Ikuti Cara Menyimpan Daging Sapi di Freezer Ini, Tetap Segar Saat Dimasak

Ikuti Cara Menyimpan Daging Sapi di Freezer Ini, Tetap Segar Saat Dimasak

Dalam Proses pengolahan daging sapi tidaknya mudah dan juga tidak susah. Harus ada trik tertentu supaya saat dimasak tetap dalam keadaan yang segar. Bahkan wajib diperhatikan mulai dari hal paling kecil berupa hal mengenai temperatur, suhu ruang, bahkan jangka waktu penyimpanan daging sapi serta bagaimana cara menyimpannya. 

Kamu jangan sampai salah langkah, jika salah langkah dalam menyimpan daging sapi, kamu hanya akan mendapatkan hasil olahan daging sapi yang tidak segar. 

Bisa dibilang cara dan trik teraman selama ini dalam menyimpan daging sapi dalam lemari es atau freezer. Bahkan tidak hanya berlaku pada daging sapi saja tetapi daging-daging yang lain pun juga akan aman jika tersimpan dengan cara terbaik di dalam freezer atau lemari es.

Berikut dibawah ini adalah  cara menyimpan daging sapi di freezer yang yang bisa kamu ikuti supaya kualitas daging tetap segar ketika hendak kamu olah atau masak. Ada apa saja ya, ikuti dan simak yuk!

Baca Juga: Bikin Bingung, Cara Menyimpan Daging di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

1. Meletakkan dalam Kotak Freezer

Daging sapi harus disimpan dalam kondisi terbaik serta harus dengan cara teraman yakni membekukan daging sapi. Bertujuan untuk tetap menjaga daging sapi sampai akhirnya kamu memasak dengan lezat dalam kondisi daging yang segar. 

Cara membekukannya adalah pastikan freezer atau lemari es kamu dalam kondisi temperatur -18 derajat Celcius. Temperatur tersebut berguna untuk membunuh mikroba yang berupa bakteri dan jamur yang menyebabkan daging cepat membusuk. 

Bahkan enzim yang biasanya mempercepat pembusukan makanan pun bisa mengalami pertumbuhan yang lambat apabila kamu membekukan daging sapi. 

Jika hendak memasak daging sapi dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama sebaiknya taruh dalam chiller terlebih dahulu. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Daging kamu di ASTRO!

2. Media Penyimpanan Harus Cocok

Kamu tidak usah khawatir dan berlebihan mengenai media simpan daging sapi. Jika pada umumnya orang menyimpan daging sapi di dalam plastik yang memiliki kedap udara maka bisa juga memakai kemasan plastik biasa dan bisa juga menggunakan media berupa toples.

Apabila kamu menyimpan daging sapi di dalam bungkus vacuum, daging sapi akan terkesan lebih segar bahkan juga daging sapi akan tahan lebih lama, maka saat memasak pun daging sapi akan lebih segar.

Jika kamu membeli daging sapi yang berada di supermarket atau pasar tradisional ketika mendapatkan daging sapi terbungkus plastik atau mika, kamu pun dapat memberikan tambahan berupa plastik media penyimpanan lagi saat sebelum menyimpan daging sapi di dalam lemari es atau dalam freezer.

Tentunya, hal tersebut akan memberikan penjagaan terhadap kualitas dan kesegaran pada  daging sapi.

3. Segera Menyimpannya setelah Membeli

Jika kamu suka menunda penyimpanan barang belanjaan setelah membelinya maka, jangan lakukan kebiasaan tersebut apalagi setelah kamu membeli daging sapi. 

Kamu harus segera menyimpan daging sapi di dalam freezer atau di dalam lemari es, terutama juga setelah kamu selesai belanja dan masuk ke dalam rumah. 

Jika jangka waktu yang kamu miliki dari membeli daging dan sampai rumah dengan penyimpanannya yang tertunda sampai dengan berjam-jam, maka kalau bisa kamu minta pada penjual daging sapi untuk meminta es batu khususnya jika memang pedagang daging juga mempunyai es batu. 

Hal tersebut akan membantu kamu dalam Proses pendinginan daging sapi terjaga sehingga suhu daging terjaga lebih lama.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus, Biar Tetap Lezat

4. Memantau Durasi Penyimpanan

Terdapat berbagai macam jenis daging yang juga perlu kamu perhatikan berapa lama kamu menyimpannya. Maka jika ingin hidup sehat juga harus memperhatikan hal-hal kecilnya. Perlu kamu ketahui bahwa lamanya daging steak dalam freezer akan masih segar saat dalam kadar penyimpanan 6 sampai dengan 12 bulan. 

Selanjutnya untuk daging sapi giling bisa kamu pertimbangkan waktu memasaknya agar daging masih segar dalam waktu penyimpanan 3 sampai dengan 4 bulan di dalam freezer. 

Sedangkan untuk daging yang sudah kamu masak atau sudah kamu olah akan memiliki jangka waktu aman dalam konsumsi yakni 2 sampai dengan 3 bulan lamanya. 

Dalam proses penyimpananya kamu juga harus mempertimbangkan kualitas lemari es dan temperatur yang dalam ruang penyimpanan daging sapi tersebut. Karena akan tetap mempengaruhi keadaan atau performa penyimpanan. 

Ketika ingin memasak daging sapi yang sudah dibekukan, maka lebih baik menurunkannya terlebih dahulu dari freezer ke kulkas bagian bawah. Hal ini dilakukan agar daging tetap segar saat dimasak serta kamu tidak akan kesulitan ketika mengolahnya. Hindari mencairkan daging sapi beku pada suhu ruangan terbuka, dimana ini akan membuat daging cepat busuk. 

Apabila kamu hendak mendapatkan produk yang bahan makanan yang luar biasa berkualitas dan segar segera belanja di Astro yang akan melayani kamu selama 24 jam ke depan non-stop.

Arie Wahyu
Arie Wahyu