Pahami Cara Menyimpan Ikan di Kulkas yang Benar

Pahami Cara Menyimpan Ikan di Kulkas yang Benar

Cara menyimpan ikan di kulkas yang benar yaitu dengan memilih ikan dengan kualitas yang baik dan bersihkan. Sesudah itu, kamu bisa membaginya ke dalam beberapa porsi, masukan ke dalam kotak dan letakkan di freezer. Ikan mentah dapat disimpan sampai 3-8 bulan pada freezer, tetapi hanya 1-2 hari di lemari pendingin biasa. 

Supaya kesegaran dan nutrisinya tetap terjaga, semua jenis bahan makanan perlu ditangani dengan benar. Cara menyimpan ikan yang baik bisa membuat ikan lebih tahan lama disimpan dan kualitasnya juga tidak menurun ketika ingin kamu konsumsi. 

Namun, ikan yang disimpan dengan sembarangan, bisa membuat dagingnya rusak, kualitas dan nutrisinya menurun, bahkan bisa mengakibatkan keracunan makanan karena ikan sudah terkontaminasi dengan bakteri. 

Menyimpan Ikan Agar Tetap Segar Begini Caranya 

Untuk menghindari dampak buruk dari cara penyimpanan ikan yang tidak benar, di bawah ini ada beberapa cara menyimpan ikan yang benar di kulkas: 

1. Beli Ikan Segar 

Membeli ikan yang masih segar menjadi hal yang sangat penting sebelum kamu menyimpannya di dalam freezer. Apabila dari awal sudah dalam keadaan tidak segar, maka waktu penyimpanannya tidak bisa berlangsung lama. Ikan segar mempunyai ciri-ciri seperti: 

  • Mata ikan berkilau dan jernih. 
  • Ikan tidak berbau asam, amis, maupun berbau mirip amonia. 
  • Ikan segar utuh tidak berlendir, mempunyai daging yang padat dan insang masih berwarna merah segar tanpa bau. 
  • Ikan segar harus mempunyai garis darah merah dan daging padat. Dagingnya harus dapat kembali ke bentuk awalnya jika kamu menekan ikan tersebut. 
  • Ikan segar seharusnya tidak memperlihatkan perubahan warna, kering di area tepi atau berwarna gelap.  
  • Ikan segar yang dijual sesudah dibekukan kemungkinan tidak mempunyai semua ciri-ciri ikan segar, tetapi harus tetapi ikan tidak berbau busuk, asam, amis dan masih terlihat segar. 

Untuk menjaga kesegarannya, ada baiknya beli ikan bila ingin memasaknya dalam waktu dekat dan minta es batu agar ikan tetap segar selama perjalanan. 

2. Bersihkan Ikan dengan Teliti 

Ikan tetap bisa disimpan di kulkas dengan baik atau dibekukan dalam keadaan utuh. Walaupun begitu, lebih baik bila kamu membersihkan ikan tersebut lebih dulu sebelum menyimpannya. Karena, ikan yang disimpan dalam keadaan tidak bersih bisa mengurangi kualitas rasanya. 

Selain itu, membersihkan ikan juga membuat ikan bisa disimpan dalam waktu yang lama, sebab bagian perut ikan akan lebih mudah membusuk sebab terdapat kandungan bakteri. 

3. Potong Ikan Saat Ingin Menyimpannya 

Cara menyimpan ikan yang benar yaitu dengan menyimpannya ke dalam beberapa potongan. Kamu dapat membeli ikan yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong atau memotongnya sendiri sesuai keinginan. 

Dengan memotong ikan ke dalam beberapa potongan ini, kamu dapat mengambil ikan sesuai kebutuhan saja tanpa perlu mencairkan ikan yang tidak ingin dimasak. Karena ikan beku yang telah dicairkan bisa mengalami pembusukan yang lebih mudah dan cepat sehingga hindari membekukan ikan kembali. 

4. Simpan di Wadah Bersih 

Cara menyimpan ikan selanjutnya yaitu kamu harus mengemasnya pada wadah yang bersih. Apabila ingin disimpan di kulkas biasa, kamu harus memastikan tidak ada air di dalam wadah tersebut untuk menghindari pembusukan lebih cepat. 

Letakkan ikan pada wadah kedap udara yang bertingkat sehingga cairan yang masih mengalir dari ikan akan menetes ke bawah dan tidak mengenai daging ikan. Namun, bila kamu ingin membekukannya, kamu dapat membungkusnya dengan plastik dan langsung masukkan ke dalam freezer. 

5. Simpan di Suhu Paling Dingin 

Supaya kesegaran ikan tetap terjaga, maka kamu perlu mengatur suhu paling dingin pada freezer. Selain itu, letakkan daging ikan pada bagian kulkas yang sangat dingin. Ada baiknya di bagian paling dalam dan bawah supaya suhu penyimpanan tidak gampang terpengaruh oleh lampu kulkas ketika pintu kulkas terbuka. 

Selain itu, pastikan juga kulkas berada di suhu 4,4 derajat celcius ataupun kurang. Ikan termasuk makanan laut yang tidak bisa disimpan pada suhu lebih dari 4,4 derajat celcius dalam waktu yang lama. Karena bisa terkontaminasi oleh bakteri yang bisa mengakibatkan keracunan makanan. 

Sesudah menyimpan ikan dengan benar, jangan lupa menggunakan ikan saat masih dalam keadaan bagus. Kamu perlu tahu jika ikan mentah hanya bisa disimpan di lemari pendingin 1-2 hari di suhu 4,4 derajat celcius, namun bila dalam keadaan beku maka dapat disimpan 3 sampai 8 bulan. Nah, itu tadi beberapa cara menyimpan ikan di kulkas yang bisa kamu coba sekarang juga. Kunci dari cara penyimpanan ini adalah membeli ikan yang segar. Untuk kamu yang masih bingung atau malas membelinya ke pasar. Kamu dapat membeli berbagai jenis ikan segar hanya di Astro!

Referensi:

Cara Menyimpan Ikan di Kulkas yang Benar dan Aman

Cara Tepat Menyimpan Ikan di Kulkas, Bantu Cegah Keracunan

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.