Makanan yang Mengandung Kolagen Bagus Supaya Kulit Tetap Sehat

Kolagen merupakan salah satu bahan yang baik untuk memberikan nutrisi pada kulit yang tidak bisa diragukan kembali khasiatnya demi kulit yang sehat. Bahkan, kolagen juga menjadi salah satu bahan yang masuk dalam komposisi membuat produk skincare atau perawatan kulit.

Namun, apa kamu sudah tahu bahwa ada juga makanan yang mengandung kolagen yang bisa juga sama memberikan manfaat baik untuk kesehatan pada kulit kamu. Kamu bisa mendapatkanya dari makanan yang ada di bawah ini, simak yuk!

Baca Juga: Kumpulan Menu 4 Sehat 5 Sempurna yang Menyehatkan

Makanan yang Mempunyai Kandungan Kolagen yang Baik Untuk Kesehatan Kulit, Mudah Didapatkan

Perlu kamu ingat bahwa, kolagen merupakan protein yang sangat baik dan diperlukan supaya bisa bekerja dengan baik dalam hal penyusunan kulit, kemudian jaringan ikat, tulang, dan juga pada tendon. Agar bisa kamu dapatkan maka ada pada produk makanan dari hewani.

Kendati demikian, jika kamu tidak menyukai makan produk hewani maka kamu juga tidak perlu khawatir karena kamu juga bisa dapatkan kandungan tersebut pada sayur dan juga buah dengan mudah. Maka dari itu, simak dan perhatikan ulasan!

1. Kaldu tulang

Pertama, kamu bisa temukan pada kaldu tulang yang masuk dalam kolagen yang selama ini sudah populer dan diketahui masyarakat luas. Kamu juga bisa merebus tulang ayam atau bisa juga dengan bahan tulang sapi dalam waktu 12 sampai dengan 48 jam.

Jika kamu merebus dalam waktu yang lebih lama maka kamu bisa mendapatkan kandungan kolagen jadi lebih banyak. Bahkan ada cita rasa yang diciptakan juga jadi lebih kaya.

Tidak hanya itu saja, kaldu tulang juga memiliki kandungan kalsium yang kaya, fosfor, magnesium dan juga glukosamin dan kondroitin. Kendati demikian, kamu juga harus tahu bahwa kualitas pada kaldu tulang cukup berpengaruh atas tulang dan bahan yang ditambahkan.

2. Putih telur

Putih telur kaya akan manfaatnya dalam sumber protein yang baik bagi tubuh. Putih telur yang berukuran besar hingga 6,2 gram dari protein maka sudah bisa bantu penuhi kebutuhan protein harian hingga 10%.

Ada juga kandungan asam amino yang dikenal dengan albumin. Meskipun sebagaimana yang sudah kamu tahu bahwa kandungan kolagen yang ada pada putih telur tinggi. Namun, ada juga kandungan prolin yang banyak atau asam amino yang bagus untuk bantu pembentukan kolagen.

Baca Juga: Ikuti Resep Menu Diet Sehat 30 Hari Ini yang Aman dan Enak

3. Ayam

Selama ini memang paling banyak suplemen kolagen yang ada ini memang terbuat dari bahan ayam. Makanan yang satu ini memiliki kandungan yang ada pada semua jenis asam amino yang ada atau zat yang bisa membentuk kolagen. 

Untuk kolagen pada ayam yang paling besar ada pada jaringan ikat dan juga tulang rawan. Bahkan protein yang dihasilkan dari ayam sendiri masuk pada kategori protein yang memiliki kualitas tinggi. Sebab ada kandungan asam amino yang bisa dikatakan lengkap.

4. Bawang putih

Meskipun bawang putih bukan termasuk makanan yang mempunyai kandungan kolagen. Namun, bawang putih sendiri mempunyai kandungan sulfur atau belerang yang kaya. Maksudnya adalah mineral yang nantinya bisa bantu kolagen jadi terbentuk dan bant cegah kolagen tidak pecah yang ada dalam tubuh.

Usahakan konsumsi bawang putih pada jumlah yang wajar saja. Terutama ketika menambahkannya pada makanan sehari-hari. Jika sampai dikonsumsi dengan berlebih maka bisa membuat kamu jadi mudah sakit perut.

5. Ikan

Ikan mempunyai jaringan ikan dan juga tulang yang memiliki kualitas kolagen berkualitas. Adapun para ahli yang sudah beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi makanan laut atau seafood itu bisa bantu tambah kandungan kolagen.

Sebab, makanan laut akan lebih mudah dicerna, berbeda dengan jenis makanan yang memiliki kandungan kolagen yang lainnya. Kandungan kolagen di ikan pada umumnya banyak ditemukan  pada kepala, bola mata, dan juga kulit.

Namun, jika kamu tidak suka bagian tersebut pada ikan untuk dikonsumsi maka kamu bisa ambil asupan kolagen dengan cara konsumsi bagian kulit dan daging ikan saja.

Baca Juga: Rekomendasi Ide Menu Makanan Satu Minggu yang Sehat Untuk Sehari-Hari

Demikian beberapa makanan yang mengandung kolagen yang harus kamu ketahui, yakni ada putih telur, ikan, ayam, bawang putih, kaldu tulang, tomat, buah sitrus dan lainnya. Usahakan konsumsi pada jumlah yang wajar saja dan tidak berlebihan, meskipun menyehatkan, semua harus kamu konsumsi dalam jumlah yang wajar saja. 

Jika ingin beli berbagai macam bahan makan kandungan kolagen seperti kaldu tulang, ayam, bawang putih, ikan dan telur dan sebagainya dengan harga terbaik kamu bisa andalkan aplikasi Astro yang punya pengantaran cepat hanya dalam hitungan menit! Pesan sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu