Segudang Manfaat Telur Ayam Kampung Yang Perlu Diketahui

Apakah kamu tahu bahwa telur ayam kampung dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikanmu? Ya, telur ayam kampung mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan telur ayam ras. Selain itu, telur ayam kampung juga lebih sehat karena tidak mengandung hormon dan antibiotik seperti telur ayam ras. Nah, berikut ini akan kita bahas manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan dan kecantikanmu yang dilansir dari creswickfarms.com .

Baca Juga: Ini Cara Memasak Telur Setengah Matang yang Benar

Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dari Telur Ayam Kampung

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Telur ayam kampung mengandung kolesterol sehat atau HDL (High Density Lipoprotein) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kolesterol sehat ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Telur ayam kampung mengandung lutein dan zeaxanthin, kedua senyawa ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari dan juga mengurangi risiko terkena degenerasi makula.

3. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang

Telur ayam kampung mengandung vitamin D yang dapat membantu menyerap kalsium dan fosfor dalam tubuh. Kedua mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Telur ayam kampung mengandung choline, senyawa ini dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Choline dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Selain itu, choline juga dapat membantu mencegah kerusakan sel otak akibat penuaan.

Baca Juga: Resep Olahan Telur Agar Tidak Bosan Untuk Sehari-hari

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Telur ayam kampung mengandung protein yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Protein dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit dan rambut. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung vitamin E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Telur ayam kampung mengandung selenium dan vitamin D, kedua nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selenium dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

7. Membantu Menjaga Berat Badan

Telur ayam kampung mengandung protein yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu kamu mengurangi nafsu makan dan menjaga berat badan ideal. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi yang sedang manjalani program penurunan berat badan.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Selain protein, telur ayam kampung juga mengandung vitamin B kompleks seperti biotin dan asam folat. Biotin dapat membantu memperbaiki kerusakan pada rambut dan memperkuat akar rambut. Sedangkan asam folat dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Telur ayam kampung mengandung kolin dan lecithin, kedua senyawa ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Choline dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan mempercepat metabolisme lemak. Sedangkan lecithin dapat membantu meningkatkan produksi empedu dan membantu pencernaan lemak.

Baca Juga: Mengenal Cara Menyimpan Telur Tanpa Kulkas yang Baik

Nah, itulah beberapa manfaat telur ayam kampung yang sangat baik untuk kesehatanmu. Jadi, sudah saatnya kamu mulai memperhatikan asupan gizi harianmu dengan mengkonsumsi telur ayam kampung yang sehat dan berkualitas. 

Jangan khawatir, kamu bisa dengan mudah mendapatkan telur ayam kampung dan kebutuhan harian lainnya melalui aplikasi Astro! Dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet, kamu bisa berbelanja kebutuhan harian mu di Astro dengan hanya beberapa klik saja lewat smartphone kamu. 

Yuk, mulai sekarang perhatikan kesehatanmu, belanja sehat lewat aplikasi Astro!

Referensi:

The Added Health Benefits of Free-Range Eggs

6 Reasons You Should Be Buying Free-Range Eggs

6 REASONS WHY YOU SHOULD CONSIDER EATING FREE RANGE CHICKENS

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu