Cara Memilih Daging Sapi yang Baik dan Berkualitas

Daging sapi menjadi sumber makanan yang kaya akan gizi. Namun, daging sapi mudah ditumbuhi jamur atau bakteri sehingga gampang sekali busuk. Oleh sebab itu, kamu harus teliti ketika membeli daging. Cari tahu cara memilih daging sapi yang baik agar kamu mendapatkan daging yang masih segar dan berkualitas. 

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas cara dalam memilih daging sapi yang benar. Tentunya kamu harus perhatikan dengan baik agar tidak salah pilih. Langsung saja simak ulasan lengkap cara memilih daging dengan benar berikut ini. 

Baca Juga: Biar Fresh Terus, Ini Cara Menyimpan Daging Tanpa Kulkas

Langkah-Langkah Memilih Daging Sapi Berkualitas 

Jika kamu ingin menerapkan pola makan yang sehat, pastinya kamu harus memilih bahan-bahan makanan yang masih segar, salah satunya adalah daging sapi. Daging sapi segar mempunyai zat yang masih sangat terjaga. 

Tidak hanya itu, mengkonsumsi daging segar pun menghindari risiko keracunan makanan makanan dan terserang infeksi bakteri. Di bawah ini cara memilih daging sapi yang baik:

1. Pilih daging tanpa bercak 

Daging yang masih segar akan tampak lembab, terbebas dari bercak asing dan warnanya merah merata. Sebaliknya, daging dengan kualitas buruk akan tampak apek dan kusam.  Daging sapi yang sudah tidak segar pun umumnya mempunyai noda bercak putih kehijauan atau hitam. Ini dapat menjadi tanda di dalam daging terdapat bakteri. 

2. Pilih yang masih beraroma segar

Daging sapi yang masih bagus akan mengeluarkan aroma segar. Yang berarti, ciri-ciri dari daging sapi yang baik mempunyai bau amis yang halus sehingga tidak menusuk hidung.  

Sedangkan daging sapi yang sudah busuk akan mengeluarkan bau tengik, anyir atau bau kurang sedap yang cukup mengganggu. Tentunya bau ini berasal dari jamur dan bakteri yang tumbuh, umumnya dari kontaminasi bakteri B. thermosphacta dan Pseudomonas. 

3. Pilih daging berwarna cerah 

Cara memilih daging sapi yang baik selanjutnya yaitu pilih yang berwarna merah cerah, tidak kotor, tidak pucat dan mengkilap. Tekstur lemaknya keras, berwarna putih kekuningan dan serat dagingnya terlihat halus. 

Apabila warna daging sapi mu hijau atau coklat kehijauan, ini menjadi tanda jika daging sudah busuk dan lebih baik dibuang saja. 

4. Pilih yang teksturnya kenyal 

Kualitas daging sapi yang bagus mempunyai tekstur yang kenyal dan padat, namun tidak kaku. Artinya, saat kamu menekan daging menggunakan jari, permukaannya bisa kembali lagi seperti semula. 

Daging sapi dengan kualitas buruk akan tampak lembek, bahkan mudah hancur saat ditekan, tidak kembali ke posisi awal. Daging sapi yang telah busuk pun akan tampak berlendir dan lengket saat dipegang. Lendir tersebut dihasilkan dari bakteri Leuconostoc spp dan Lactobacillus spp. 

Terkadang, daging yang sudah busuk pun menunjukkan adanya benang halus di permukaannya. Sehingga, ada baiknya kamu jangan membeli daging sapi dengan ciri-ciri ini untuk menghindari kamu keracunan makanan. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama, Nutrisi Tetap Terjaga

5. Pilih yang tidak mengandung banyak air 

Ciri-ciri dari daging sapi berkualitas pun tidak banyak mengandung air. Sebab, biasanya air berasal dari sapi yang telah digelonggong. 

Melansir studi rilisan European Food Safety Authority (EFSA) Journal, air dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri sehingga menjadi faktor makanan busuk. 

Jika kamu mendapati daging yang berarti kemerahan, kemungkinan besar memang air tersebut tidak berasa dari gelonggongan, namun merupakan sari protein. Sari protein tersebut menandakan jika daging sapi telah sangat lama terpapar udara bebas. 

Ciri dari daging sapi yang masih segar akan sangat mudah dikenali dari aroma, tekstur dan warnanya. Apabila kamu mencurigai terdapat bau atau tampilan yang aneh, ada baiknya kamu tidak memasak daging sapi tersebut. 

6. Tanyakan tanggal kadaluarsa daging 

Jika kamu berbelanja daging sapi di supermarket, tidak perlu ragi untuk menanyakan langsung pada petugas tentang tanggal kadaluarsa dari daging sapi yang hendak kamu beli. 

Sesuaikan tanggal tersebut dengan tanggal saat kamu ingin memasak daging sapi tersebut. Karena, kamu perlu daging yang masih bagus dan berkualitas guna menjamin rasa masakan yang kamu buat. 

7. Perhatikan kebersihan tempat menjual daging 

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli daging sapi, ada baiknya untuk melihat tempat daging tersebut dijual. Karena, kebersihan tempat pun bisa mempengaruhi kualitas dan kebersihan dari daging yang hendak kamu beli. 

Periksa juga peralatan yang digunakan tidak berbau dan bersih. Lebih baik lagi jika daging ditempatkan pada rak dinding atau digantung. Jika daging sapi tersebut dihinggapi banyak lalat, ada baiknya kamu hindari sebab bisa jadi lalat tersebut telah bertelur di area sela-sela daging. 

Baca Juga: Ikuti Cara Menyimpan Daging Sapi di Freezer Ini, Tetap Segar Saat Dimasak

Demikianlah, beberapa cara memilih daging sapi yang baik agar kamu tidak salah pilih saat ingin membelinya. Namun, jika kamu ingin membeli daging sapi dengan praktis dan berkualitas, maka aplikasi Astro bisa menjadi pilihannya. Kamu bisa mendapatkan daging sapi berkualitas dengan kualitas terbaik yang dijamin kesegarannya. Dapatkan berbagai pilihan daging mulai dari daging rendang, daging semur, hingga daging giling, dan jenis daging lainnya hanya di Astro. Untuk itu, langsung saja download aplikasi Astro di App Store atau Play Store.

Mau belanja aneka daging sapi berkualitas yang terjamin kesegarannya? Klik produk di bawah ini untuk belanja di aplikasi Astro!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu