Begini Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus, Biar Tetap Lezat

Begini Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus, Biar Tetap Lezat

Sekarang di internet terdapat berbagai cara menyimpan daging yang sudah direbus. Menyimpannya di dalam kulkas menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kualitasnya. Untuk menyimpan daging yang sudah direbus pastinya tidak sama dengan menyimpan daging yang belum direbus meskipun sama-sama dimasukan ke dalam kulkas. 

Dari hal tersebut, sudah jelas kamu perlu memahami dengan baik cara menyimpan daging yang telah direbus supaya tidak mudah busuk dan kandungan gizinya tetap terjaga. Hal ini juga termasuk untuk daging ayam, daging sapi atau daging kambing. Apabila Kamu menyimpannya sembarangan pastinya bisa membuat daging tersebut tidak segar. 

Bahkan, bisa jadi daging tersebut lebih mudah membusuk bila kamu salah menyimpannya. Lalu, bagaimana cara yang benar untuk menyimpan daging yang sudah direbus? Untuk lebih jelasnya, mari simak tipsnya berikut ini. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

Cara Simpan Daging yang Sudah Matang

Ikuti semua cara yang ada di bawah ini untuk menyimpan daging yang sudah direbus atau matang supaya kualitas daging tetap bagus dan tidak mudah busuk saat kamu ingin mengolahnya kembali. 

1. Dinginkan daging yang sudah direbus 

Cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu mendinginkan daging yang sudah direbus jika ingin kamu simpan ke dalam kulkas. Tentu saja hal ini perlu dilakukan mengingat daging rebus yang masih panas, bila kamu masukan atau simpan ke wadah atau ruang tertutup, pastinya bisa memicu uap air. 

Nah, uap air tersebut bila menetes bisa memicu terbentuknya bakteri karena uap air mempunyai kandungan air yang sangat berpotensi untuk menumbuhkan sebagian bakteri. Pastinya kamu tidak ingin mengkonsumsi daging yang sudah ada bakteri nya, bukan? 

Selain itu, usahakan juga ketika ingin menyimpannya ke dalam wadah atau kotak tertutup, daging yang sudah direbus tersebut dalam kondisi kering. Maksudnya, tidak serta merta tidak ada kandungan air nya sama sekali. Tetapi, lebih kepada pada keadaan yang sedang atau tidak terlalu basah namun juga tidak begitu kering demi menjaga kualitas dari daging tersebut. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Daging kamu di ASTRO!

2. Simpan pada wadah yang tertutup 

Apabila kamu ingin menyimpan daging yang sudah direbus, usahakan masukan daging tersebut pada kotak atau wadah yang benar-benar tertutup rapat. Hal ini dilakukan demi menghambat udara dari luar ruangan yang bisa masuk ke dalam wadah atau kotak yang kamu gunakan untuk menaruh daging tersebut. Karena, bisa jadi kuman atau bakteri dari luar dapat masuk lewat celah yang terbuka karena tidak ditutup dengan rapat. 

Untuk itu, jelas hal ini harus kamu persiapkan guna memastikan jika keadaan daging rebus tersebut dalam kondisi higienis dan bersih. Tetapi, sebagai catatan, ada baiknya jangan gunakan plastik sebagai penutup daging tersebut. Ada baiknya kamu memakai wadah seperti tempat makan atau lainnya yang mempunyai sertifikasi food grade. 

Baca Juga: Biar Fresh Terus, Ini Cara Menyimpan Daging Tanpa Kulkas

3. Masukan ke dalam rak kulkas paling bawah 

Sesudah daging kamu simpan ke dalam wadah dan ditutup rapat, maka kamu dapat menaruhnya di dalam kulkas. Letakkan kotak penyimpan daging tersebut di rak kulkas paling bawah. Lalu, hindari untuk memasukkannya ke dalam freezer sebab daging rebus yang sudah membeku dan nantinya dicairkan kembali bisa menurunkan kualitas gizi dari daging tersebut. 

Hal lain yang harus tahu juga ada jangan menyimpan daging yang sudah direbus lebih dari seminggu mengingat bila daging rebusan yang disimpan terlalu lama juga bisa membuat cita rasanya kurang nikmat saat dikonsumsi. Oleh karena itu, ketika kamu ingin menyimpan daging rebusan, usahakan untuk langsung mengolah dan mengkonsumsinya supaya gizi yang terkandung di dalam nya tidak hilang. 

4. Atur temperatur kulkas 

Bagian daging mempunyai ketahanan yang tidak sama. Misalnya, untuk bagian daging has dapat bertahan sampai 1 tahun. Sematara jeroan atau daging lidah hanya bisa bertahan selama 4 bulan saja di dalam freezer. Nah, untuk daging yang sudah direbus, pastikan suhu kulkas berada di 4 derajat celcius. 

Sepertinya hampir diseluruh kulkas sekarang sudah memiliki pengaturan suhu, sehingga kamu bisa langsung mengaturnya saja agar daging rebus yang disimpan dalam kulkas tetap aman. Selain itu, jangan terlalu sering membuka kulkas, sebab udara dinginnya bisa berkurang dan bisa berdampak pada daging yang kamu simpan di dalam kulkas ini. 

Baca Juga: Bikin Bingung, Cara Menyimpan Daging di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

5. Tulis tanggal penyimpanan

Cara terakhir yang harus kamu lakukan yaitu jangan lupa untuk memberi tanggal daging masuk ke dalam kulkas. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan kamu jika ingin mengolah daging tersebut dan juga menghindari mengkonsumsi daging yang sudah disimpan terlalu lama yang sudah tidak memiliki gizi di dalamnya. 

Demikianlah, cara menyimpan daging yang sudah direbus yang bisa kamu praktekan di rumah sekarang juga. Saat ingin mengolah daging rebus tentu saja kamu membutuhkan bahan-bahan dan bumbu yang lain, bukan? Nah, tidak perlu bingung, sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Astro untuk belanja kebutuhan sehari-hari dengan mudah! 

Astro memiliki lebih dari 3000 produk kebutuhan sehari-hari, sehingga kamu bisa mencari apapun kebutuhan sehari-hari di aplikasi ini. Kamu juga tidak perlu keluar rumah untuk pergi mengantri di supermarket, karena aplikasi Astro menyediakan layanan pengantaran yang hanya 15 menit saja. Tunggu apalagi, langsung saja download aplikasi Astro di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

Arie Wahyu
Arie Wahyu