Ini Manfaat Buah Strawberry yang Harus Kamu Ketahui

Dapat dikatakan, strawberry merupakan buah yang serbaguna. Tidak hanya rasanya yang segar, buah berwarna merah dengan corak bintik-bintik ini pun mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Sebanyak apa manfaat buah strawberry? 

Sebelum mengetahui manfaatnya, tentu nya kamu harus lebih dulu mengetahui kandungan gizi yang ada di dalam buah strawberry yang bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut kandungan gizi dalam buah strawberry yang perlu kamu ketahui. 

Baca Juga: 8 Manfaat Strawberry Untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh 

Kandungan Gizi Buah Strawberry yang Bagus untuk Tubuh 

Dikutip dari Food Data Central, pada 100 gram strawberry mempunyai kandungan seperti berikut ini. 

  • 90,95 gram air 
  • 32 kkal energi 
  • 7,68 gram karbohidrat 
  • 58,8 gram vitamin C 
  • 1 mcg vitamin A
  • 7 mcg beta karoten 
  • 0,29 mg vitamin E 
  • 2,2 mcg vitamin K 
  • 0,047 mg vitamin B6 
  • 0,67 gram lemak total 
  • 4,89 gram gula 
  • 2 gram serat 
  • 16 mg kalsium 
  • 153 mg kalium 
  • 0,41 mg zat besi 
  • 13 mg magnesium 
  • 24 mg fosfor 
  • 0,14 mg zinc 
  • 0,022 mg riboflavin 
  • 24 mcg folat 
  • 5,7 mcg kolin 

Daftar Manfaat Strawberry untuk Kesehatan 

Di bawah ini ada beberapa manfaat dari buah strawberry yang harus kamu ketahui: 

1. Menjaga kesehatan rambut dan mata 

Buah strawberry mempunyai segudang kandungan antioksidan dan vitamin C seperti ellagic acid, phytochemicals, phenolic dan flavonoid. Kedua kandungan tersebut bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas supaya mencegah mata kering, katarak dan degenerasi makula. Antioksidan di dalam buah strawberry pun bisa membantu melindungi dan membersihkan keadaan rambut. 

Tidak hanya itu, kalium yang terkandung didalam strawberry pun diyakini ampuh guna mengatasi permasalahan okular di bola mata yang bisa membahayakan untuk penglihatan. 

2. Membangun kekebalan tubuh 

Sejumlah penelitian mengungkapkan jika rajin mengkonsumsi jus strawberry bisa membantu membangun kekebalan tubuh. Hal tersebut sebab dalam buah strawberry terkandung vitamin C. 

Sistem kekebalan tubuh yang bagus bisa mencegah kamu dari banyak penyakit karena infeksi bakteri dan virus. Dengan demikian, kamu bisa hidup lebih sehat lagi. Tidak hanya itu, vitamin C dalam buah strawberry pun memiliki peran menjadi antioksidan yang membantu menghempaskan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Strawberry dan buah-buahan segar lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Mencegah resiko terserang kanker 

Vitamin C, kaempferol, quercetin, anthocyanins, dan asam folat adalah sebagian jenis flavonoid yang ada di dalam buah strawberry yang mempunyai efek antikarsinogenik. 

Antikarsinogenik yang terkandung di dalam strawberry bisa melawan tubuhnya tumor yang mengakibatkan kanker dan menghindari terjadinya penyebaran sel kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi jus strawberry dengan rutin bisa mencegah kamu terkena kanker. 

4. Membangun fungsi otak 

Manfaat dari strawberry yang sama pentingnya yaitu membangun fungsi otak. Hal ini sebab kandungan flavonoid dan antosianin dalam strawberry sangat efektif menghindari penurunan memori dalam otak. 

Menurut penelitian yang sudah dijalani Elizabeth Devore dari Harvard University mengungkapkan jika wanita berusia lanjut yang memakan buah strawberry sekitar 2 porsi maupun lebih per minggunya akan mempunyai kekuatan ingatan yang sangat baik. 

Baca Juga: Ingin Kulit Lebih Cerah? Coba Konsumsi Buah- Buahan Ini Setiap Hari

5. Menghindari meningkatnya darah tinggi 

Ada penelitian yang dirilis di American Journal of Clinical Nutrition mendapati jika mengkonsumsi makanan yang mengandung anthocyanin sangat tinggi, seperti buah strawberry bisa menghindari meningkatnya darah tinggi. 

Tidak hanya memberikan dampak warna, anthocyanin di dalam buah strawberry pun bisa membantu melancarkan aliran darah, lho! Tentunya dampak tersebut sangat penting untuk mereka yang telah berumur kurang dari 60 tahun. 

Kendati begitu, tidak berarti kamu langsung melupakan pengobatan dari dokter, kamu tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penangan yang tepat. 

6. Menurunkan resiko serangan jantung 

Fungsi lain dari anthocyanin dalam buah strawberry yaitu bisa menurunkan resiko serangan jantung. Walaupun belum diketahui secara pasti, beberapa riset sudah mengungkapkan tentang hal ini. 

Salah satunya yaitu riset yang telah dilakukan Dr. Eric Rimm yang memperlihatkan jika mereka yang rajin mengkonsumsi buah yang satu ini dan buah beri yang lainnya mempunyai resiko yang sangat rendah untuk terkena serangan jantung. 

7. Menurunkan resiko stroke 

Manfaat strawberry yang penting berikutnya yaitu menurunkan resiko serangan stroke. Hal ini sebab kandungan anthocyanin dalam strawberry yang bisa mencegah hipertensi. 

Seperti yang kita tahu jika hipertensi merupakan salah satu penyebab resiko stroke. Oleh sebab itu, dengan rajin mengkonsumsi strawberry, tekanan darah bisa terkontrol sehingga menurunkan resiko stroke. 

8. Mengatur gula darah 

Banyak ahli yang sudah menjelaskan jika antioksidan dan berbagai kandungan lainnya seperti ellagitannins, anthocyanin dan phytochemicals yang ada di buah strawberry bisa membantu mengatur kadar gula darah. 

Tidak hanya itu, sebab mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah, strawberry bagus untuk dikonsumsi para pengidap diabetes. Kamu bisa mendapatkan rasa manis dan sedikit asam yang alami dari buah strawberry menjadi pengganti gula. 

Baca Juga: Rekomendasi 10 Buah Paling Sehat untuk Kamu Konsumsi, Sehat & Enak!

Nah, itu dia beberapa manfaat buah strawberry untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin. Pastikan untuk membeli buah strawberry yang berkualitas, ya! 

Dapatkan buah strawberry dan berbagai jenis buah lainnya hanya di Astro sekarang! Strawberry Lokal Super Astro Basics yang merupakan produk bersumber dari petani lokal. Tidak perlu ragu lagi dengan rasa strawberry dari Astro karena pasti segar dan harganya terjangkau, lho! Tidak harus belanja keluar rumah, cukup pesan dari Aplikasi Astro, maka pesanan mu langsung diantar dalam hitungan menit saja!

Beli Strawberry Lokal Super Astro Basics sekarang! Klik banner di bawah untuk belanja di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu