Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama, Nutrisi Tetap Terjaga

Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama, Nutrisi Tetap Terjaga

Tentu saja akan sangat disayangkan jika kamu memiliki daging sapi terbaik namun kamu harus menyimpannya dalam keadaan yang tidak memiliki nutrisi. 

Tidak hanya sampai disitu saja, dari awal proses memotong dan menyimpannya pun ada cara spesial agar tetap menjaga nutrisi dalam daging sapi. Saat menyimpan daging sapi pun akan tetap berpengaruh terhadap nutrisi yang terkandung pada daging sapi kamu. 

Terkadang, perilaku ceroboh hanya akan membuat kamu kehilangan kesempatan saat mengkonsumsi daging sapi. Maka dari itu, berikut ini adalah cara terbaik dalam menyimpan daging sapi supaya tahan lama dan supaya nutrisi yang terdapat dalam daging sapi juga tidak berkurang atau supaya tetap terjaga. Ada apa saja ya, mari kita intip!

Baca Juga: Bikin Bingung, Cara Menyimpan Daging di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

1. Menyimpan Daging Sapi di dalam Wadah atau Plastik yang Tertutup Rapat

Pertama, untuk cara menyimpan daging sapi yang baik dan cara menyimpan daging sapi yang benar yakni menyimpan dan menaruh daging sapi tersebut di dalam freezer. Kendati demikian, kamu juga tidak bisa, memasukkannya begitu saja ke dalam freezer. Ada caranya yang baik, yakni akan lebih baik jika kamu menyimpan daging sapi ke dalam tempat atau berbentuk wadah yang bisa tertutup dengan rapat.

Khususnya apabila kamu hendak menyimpan daging dari daging qurban, maka, cara untuk menyimpan dengan baik adalah memasukkannya ke dalam freezer dalam lemari es. Jikalau memang kamu menyimpannya di dalam freezer maka daging sapi akan memiliki nutrisi dan kualitas daging yang tahan lama.

Tetapi apabila ada bahan makanan yang lainnya maka, daging sapi harus kamu bungkus terlebih dahulu dengan menggunakan plastik kresek supaya kualitas daging sapi dan nutrisinya tidak terkontaminasi oleh bahan makanan lainnya yang sama-sama berada di dalam lemari es.

Lalu bisa juga selain menggunakan plastik, kamu juga sangat boleh memakai wadah dengan kadar kedap udara yang bagus. Maka dengan itu, bau atau aroma khas dari daging tidak akan mendominasi isi lemari es serta tidak akan berefek pada makanan lain yang sama juga ada di dalam freezer.

Namun, cara yang sangat disarankan untuk membekukan daging sapi adalah dengan disimpan dalam vacuum packed wrap atau plastik kedap udara. Dimana daging sapi yang disimpan menggunakan cara ini sendiri akan bertahan lama sekitar 4 hingga 6 minggu lamanya. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Daging kamu di ASTRO!

2. Cara Menyimpan Daging Rebus

Kemudian cara yang bisa kamu ikuti ketika menyimpan daging sapi yang sudah direbus. kamu harus memotong daging sapi untuk jadi ke dalam beberapa bagian. Lalu, rebuslah daging sapi dengan menggunakan dan menambahkan beberapa liter air atau secukupnya saja yang sudah ditaruh garam, sedikit saja.

Selanjutnya tunggu sampai air rebusan mendidih. Akan lebih baik apabila merebus daging dalam kurun waktu yang kurang dari 30 menit saja. Maka dari itu, akan menghasilkan tekstur daging yang cukup empuk.

Kemudian, tiriskan daging sapi yang sudah direbus dan dilanjutkan dengan mendiamkan daging rebusan sampai dingin dengan sendirinya pada suhu ruangan.

Selanjutnya, taruh daging sapi di dalam tempat berupa wadah yang cukup tertutup dengan baik dan bisa simpan ke dalam lemari es. Perlu perhatikan batas waktu penyimpanannya yakni kalau dalam lemari es bisa 3 sampai dengan 4 hari.

Sedangkan, cara untuk menyimpan daging sapi  yang sudah kamu cuci dapat berpengaruh pada daging yang cenderung lebih cepat membusuk. Sebab, daging yang dicuci akan mengakibatkan daging cepat mengalami kontaminasi bakteri serta bisa membuat tekstur permukaan daging jadi lebih buruk. 

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus, Biar Tetap Lezat

3. Cara Menyimpan Daging Sapi Tidak Menggunakan Lemari Es

Kamu yang sedang mengalami mati lampu juga tidak perlu khawatir. Kamu bisa juga melakukan penyimpanan daging sapi jika tidak ada lemari es atau freezer. Terdapat cara agar daging bisa tersimpan dengan tidak memanfaatkan lemari es ataupun kulkas. Caranya adalah dengan mengeringkannya atau bisa juga dengan cara menjemur daging-daging. Tentu tidak akan khawatir nutrisinya akan menghilang. 

Kamu harus mengiris daging dengan potong yang tipis, lalu lakukan membalur daging memakai larutan garam. Kemudian, taruh daging di bawah sinar matahari sampai akhirnya bisa mengering. Dengan begitu daging sapi pun sudah bisa tersimpan dalam jangka waktu cukup lama yakni satu bulan kedepan.

Selain cara menjemur, kamu pun juga dapat mencobanya dengan cara menaburi daging sapi memakai garam dapur saja. Karena pada umumnya, garam diketahui memiliki kandungan mineral yang besar yang dapat membuat efek daging sapi jauh lebih awet.

Caranya adalah potonglah daging sapi ke dalam bagian-bagian. Lalu taburlah garam di bagian tepi terhadap daging. Jika sudah maka, simpan daging ke dalam wadah yang sudah bersih dan wadah yang tertutup dengan rapat. 

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga daging selalu dalam keadaan yang masih memiliki banyak kandungan nutrisi meskipun sudah cukup lama terisi di dalam freezer atau dikeringkan sekalipun. 

Jika kamu ingin mendapatkan daging dan bahan makanan yang maksimal kualitasnya segera buka aplikasi Astro yang bisa kamu download di smartphone kamu. Jangan khawatir karena Astro akan melayani kamu selama 24 jam penuh nonstop, serta proses pengiriman barangnya sangat cepat. 

Arie Wahyu
Arie Wahyu