Bikin Bingung, Cara Menyimpan Daging di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

Bikin Bingung, Cara Menyimpan Daging di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

Apabila tidak ingin mengolah daging secara langsung sesudah dibeli, mungkin kamu bertanya-tanya cara menyimpan daging di kulkas dicuci dulu atau tidak, bukan? Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menyimpan daging. 

Lalu, bagaimana cara menyimpan daging di kulkas dengan benar? Haruskah daging dicuci dulu atau tidak? Supaya kamu tidak bingung, mari simak beberapa cara nya dibawah ini. 

Lakukan Cara ini untuk Menyimpan Daging di Dalam Kulkas 

Untuk menyimpan daging yang benar, maka kamu harus memperhatikan beberapa cara ini agar daging tetap segar dan tidak mudah busuk. 

1. Hindari mencuci daging 

Hal pertama yang harus kamu ketahui yaitu hindari mencuci daging dengan air sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Berdasarkan European Food Safety Authority (EFSA) Journal (2016) menjelaskan bahwa air justru bisa memicu pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga dapat menjadi penyebab makanan membusuk. 

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk mencuci daging. Jika kamu ingin daging terlihat bersih maka kamu bisa pindahkan daging dari plastik ke wadah kedap udara saja. 

2. Masukan daging ke dalam wadah kedap udara 

Selain harus menghindari mencuci daging, saat akan menyimpan nya ke dalam kulkas, maka kamu harus menyiapkan kertas alumunium foil atau wadah kedap udara untuk meletakan daging. Hal ini dilakukan agar menjaga rasa, kesegaran, kelembaban dan juga kandungan gizi dalam daging sampai berbulan-bulan ke depan. 

Apalagi paparan suhu dingin yang langsung mengarah ke daging bisa mengakibatkan freezer burn atau terbentuknya kristal es sehingga bisa merusak kualitas daging. Oleh sebab itu, wadah kedap udara sangat penting guna menjaga kualitas daging di dalam freezer

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Daging kamu di ASTRO!

3. Perhatikan kondisi daging 

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan yaitu kondisi daging sebelum masuk ke dalam freezer. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum menyimpan daging. 

  • Lihat tanggal kadaluarsa sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Jika sudah busuk atau basi, maka lebih baik dibuang saja. 
  • Jika membeli daging dalam kemasan, ikuti cara penyimpanan yang tercantung di dalam kemasan. 
  • Potong daging ketika masih segar sebelum menyimpannya di freezer. 

4. Perhatikan suhu kulkas 

Saat kamu akan menyimpan bahan makanan, perhatikan suhu pada termometer kulkas, jika kulkas kamu tidak memiliki fitur tersebut, maka kamu bisa gunakan termometer kaca jika tersedia. Sebelum menyimpannya di freezer, pastikan jika suhu di kulkas kamu berada di bawah 4 derajat celcius. 

Daging mentah bisa bertahan selama beberapa hari jika disimpan pada kulkas biasa. Tetapi, jika kamu ingin menyimpannya lebih lama, maka ada baiknya simpan daging di dalam freezer sampai beku. Jangan lupa atur suhunya ke -18 derajat celcius sehingga menghambat kerja enzim dan menghentikan pertumbuhan mikroba yang bisa menurunkan kualitas daging. 

Apabila kamu masih bingung untuk menentukan suhu, kamu dapat menyimpan es krim di freezer untuk tolak ukur suhu. Jika tekstur es krim melunak sesudah disimpan semalaman, hal ini berarti suhu freezer kamu kurang dingin. Saat menyimpan daging, jangan terlalu sering membuka kulkas sebab hal tersebut bisa mengurangi suhu kulkas. 

5. Gunakan sistem FIFO 

Sistem FIFO atau first in first out adalah sistem dimana kamu menempatkan bahan makanan yang telah disimpan pada bagian atas atau depan kulkas. Cara menyimpan daging yang satu ini bisa membantu kamu mengetahui apa saja bahan makanan yang harus diambil lebih dulu. 

Dengan menerapkan sistem ini dapat memudahkan kamu jika ingin memberikan label pada daging. Tuliskan tanggal dan hari pembelian pada semua bungkus daging sehingga kamu bisa mengetahui daging yang sudah mendekati masa kadaluarsa dan belum. 

6. Jangan membekukan daging yang sudah dikeluarkan dari freezer 

Selain harus menyimpannya ke dalam wadah kedap udara, pastikan juga kamu tidak abai akan keadaan daging sesudah dikeluarkan. Sesudah mengeluarkan daging yang dibekukan, langsung olah semua daging tersebut supaya tidak ada yang tersisa dan harus dibekukan lagi. 

Membekukan daging yang sudah dikeluarkan dari freezer dapat mengurangi kualitas daging dan menjadikannya lebih mudah busuk. Sebelum kamu memasukkannya ke dalam freezer, ada baiknya membagi daging sesuai porsi yang ingin kamu masak sehingga saat ingin mengolahnya, kamu hanya mengeluarkan daging seperlunya saja. 

Cara yang satu ini sangat penting untuk kamu lakukan demi menjaga kesegarannya. Sebab, menyimpan daging yang salah bisa mempercepat pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat memicu keracunan makanan. 

7. Kulkas dalam keadaan bersih 

Aspek kebersihan ini berhubungan dengan daging yang akan kamu simpan. Membersihkan kulkas sangat wajib dilakukan untuk menghindari timbulnya kotoran dan bau yang kurang sedap. Selain itu, kulkas yang kotor yang bisa memicu resiko daging terkontaminasi lebih besar saat disimpan di kulkas yang kotor. 

Nah, jadi jawaban dari cara menyimpan daging di kulkas dicuci dulu atau tidak adalah tidak perlu, ya! Hal ini dilakukan agar menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri yang bisa merusak daging. Selain kebersihannya, kamu juga harus membeli daging yang kualitasnya masih bagus dan segar. 

Jika kamu bingung dimana membelinya, kamu bisa membelinya di aplikasi Astro!. Dengan Astro kamu bisa membeli berbagai kebutuhan sehari-hari hanya melalui smartphone saja. Yuk, tunggu apalagi langsung saja unduh aplikasi Astro di smartphone kamu sekarang juga! 

Referensi:

7 Cara Menyimpan Daging di Kulkas agar Kualitasnya Terjaga

How To Properly Store Meat In The Refrigerator

Should You Wash Meat Before Cooking or Freezing?

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu