Yuk, Ketahui Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh 

Sebelum dimanfaatkan menjadi asupan makanan, ternyata wortel yang memiliki banyak warna ini dahulunya dimanfaatkan menjadi obat. Sebab, ada berbagai manfaat wortel untuk kesehatan tubuh. 

Namun, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh wortel untuk kesehatan. Lebih baik kamu mengetahui lebih dulu kandungan gizi yang terkandung dalam wortel seperti berikut ini. 

Baca Juga: 7 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Gizi dalam Wortel 

Wortel adalah makanan yang mempunyai kandungan nutrisi sangat tinggi dan kaya akan manfaat. Berdasarkan data dari Kemenkes RI, pada 100 gram wortel segar, kamu dapat memanfaatkan 80% umbinya. Di bawah ini sejumlah gizi yang terkandung di dalam wortel yang harus kamu ketahui. 

  • 0,3 mg zinc 
  • 0,06 mg tembaga 
  • 245 mg kalium 
  • 70 mg natrium 
  • 1 mg besi 
  • 74 mg fosfor 
  • 45 mg kalsium 
  • 10 mg vitamin C 
  • 1 mg niacin 
  • 0,04 mg riboflavin 
  • 0,04 mg thiamin 
  • 7,2 mcg vitamin A 
  • 7,9 gram karbohidrat 
  • 1 gram serat 
  • 0,6 gram lemak 
  • 1 gram protein 
  • 36 kkal energi 

Wortel pun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk tubuh. Di bawah ini ada beberapa manfaat wortel untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. 

Manfaat Wortel bagi Kesehatan 

Jika dilihat dari gizi yang terkandung, kamu pasti telah bisa menebak bila umbi ini mempunyai segudang manfaat. Berikut khasiat yang dapat kamu peroleh dari wortel: 

1. Menurunkan resiko terserang kanker 

Kanker berawal karena adanya pembentukan sel yang tidak normal secara berlebihan. Walaupun tidak langsung dapat mencegah terjadinya kanker, sejumlah makanan yang tinggi akan antioksidan mungkin dapat menurunkan resiko nya. 

Wortel memiliki kandungan antioksidan, seperti likopen dan beta karoten. Menurut salah satu riset pada The American Journal of Clinical Nutrition, mengungkapkan jika antioksidan ini bisa melindungi sel tubuh pada kemungkinan penyakit leukimia atau kanker darah. 

2. Mengurangi tekanan darah dan menjaga jantung 

Wortel mempunyai kandungan kalium, serat dan juga lengkap akan antioksidan yaitu likopen. Berbagai kandungan gizi tersebut diyakini bisa melindungi tekanan darah agar selalu stabil. 

Tidak hanya itu, wortel pun tidak mempunyai kandungan kolesterol jahat menjadikannya sangat bagus untuk pembuluh darah. Jika tekanan darah mu selalu terjaga, berarti kamu terhindar dari penyakit jantung dan hipertensi. 

Kamu dapat memperoleh manfaat yang satu ini dengan memakan wortel segar, bukan yang ada di dalam kemasan. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Wortel dan Sayur-sayuran segar lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Menghindari penyakit dan rusaknya mata 

Wortel dikenal mempunyai kandungan vitamin A yang tentunya bagus sekali bagi mata. Manfaat yang satu ini bisa membantu menghindari beberapa masalah pada mata, misalnya katarak, glaukoma dan gangguan penglihatan seperti astigmatisma, rabun dekat dan mata minus. 

Tidak hanya itu, sel-sel yang ada di dalam mata pun tak luput dari paparan radikal bebas yang merupakan molekul yang bisa mengakibatkan kerusakan di sel-sel mata. Untungnya, antioksidan berbentuk lutein dan karoten pada wortel dapat membantu menghindari rusaknya mata karena faktor yang satu ini. 

4. Merawat kesehatan otak 

Seiring dengan bertambahnya umur, fungsi otak tentunya akan menurun secara perlahan-lahan. Keadaan ini sudah pasti berhubungan dengan paparan dari radikal bebas. Sebenarnya radikal bebas merupakan bagian dari salah satu reaksi kimia di dalam tubuh, namun hal ini pun dapat merusak saraf dan sel-sel otak. 

Ada manfaat dari beta karoten di dalam wortel yakni menghindari efek samping radikal bebas pada otak. Walaupun sangat kecil jumlahnya, beta karoten yang termasuk antioksidan kuat bisa saja memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi dikemudian hari. 

Baca Juga: 6 Manfaat Sehat Daun Kale untuk Tubuhmu: Temukan Kandungan Nutrisinya

5. Membersihkan bakter di mulut 

Tidak cukup dengan menggosok gigi saja, memakan sayuran tertentu pun bisa merawat gigi. Hal ini sebab saat kamu mengunyah sayuran berserat yang sangat kuat contohnya wortel, maka otot-otot pada gusi akan terlatih guna menjadi jauh lebih kuat. 

Hal ini pun bisa memicu kelenjar ludah agar bisa memproduksi air liur lebih banyak. Air liur berguna untuk membersihkan gigi dan mulut dari berbagai sisa makanan yang bersarang. Dengan demikian, kuman tidak akan tumbuh dan mengakibatkan gigi berlubang. 

6. Merawat kulit tetap sehat 

Apabila kamu mempunyai riwayat masalah kulit seperti psoriasis atau ruam, mengkonsumsi jus wortel dapat menjadi pilihan tepat sebagai solusi alami untuk mu. Sebab vitamin C yang ada di dalam wortel memicu pembuatan kolagen atau sejenis protein yang sangat penting guna memperbaiki jaringan kulit. 

Tidak hanya itu, beta karoten dalam wortel yang bisa meredakan peradangan kulit, mempercepat proses penyembuhannya dan menangkal kerusakan kulit karena paparan sinar matahari. Secara menyeluruh, sayuran berwarna orange ini dapat memperbaiki kulitmu seperti semula. 

7. Membantu turunkan berat badan 

Apabila kamu sedang diet, mengkonsumsi jus wortel bisa membantu mengurangi berat badan. Hal ini sebab wortel rendah akan kalori dan memiliki serat yang sangat tinggi. Mengkonsumsi wortel dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan tidak memberikan tubuh kalori secara berlebihan. 

Wortel pun bisa meningkatkan jumlah empedu. Hal ini bisa meningkatkan pertumbuhan metabolisme sebab tubuh perlu mengubah makanan menjadi sebuah energi. Selain serat yang menjadikan kamu kenyang, kamu pun tetap mempunyai energi walaupun belum makan. 

Baca Juga: Segudang Manfaat Telur Ayam Kampung Yang Perlu Diketahui

Sesudah kamu mengetahui berbagai manfaat wortel untuk kesehatan tubuhmu, mulai sekarang kamu harus rajin mengkonsumsi wortel untuk memperoleh semua manfaat yang ada di atas. 

Dapatkan wortel berkualitas dan sayuran atau buah-buahan segar lainnya dengan memesannya lewat aplikasi Astro. Hanya pesan melalui smartphone dari rumah saja, kamu bisa berbelanja sepuasnya dan belanjaanmu akan datang dalam hitungan menit.

Arie Wahyu
Arie Wahyu