang masih mentah di dalam air yang sudah hangat. Jangan lupa dalam wadah tersebut tambahkan garam dan kunyit secukupnya.

2. Merebus Daging

Langkah kedua adalah merebus daging sapi yang sudah dibersihkan bagian lemaknya dan sudah direndam pada air garam hangat dan kunyit.

Agar lemak menghilang dengan mudah kamu jangan sampai melewatkan cara kedua ini yakni merebus daging sapi. Kamu bilas saja daging sapi yang sudah kamu rendam sekali saja.

Selanjutnya tiriskan air tersebut, jika kamu ada panci presto, kamu bisa menggunakan panci presto untuk merebus daging sapi tersebut. Caranya, taruh daging sapi yang sudah siap di dalam panci presto, kemudian tambahkan bumbu dan rempah.

Jangan lupa berikan air dan garam secukupnya saja. Tinggal nyalakan kompor dan tunggu hingga ada bunyi tanda kompor harus dimatikan. Lalu, apabila sudah matang maka kamu harus meniriskan kaldu dengan saringan.

Jika sudah cukup lama, maka akan muncul lapisan putih yang akan muncul di permukaan kaldu. Nah, kamu pakai sendok untuk mengambilnya dan buanglah lapisan putih itu. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

3. Menggunakan Air Es 

Tahapan ketiga, kamu bisa memanfaatkan air es yang ada di rumah. Dengan menggunakan air es kamu bisa memisahkan bagian antara lemak dan daging sapi. Bahkan cara ini juga bisa kamu terapkan juga pada daging yang lain jika hendak memisahkan bagian lemak dengan dagingnya.

Cara yang cukup mudah diikuti, kamu bersihkan daging dengan cara mencucinya sampai bersih. 

Langkah selanjutnya, kamu harus mulai memanaskan air di dalam panci. Jika air sudah mendidih, maka masukkan daging sapi di dalam air tersebut dalam kondisi kompor mati. Kamu harus memastikan sendiri bahwa daging sapi sudah tenggelam di dalam panci.

Lalu tambahkan garam secukupnya saja, lalu tunggu sampai airnya dingin. Jika sudah dingin, harus meniriskan daging sapi.

Selanjutnya, tambahkan juga air es yang sudah hancur lalu masukkan es baru yang banyak. Selanjutnya kamu tinggal tunggu dan diamkan daging untuk beberapa saat saja. 

Fungsi es batu itu bisa bantu membekukan lemak yang semakin lama akan muncul di permukaan wadah. Lemak akan membeku dengan warna putih. Jika sudah muncul seperti itu, tinggal ambil bagian lemak yang mengapung dan membeku dan cuci dagingnya.

Demikian ulasan mengenai cara memasak daging sapi rendah kolesterol yang harus kamu ketahui. Cara yang sangat mudah diikuti, anti ribet. Bahkan kamu yang belum punya pengalaman pun juga bisa mengikutinya dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa mengkonsumsi daging sapi tanpa khawatir terlalu banyak mengandung lemak atau kolesterol. 

Jika kamu sedang mencari daging sapi, bisa langsung pesan daging sapi segar dan atau beku di aplikasi Astro. Butuh daging sapi secara cepat? Nggak usah khawatir, Astro siap membantu dengan pengiriman yang cepat hanya 15 menit dan waktu operasional selama 24 jam penuh. Download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu