Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

Lemari pendingin dari awal kemunculannya sampai saat ini tidak pernah mengecewakan, dari segi manfaatnya, lemari es sangatlah bermanfaat untuk menyimpan bahan makanan supaya tingkat kesegaran yang terdapat dari bahan-bahan makanan tersebut bisa tetap terjaga sampai akhirnya dimasak atau hendak dijadikan masakan dan menjadi konsumsi.

Makanan yang disimpan dalam lemari pendingin, tentu saja mempunyai tingkat ketahanan yang berbeda-beda, tetapi bisa dikatakan jika kamu menyimpan makanan dan bahan masakan di dalam lemari pendingin atau kulkas, makanan dan bahan masakan tersebut tentunya lebih tahan lama dan awet. 

Maka, sangatlah berbeda jika kamu hanya menyimpan makanan dan bahan masakan di dalam suhu ruang. Biasanya memiliki sifat yang cenderung kurang tahan lama. Makanan yang disimpan hanya dalam suhu ruang akan cepat mengalami pembusukan lebih cepat.

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa salah satu cara untuk mengawetkan makanan adalah dengan cara menyimpan makanan di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Kendati demikian, makanan yang disimpan di dalam lemari pendingin juga ada ilmu khususnya yang bisa kamu ikuti. Jadi, kamu tidak bisa hanya sembarangan asal menaruh makanan di dalam lemari pendingin begitu saja.

Jika kamu hanya menyimpan makanan-makanan dalam lemari pendingin tanpa adanya trik khusus, maka bisa-bisa lemari es kamu hanya akan cenderung lebih cepat rusak dan hanya akan memerlukan waktu untuk memperbaikinya dan hanya akan menambah biaya untuk membeli yang baru.

Terdapat jenis makanan yang memang seharusnya tidak kamu simpan begitu saja di dalam lemari es, dan bisa juga selain itu akan memberikan dampak bau atau bisa juga berupa efek yang lain pada makanan yang lainnya.

Terdapat daging, buah dan sayur yang jika kamu simpan dalam wadah yang sama juga akan memberikan pengaruh pada bahan makanan yang lain jika kamu salah saat cara menyimpan makanan dan bahan makan tersebut di dalam kulkas.

Berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti bagaimana cara menyimpan makanan di dalam  atau kulkas supaya daging tetap awet dan segar. Simak bersama yuk!

Baca Juga: Cara Memilih Daging Sapi yang Baik dan Berkualitas

Cara Menyimpan Daging di Kulkas Supaya Awet & Segar

1. Segera Simpan Daging dalam Lemari Es

Jika sudah selesai belanja, maka sebaiknya kamu harus segera menyimpan daging-daging mentah tersebut langsung dalam lemari es. Tidak disarankan untuk menyimpan daging-daging yang masih mentah dalam suhu ruangan saja selama jangka waktu lebih dari 2 jam lamanya. Apalagi jika memang suhu ruangan mencapai 32 derajat celcius.

Perlu kamu ketahui lebih lanjut, temperatur dalam ruangan akan sangat memberikan pengaruh besar terhadap proses pembusukan makanan. Akan lebih baik jika kamu menyimpan makanan berupa daging mentah dalam kotak pendingin atau di dalam freezer.

Caranya adalah simpan terlebih dahulu dalam chiller pada suhu di 4 derajat celcius, dengan bertujuan supaya daging mentah tidak akan mengalami temperatur yang berubah dengan ekstrim yang akan membuat kualitas daging akan menurun.

2. Bungkus Daging secara Rapat

Sebelum menyimpannya dalam lemari es, pastikan menyimpan daging dalam keadaan bungkus yang rapat. 

Pada kadar lemak yang terdapat dalam daging akan mudah mengalami freezer burn atau keadaan ketika permukaan daging yang membeku dan diselimuti kristal es. Memang daging yang dalam keadaan tersebut masih bisa kamu konsumsi tetapi kualitas dagingnya tentu akan mengalami penurunan.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Daging kamu di ASTRO!

3. Jangan Cuci Daging Sebelum Masuk dalam Kulkas

Daging yang kamu cuci sebelum disimpan dalam lemari es hanya akan mengakibatkan kualitas daging menurun, sebab daging akan cenderung lebih mudah mengalami pembusukan lebih cepat. 

Air yang mentah bisa dikatakan masih dalam kandungan bakteri yang masih sangat banyak, itu lah kenapa jika mencucinya terlebih dahulu, hanya akan membuat kualitas daging mentah jadi jelek karena mudah sekali membusuk.

4. Membuat Label Tanggal 

Sebelum masuk dalam lemari pendingin, pastikan kamu mencatatnya dan tulis catatan dalam sebuah label yang bisa kamu tulis di luar plastik pembungkus atau kotak makanan pembungkus daging. 

Catatlah mulai dari tanggal membeli atau tanggal mulai simpan dalam lemari es. Supaya kamu bisa lebih ingat mana daging yang masuk pertama dan yang paling baru untuk dimasak terlebih dahulu.

Untuk daging jika hanya kamu simpan dalam kulkas dan masih mentah, maka hanya bisa bertahan tiga hari saja. Seperti yang dilansir dalam halaman web verymeaty. Dimana memang yang paling tepat untuk menyimpan daging dalam keadaan beku dan akan bertahan hingga beberapa bulan.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus, Biar Tetap Lezat

Simpan daging dalam freezer pada temperatur sekitar -18 derajat celcius. Bisa kamu simpan dalam kurun waktu maksimal 6 sampai 12 bulan lamanya. Namun, perlu kamu perhatikan juga bahwa karakter setiap daging beda-beda ada yang awet dan sebaliknya.

Dari hal sepele tentu saja wajib kamu perhatikan, semua ada tata cara demi kebaikan dan menjaga makanan agar tetap sehat. kamu harus memperhatikannya mulai dari membeli bahan makanan dan juga sampai penyimpanan dan proses masaknya.

Jika kamu ingin mendapatkan dan memilih kualitas daging dan bahan makanan terbaik, sehat dan segar, kamu bisa mendapatkannya dengan membeli di Astro yang memberikan layanan perbelanjaan cepat dan selalu aktif selama 24 jam penuh.

Yuk, segera belanja buah-buahan, sayuran, dan daging berkualitas yang terjamin kesegarannya, serta pengantaran dalam hitungan menit hanya di Astro! Klik foto produk di bawah ini untuk belanja daging berkualitas langsung dari aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu