Biar Fresh Terus, Ini Cara Menyimpan Daging Tanpa Kulkas

Biar Fresh Terus, Ini Cara Menyimpan Daging Tanpa Kulkas

Ternyata daging tidak hanya bisa disimpan dikulkas saja, ada beberapa cara menyimpan daging tanpa kulkas yang tidak banyak orang ketahui. Memang benar jika kulkas menjadi sebuah benda elektronik yang diperlukan guna mempermudah pekerjaan rumah kamu. 

Lemari pendingin ini bukan hanya dimanfaatkan untuk menyimpan makanan dan minuman saja, tetapi juga berbagai bahan masakan lain supaya tetap awet dan segar. Tidak hanya sayur dan buah-buah saja, semua jenis daging juga perlu disimpan di kulkas supaya bisa awet sampai berbulan-bulan. 

Seperti yang sudah dibahas di atas, jika daging bisa disimpan tanpa kulkas. Kamu hanya perlu menyimpannya dengan aman pada suhu ruang saja. Cara yang satu ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki lemari pendingin. Tidak hanya disimpan pada suhu ruang saja, terdapat beberapa cara lain yang bisa kamu coba ketika ingin menyimpan daging tanpa kulkas. 

Tentu saja kamu jadi penasaran dengan caranya, bukan? Nah, tidak perlu berlama-lama mari simak caranya di bawah ini. 

Baca Juga: Bikin Bingung, Cara Menyimpan Daging di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

Cara Simpan Daging di Suhu Ruang 

Kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk menyimpan daging jika tidak memiliki lemari pendingin di rumah. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

1. Tidak perlu mencuci daging

Apabila biasanya sebelum bahan makanan disimpan ke dalam kulkas, kamu perlu mencucinya terlebih dahulu, namun berbeda dengan daging. Jika daging dicuci, maka daging dapat menyerap lebih banyak air dan juga bisa membuat bakteri lebih cepat berkembang. 

Ada baiknya jika ingin menyimpan daging di dalam kulkas maupun di luar kulkas, daging tidak harus dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan.

2. Jemur daging 

Sebelum kamu menyimpannya, maka kamu perlu menjemur daging di bawah cahaya matahari. Caranya sangat mudah yaitu kamu hanya perlu memisahkan daging dengan lemaknya. 

Lalu, daging dipotong tipis-tipis dan marinasi menggunakan larutan garam. Sesudah ditiriskan, maka kamu langsung bisa menjemurnya di bawah sinar matahari hingga daging tersebut kering. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Daging kamu di ASTRO!

3. Taburi dengan garam 

Dikutip dari Sciencefocus.com, garam dapat menjadi antibakteri untuk daging. Sehingga cocok untuk dijadikan bahan pengawet yang alami. Kamu juga dapat memakainya untuk menyimpan daging supaya bisa awet sampai berbulan-bulan.

Caranya yaitu kamu perlu menyiapkan potongan daging dan taburi dengan garam ke seluruh permukaan daging. Kemudian simpan daging pada kotak makan yang kedap udara. 

4. Mengasap daging

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menyimpan daging tanpa kulkas yaitu dengan cara mengasap daging sehingga daging dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. 

Caranya adalah kamu dapat memarinasi daging dengan menaburi garam, lalu diasapi sampai daging mengering dan tidak ada air didalamnya. Sesudah itu, kamu dapat menyimpan daging yang sudah di asap pada wadah tertutup rapat.   

5. Rendam air dengan cuka 

Dikutip dari thehomesteadinghippy.com, ketika kamu memanfaatkan cara ini, ada baiknya lakukan dengan benar. Adapun caranya yaitu dengan memakai cuka dengan kadar PH 4,6 supaya daging dapat benar-benar aman saat disimpan. Tidak lupa untuk merendam daging pada wadah yang bersih dan kedap udara. 

6. Simpan daging di toples kaca atau jar 

Untuk cara yang satu ini bisa dikatakan cukup rumit, namun sangat efektif untuk membuat daging awet sampai 6 bulan lamanya. kamu hanya perlu menyediakan jar kaca atau toples tahan panas sebab nantinya daging akan dimasukan berbarengan dengan air panas. 

Siapkan toples kaca dan masukkan potongan daging serta air mendidih. Usahakan agar segel toples bersih dan kering. Lalu, rebus menggunakan alat pressure canners.

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

7. Rendam daging di dalam air garam 

Cara terakhir ini bisa membuat tekstur dari daging menjadi sangat lembut dan moist ketika kamu konsumsi nantinya. Kamu hanya perlu menyiapkan wadah yang telah dibersihkan dan masukkan air garam dan daging yang ingin kamu simpan. 

Tidak lupa untuk menutup rapat dan pastikan disimpan pada udara yang sejuk. Dikutip dari outdoorhappens.com, bila suhu udara di tempat penyimpanan daging terlalu panas, maka bisa menyebabkan daging tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama. 

Dengan mengetahui cara menyimpan daging tanpa kulkas di atas, mulai sekarang untuk kamu yang tidak memiliki lemari pendingin, tidak perlu cemas untuk menyimpan daging agar awet. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas untuk menyimpan daging agar awet dan tetap segar. 

Nah, untuk mendapatkan semua bahan yang ada di atas untuk mengawetkan daging, kamu bisa membelinya di Astro! Ya, Astro merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Astro memiliki banyak pilihan produk, sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu. 

Selain itu, kamu juga akan dimudahkan lagi sebab Astro menyediakan layanan delivery, sehingga kamu hanya perlu menunggunya di rumah selama 15 menit saja, maka semua belanjaan kebutuhan kamu akan sampai di rumah. Untuk itu, kamu bisa unduh aplikasi Astro di Play Store atau App Store sekarang juga!

Arie Wahyu
Arie Wahyu