Manfaat Buah Naga Untuk Diet, Pas Untuk Kamu yang Ingin Turunkan Berat Badan

Buah naga adalah jenis buah yang hidup di negara yang memiliki iklim tropis serta sub tropis. Buah yang mempunyai bentuk sangat unik ini sendiri ternyata mempunyai manfaat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk kamu yang sedang diet. Buah naga ternyata memiliki banyak kandungan yang sangat baik dan mampu membantu kamu yang memang ingin memiliki tubuh ideal. Jadi, apa manfaat buah naga untuk diet? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Manfaat dari Buah Naga Untuk Diet

Buah naga ada yang dagingnya berwarna merah dan putih serta terdapat biji hitam yang sangat banyak. Dari segi rasa sendiri, buah naga mungkin tidak ada rasa manis seperti buah lainnya. Tapi, ketika kamu makan rasanya sangat segar karena mengandung banyak air. Buah naga bisa dimakan begitu saja atau bisa dibuat untuk jus. 

Sebelum membahas manfaat buah naga untuk diet, kamu harus tahu kandungan nutrisi apa saja yang ada dalam buah dengan bentuk yang unik ini. Dilansir dari halaman website Alodokter, berikut ini adalah kandungan yang ada pada buah naga: 

  • Protein 
  • Zat besi 
  • Vitamin C 
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Serat 
  • Polifenol 
  • Flavonoid 

Dari semua kandungan yang ada pada buah ini, maka sudah dapat dipastikan mengkonsumsi buah naga dengan rutin mampu membuat tubuh menjadi sehat. Termasuk untuk kamu yang sedang berdiet. Dimana berikut ini adalah manfaat dari buah naga bagi yang sedang diet: 

  1. Menekan nafsu makan 

Manfaat pertama adalah buah naga mampu menekan nafsu makan. Sehingga kamu pun bisa merasa kenyang dalam waktu yang lama. Seperti yang dijelaskan dalam kandungan nutrisi di atas, buah naga memiliki serat yang terbilang cukup tinggi. Kandungan serat inilah yang mampu membuat rasa kenyang tahan lama. 

  1. Asupan kalori rendah 

Dikutip dari halaman website Wolipop Detik, buah naga dengan berat 227 gram mengandung 136 kalori dan 0 lemak. Sehingga bisa dipastikan kamu tidak perlu khawatir terkait dengan kandungan kalori dari buah ini. Kalori yang rendah biasanya akan menyebabkan lapar dengan cepat, tapi untuk buah naga berbeda. Hal ini karena ada kandungan serat tinggi. Jadi, tidak masalah mengkonsumsi buah naga setiap hari. 

  1. Lemak di perut bisa berkurang 

Tidak dapat dipungkiri jika lemak di perut menjadi masalah yang paling menyebalkan. Tapi, nyatanya buah naga bisa membantu kamu untuk mengurangi lemak di perut. Dalam buah naga terdapat serat yang mempunyai sifat prebiotik. Serat yang satu ini mampu membantu pertumbuhan bakteri baik pada usus. 

Dilansir dari website Alodokter, ada penelitian yang telah membuktikan bahwa bakteri baik dalam usus mampu mencegah serta mengurangi penumpukan lemak di perut. Dimana penumpukan lemak ini yang menyebabkan perut buncit. Hanya saja, di situs Alodokter juga menyatakan bahwa studi tersebut masih sangat terbatas pada uji laboratorium saja. Jadi, masih perlu diteliti lebih jauh lagi. 

Dari penjelasan di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa buah naga memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi kamu yang sedang menjalani diet. Buah naga mampu mengurangi berat badan jika dikonsumsi dengan tepat. 

Jika kamu ingin membeli buah naga yang bagus, pastikan kamu memilih yang warna merah pada kulit merata. Selain itu, jangan memilih buah naga yang sudah masuk masa pembusukan, kamu bisa menekan dengan lembut bagian kulitnya. Bila terasa sangat lembek, maka jangan dipilih. 

Sehingga kamu bisa memperoleh manfaat buah naga untuk diet dengan memilih buah yang masih segar dan berkualitas. Apabila kamu ingin mendapatkan buah naga untuk dikonsumsi ketika diet, kamu bisa langsung buka aplikasi Astro, order dan langsung diantar ke rumah kamu dalam waktu yang singkat!

Referensi: 

Mengenal Manfaat Buah Naga untuk Diet dan Cara Mengonsumsinya – Alodokter

15 Manfaat Buah Naga yang Sayang Dilewatkan – Hello Sehat

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu