Beragam Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Pastinya kamu semua sudah tidak asing lagi dengan buah jambu biji. Umumnya, kamu membawa buah ini ketika ingin menjenguk saudara atau kerabat yang terkena sakit demam berdarah, sebab diyakini dapat mempercepat penyembuhannya.

Tetapi, sebenarnya ada banyak manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan. Buah yang satu ini mempunyai segudang khasiat karena kandungan gizinya yang bisa jadi belum kamu ketahui. Sebelum mengetahui berbagai manfaat dari buah jambu biji merah, ada baiknya kamu mengetahui kandungan gizi yang ada di dalam buah ini seperti berikut. 

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Strawberry yang Harus Kamu Ketahui

Kandungan Gizi Didalam Buah Jambu Biji Merah 

Jambu biji mempunyai nama latin yaitu Psidium guajava merupakan buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan di bagian utara dan Amerika Tengah. Buah jambu ini mempunyai warna kulit yang kuning sedikit kehijauan dengan buah yang berwarna putih atau merah mudah. 

Di bagian tengahnya ada banyak biji yang ukurannya sangat kecil. Hal tersebut yang menjadikannya terkenal dengan julukan jambu biji di kalangan masyarakat Indonesia. Cara mengkonsumsi buah jambu biji ini khususnya jambu yang berwarna merah, biasanya dibuat menjadi jus. 

Tetapi, buah ini pun dapat kamu makan secara langsung untuk dijadikan cemilan sehat setiap hari. Walaupun begitu, apapun cara mengkonsumsinya, buah jambu biji, baik yang merah atau putih, sama-sama mempunyai kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. Ada pun mengenal kandungan nutrisi ini bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi mu sehari-hari. 

Berikut merupakan kandungan gizi yang ada di dalam 100 gram buah jambu menurut Data Komposisi Pangan Indonesia: 

  • 86 gram air 
  • 49 kkal energi
  • 0,9 gram protein 
  • 0,3 gram lemak 
  • 12,2 gram karbohidrat 
  • 2,4 gram serat 
  • 0,6 gram abu 
  • 14 mg kalsium 
  • 28 mg fosfor 
  • 11 mg zat besi 
  • 10 mg natrium 
  • 52,8 mg kalium 
  • 0,02 mg tembaga 
  • 0m3 mg zinc 
  • 27 mcg beta karoten 
  • 25 mcg karoten total
  • 0,02 mg vitamin B1  
  • 0,03 mg vitamin B2
  • 87 mg vitamin C 
  • 0,8 mg niasin 

Tidak hanya nutrisi yang ada di atas saja, buah jambu biji pun mempunyai berbagai jenis vitamin yang lainnya seperti folat atau vitamin B9 dan vitamin A. Sedangkan, kandungan karoten yang ada di buah jambu biji merah ini yaitu likopen yang menjadi senyawa pemberi warna merah dalam buah-buahan. 

Dikutip dari Food Insight, likopen adalah senyawa antioksidan yang berguna untuk melawan berbagai radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh yang mengakibatkan penyakit kronis seperti kardiovaskular dan kanker. 

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan 

Menurut kandungan gizi tersebut, ada banyak manfaat dari buah jambu biji merah, seperti: 

1. Membangun sistem kekebalan tubuh 

Jambu biji merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C, bahkan kadarnya 4 kali lipat lebih tinggi daripada buah jeruk. Adapun vitamin C adalah antioksidan yang bisa membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini akan bekerja untuk memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Jambu dan buah-buahan segar lainnya di Aplikasi ASTRO!

Beragam Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

2. Meringankan flu dan batuk 

Mengkonsumsi buah yang satu ini secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan jantung mu. Kandungan antioksidan yang ada di dalam jambu bisa membantu melindungi jantung dari berbagai kerusakan karena radikal bebas. 

Tidak hanya itu, kandungan kalium yang ada didalamnya juga bisa membantu mengatur tekanan darah dan seratnya dapat menurunkan kadar kolesterol yang bisa membahayakan kesehatan jantung. 

3. Melancarkan saluran pencernaan 

Kandungan serat yang ada di dalam jambu biji juga bisa membantu melancarkan pencernaan mu. Dalam satu buah jambu biji merah dapat mengandung 12% serat untuk kebutuhan harian mu. 

Dengan begitu, mengkonsumsi buah jambu bisa membantu menghindari kamu dari sembelit, mengurangi durasi penyakit diare dan menjaga kesehatan usus mu secara menyeluruh. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

4. Menurunkan resiko kanker 

Jambu biji merupakan tumbuhan yang banyak dimanfaatkan guna membantu mengobati penyakit kanker. Karena pada berbagai penelitian mendapati jika semua bagian dari tumbuhan jambu biji ini, mulai dari daun, buah, dan bijinya memiliki khasiat guna melawan sel kanker, seperti kanker leukimia, melanoma, usus besar dan prostat. 

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin C, quercetin dan likopen yang ada didalamnya ini bersifat anti kanker dan anti oksidan. Tentunya ini sangat bagus untuk kamu konsumsi secara rutin.

5. Menurunkan gula darah 

Buah jambu biji, baik yang berwarna merah atau putih ini mempunyai manfaat guna menurunkan tingkat gula darah. Sehingga buah jambu biji bagus untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. 

Karena jambu biji mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah dengan serat yang tinggi, sehingga bisa membantu mencegah naiknya gula darah. Selain itu, para ahli juga meyakini jika mengkonsumsi teh daun jambu biji bisa menurunkan tingkat gula darah pada pengidap penyakit diabetes melitus tipe 2. 

6. Menjaga kesehatan jantung 

Mengkonsumsi buah jambu biji secara berkala bisa membantu meningkatkan kesehatan organ jantung mu. Kandungan antioksidan yang berada di dalam jambu biji bisa melindungi jantung dari berbagai kerusakan karena radikal bebas. 

Lalu, kandungan kalium di dalam buah jambu biji bisa membantu mengelola tekanan darah dan serat dapat menurunkan tingkat kolesterol yang bisa membahayakan kesehatan jantung. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, itulah tadi ulasan mengenai manfaat buah jambu biji merah yang sangat menyehatkan untuk dikonsumsi. Kamu bisa dapatkan buah jambu biji ini dengan mudah di aplikasi Astro! Pastikan kamu belanja di aplikasi Astro yang siap kirim selama 24 jam penuh dengan cepat! Yuk, download aplikasinya di App Store & Google Play Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu