Beragam Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik rasanya yang lezat dan segar, ternyata ada banyak manfaat buah nanas untuk kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan sampai meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat dari buah nanas ini ada sebab buah nanas mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. 

Demi memperoleh manfaat dari buah nanas, kamu dapat mengkonsumsi nanas segar yang sudah matang. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menikmati buah nanas dengan cara menjadikannya salad buah, puding nanas atau jus nanas. 

Sebelum mengetahui manfaat apa saja yang ada di dalam buah nanas. Kamu harus mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam buah nanas seperti berikut ini. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Berbagai Nutrisi pada Buah Nanas 

Pada 100 gram buah nanas, ada sebanyak 50 kalori dan berbagai nutrisi lainnya, diantaranya yaitu: 

  • 12 mg magnesium 
  • 110 mg kalium 
  • 18 mg folat 
  • 48-50 mg vitamin C 
  • 60 IU vitamin A 
  • 10 gram gula 
  • 13 gram karbohidrat 
  • 1,5 gram serat 
  • 0,5 gram protein 

Selain itu, buah yang satu ini juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti bromelain, antioksidan, zinc, selenium, kolin, dan vitamin B. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Nanas dan buah-buahan lainnya di Aplikasi ASTRO!

Beragam Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh 

Sebab mengandung berbagai nutrisi penting, mengkonsumsi buah nanas bisa membawa banyak manfaat untuk tubuh. Di bawah ini beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Dengan mengkonsumsi 1 gelas buah nanas atau sebanyak 150 gram, maka kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C perhari. Vitamin C ini sangat penting guna meningkatkan kekebalan tubuh. 

Mempunyai daya tahan tubuh yang bagus, membuat tubuhmu bisa sangat kuat untuk melawan berbagai bakteri dan virus penyebab infeksi, sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit dan lebih fit. 

Tidak hanya mengkonsumsi nanas, kamu juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin C dengan banyak mengkonsumsi buah lainnya yang mempunyai kandungan vitamin C seperti tomat, mangga, jeruk dan cabai. 

2. Mengobati masalah pencernaan 

Buah nanas pun bagus dikonsumsi guna mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit dan intoleransi makanan. Hal tersebut dikarenakan adanya zat bromelain, antioksidan dan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan menghindari terkena sembelit. 

Bahkan tidak hanya itu saja, penelitian pun mengungkapkan bila bromelain di dalam nanas bisa membantu meredakan peradangan usus karena penyakit kolitis ulseratif. Tentunya buah nanas sangat mempunyai manfaat yang luar biasa, bukan? 

3. Meningkatkan kesehatan organ jantung 

Manfaat dari buah nanas selanjutnya yaitu bisa meningkatkan kesehatan jantung  karena tidak terlepas dari berbagai kandungan seperti serat, kalium, dan antioksidan di dalamnya yang bagus guna menurunkan tekanan darah dan juga mengontrolnya supaya tetap stabil. 

Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi buah berwarna kuning cerah ini juga berguna untuk menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah. 

4. Meredakan peradangan 

Kandungan antioksidan dan bromelain yang ada di dalam buah nanas sangat bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan peradangan di dalam tubuh, seperti radang sendi, radang tenggorokan dan penyakit sinusitis. Bromelain juga bagus dikonsumsi guna mengencerkan dahak dan meredakan batuk bahkan aman digunakan menjadi alternatif obat batuk untuk para ibu menyusui. 

Baca Juga: Manfaat Buah Naga Untuk Diet, Pas Untuk Kamu yang Ingin Turunkan Berat Badan

5. Menjaga kesehatan tulang dan kulit 

Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu bisa melindungi sel-sel kulit mati dari berbagai kerusakan, seperti dari paparan sinar UV. Hal tersebut bisa terjadi karena ada kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin B dan mangan di dalam nanas. 

Lalu, buah nanas juga bagus dikonsumsi guna meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan resiko terjadinya osteoporosis, khusus pada lansia. Untuk kamu yang mempunyai orang tua, maka bisa memberikan buah nanas ini untuk mencegah osteoporosis pada nya. 

6. Menurunkan berat badan 

Apabila kamu sedang ingin menurunkan bobot tubuh maupun menjaganya supaya tetap stabil, maka buah nanas dapat menjadi pilihan yang bagus untuk kamu tambahkan ke menu diet harian. 

Buah nanas juga terkenal dengan rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang dengan lebih lama. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan jika nanas dapat membantu meningkatkan tahapan metabolisme lemak, sehingga menjadikan berat badan mu sangat mudah dikontrol. 

7. Mengurangi resiko terjadi kanker 

Sejumlah penelitian menunjukkan jika nanas dan kandungannya bisa mengurangi resiko kanker. Hal tersebut bisa terjadi sebab senyawa yang ada di dalam nanas bisa mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. 

Salah satu kandungan tersebut merupakan kategori enzim pencernaan yang biasa dikenal dengan bromelain. Pada sebuah penelitian menunjukkan jika bromelain bisa menekan tumbuhnya sel kanker payudara dan juga merangsang kematian sel. 

Penelitian lainnya menunjukkan jika kandungan tersebut bisa menekan kanker pada kulit, usus besar, sistem lambung dan saluran empedu. 

8. Menjaga kesehatan mata 

Tingginya tingkat vitamin C dan antioksidan, nanas bisa mengurangi resiko degenerasi makula yang merupakan penyakit mata yang dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan. Lalu, nanas pun tinggi akan beta karoten yang sangat penting guna menjaga kesehatan mata. 

Manfaat buah nanas untuk kesehatan memang sangat banyak dan tidak perlu diragukan lagi, namun kamu tetap harus mengkonsumsi makanan sehat yang lainnya, supaya nutrisi yang kamu dapatkan bisa tercukupi. 

Buah nanas biasanya aman untuk dikonsumsi. Tetapi, buah ini bisa jadi tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang mempunyai alergi akan lateks, sebab nanas dapat memicu terjadinya reaksi alergi seperti diare, sakit perut dan gatal-gatal. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kamu, ya!

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Untuk kamu yang mau coba konsumsi buah nanas untuk merasakan manfaatnya seperti di atas, kamu bisa lakukan pemesanan buah nanas dan buah segar lainnya di aplikasi Astro. Belanja buah-buahan di Astro pasti cepat sampai hanya dalam hitungan menit saja. Yuk, pesan sekarang di aplikasi Astro yang bisa di download di App Store & Google Play Store!

Referensi:

6 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu