Langkah Cara Menyimpan Ikan yang Sudah Dibumbui Dengan Benar

Langkah Cara Menyimpan Ikan yang Sudah Dibumbui Dengan Benar

Cara menyimpan ikan yang sudah dibumbui dengan benar bisa membuat kesegaran ikan bertahan lama. Jika ikan tetap segar dan awet membuat kandungan gizinya tetap terjaga. Menyimpan ikan pada freezer juga bisa menjadi cara yang tepat untuk meminimalisir resiko keracunan makanan karena ikan yang tidak segar. 

Lalu, bagaimana cara menyimpan ikan yang sudah dibumbui dengan benar? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Tips Menyimpan Ikan Berbumbu di Kulkas 

Mungkin kamu mengira jika menyimpan ikan yang sudah dibumbui di lemari pendingin saja bisa membuatnya tidak mudah busuk. Ternyata, hal tersebut tidak cukup, kamu harus menyimpannya dalam wadah yang tepat, membersihkan ikan dengan benar sampai mengatur suhu dalam kulkas. Untuk itu, kamu harus mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini. 

1. Pilih Ikan Segar 

Walaupun sudah menyimpan ikan dengan benar, tetapi ikan bisa juga cepat busuk bila keadaan ikan sejak awal tidak segar. Ikan yang segar dan baru ditangkap pastinya mempunyai kualitas yang bagus, kemungkinan pertumbuhan parasit dan bakteri serta penambahan pengawet pun masih sedikit. 

Berdasarkan Food and Drug Administration (FDA), kamu dapat mengikuti cara ini untuk mendapatkan ikan segar. 

  • Tidak ada perubahan warna atau menggelap pada bagian pinggir ikan. 
  • Daging bisa kembali ke bentuk awal jika kamu tekan. 
  • Terdapat garis darah berwarna merah pada bagian daging. 
  • Insang masih berwarna merah dan dagingnya padat. 
  • Mata bening dan berkilau. 
  • Tidak ada bau asam, amis, atau amonia. 

2. Bersihkan Seluruh Tubuh Ikan 

Sebelum kamu membumbui ikan dan menaruhnya di dalam kulkas, kamu harus membersihkan ikan terlebih dahulu guna mengurangi adanya pertumbuhan mikroorganisme. kamu bisa ikuti langkah berikut untuk membersihkan ikan dengan benar. 

  • Pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih, lalu cuci ikan pada air mengalir. 
  • Bersihkan sisik ikan dengan pisau, mulai dari kepala sampai ekor ikan. 
  • Bersihkan isi perut dengan menyayat perut ikan. 
  • Buang kepala ikan dan sirip nya. 
  • Cuci ikan sampai bersih menggunakan air mengalir. 

3. Bumbui Ikan 

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu membumbui ikan. kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti sereh, daun salam, garam, gula, kunyit, dan penyedap rasa. Namun, sebelum membumbuinya, kamu perlu memeras jeruk pada bagian ikan agar tidak terlalu amis. 

4. Gunakan Wadah Kedap Udara 

Sebelum kamu memasukkannya ke dalam lemari pendingin, kamu perlu menaruhnya pada wadah kedap udara supaya kualitas dan rasa ikan tetap terjaga serta tidak terkontaminasi dengan bau makanan lainnya di dalam kulkas. 

Ketika memilih wadah, pilihkan wadah kedap udara yang tertutup rapat. Hal tersebut berfungsi supaya air yang masih mengalir dari ikan tidak menetes ke kulkas dan juga menghindari aroma ikan mengkontaminasi makanan lain. 

Lalu, mengapa suhu dingin harus diperhatikan saat menyimpan ikan berbumbu di dalam kulkas? 

Ternyata, suhu yang sangat rendah bisa memperlambat pertumbuhan dari mikroorganisme dan juga reaksi kimia di makanan mentah. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Food Microbiology: Principles into Practice, biasanya bakteri yang ada di makanan mentah akan tubuh di suhu 2 sampai 30 derajat celcius. 

Suhu kurang dari 5 derajat celcius juga bisa menghambat tumbuhnya berbagai jenis mikroorganisme yang bisa mengakibatkan keracunan, seperti menghindari bakteri Salmonella pada makanan. Dampaknya, daya simpan ikan juga bisa menjadi lebih lama. 

5. Simpan Dalam Kulkas Bersuhu Rendah 

Cara menyimpan ikan yang sudah dibumbui berikutnya yaitu diletakkan langsung di dalam kulkas. Jangan lupa atur suhu ke 4,4 derajat celcius atau bisa juga lebih rendah. Lalu, kamu dapat menambahkan es batu supaya suhu di sekitarnya selalu dingin. 

Selanjutnya, cara menyimpan ikan dalam freezer juga hampir sama. Hal yang membedakan yaitu masa simpannya. Ikan yang disimpan pada freezer akan awet sampai enam hingga delapan bulan lamanya. Tetapi, jika ikan tersebut memiliki banyak lemak seperti sarden dan freezer, waktu penyimpanan di freezer hanyalah dua sampai tiga bulan saja. 

6. Letakkan Ikan Pada Bagian Bawah dan Paling Dalam 

Biasanya kamu mengabaikan cara menyimpan ikan di lemari pendingin yang satu ini. Ternyata, ini sangat penting demi mencegah air dari ikan menetes ke area kulkas yang lainnya. Hal tersebut juga berlaku terhadap cara menyimpan ikan dalam freezer. 

Lalu, jangan menyimpan ikan di bagian pintu kulkas dan pilihlah bagian yang terdalam. Suhu di pintu kulkas biasanya tidak stabil sebab langsung terpapar oleh udara luar saat kamu membuka kulkas tersebut. Sehingga, bagian dalam kulkas adalah sisi yang memiliki suhu sangat stabil. 

Demikianlah, ulasan lengkap mengenai cara menyimpan ikan yang sudah dibumbui untuk kamu coba di rumah. Semoga ulasan ini menjadi pengetahuan baru dan bermanfaat, ya! Oiya, buat kamu yang mau belanja aneka jenis ikan, kamu bisa menemukannya di aplikasi Astro! Belanja ikan di Astro pasti tetap segar, karena pesanan ikan kamu akan sampai dalam 15 menit saja. Yuk, pesan sekarang!

Referensi:

Cara Tepat Menyimpan Ikan di Kulkas, Bantu Cegah Keracunan

5 Cara Menyimpan Ikan di Kulkas yang Benar Agar Lebih Tahan Lama

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.