Tidak Takut Busuk, Ini Cara Menyimpan Sayur Tanpa Kulkas

Tidak Takut Busuk, Ini Cara Menyimpan Sayur Tanpa Kulkas

Tentu saja kamu selalu membeli sayur untuk persediaan di rumah, bukan? Umumnya sayuran yang kamu beli di pasar akan disimpan di kulkas agar segar. Namun, sekarang ada cara menyimpan sayur tanpa kulkas yang belum banyak orang ketahui. 

Kamu tentunya sulit untuk menyimpan sayur tanpa kulkas. Tetapi, kamu tidak perlu bingung lagi sebab terdapat beberapa cara simpan sayuran supaya tetap segar meskipun tidak dimasukan ke dalam kulkas. Bagaimanakah caranya? mari simak di bawah ini. 

Baca Juga: Ketahui Cara Menyimpan Buah Tanpa Kulkas Biar Tetap Fresh

Ikuti Cara Ini untuk Simpan Sayur di Luar Kulkas 

Menyimpan sayur di dalam kulkas memang menjadi cara yang sangat praktis demi menjaga kesegarannya. Bahkan sayuran bisa lebih awet dan tidak mudah busuk jika disimpan di dalam kulkas. Tetapi, ternyata sayur juga bisa disimpan tanpa kulkas, berikut ini caranya. 

1. Pilih sayuran segar 

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu memilih sayuran dengan kualitas yang masih bagus. Cara memilih sayuran yang masih bagus seperti tidak ada bagian yang busuk, layu, ataupun daun yang menguning. 

Saat membeli sayuran pastinya kamu harus teliti melihat hal tersebut, sebab rugi sekali jika kamu membeli sayur yang sudah tidak segar, hal ini dapat berdampak pada umur sayur yang sebentar dan kandungan vitaminnya yang sudah mengurang atau bahkan hilang. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Sayur kamu di ASTRO!

Cara Menyimpan Sayur Agar Awet di Kulkas Tetap Fresh dan Tidak Layu

2. Singkiran bagian yang membusuk 

Sayuran yang masih segar jika tercampur dengan bagian yang busuk, maka bagian lainnya juga bisa ikut membusuk. Untuk itu, kamu harus membuang bagian busuk yang ada di sayuran sehingga tidak menularkan ke yang lainnya. Biasanya beberapa sayuran yang mudah busuk seperti wortel, kentang, kembang kol dan brokoli

Selain memisahkan bagian yang busuk, kamu juga perlu memisahkan sayur yang sudah layu dengan yang masih segar. Agar sayur yang masih segar tidak terkontaminasi. Hal tersebut harus kamu lakukan agar sayuran yang nantinya ingin dikonsumsi kualitasnya masih bagus dan segar. 

3. Jangan mencuci 

Apabila kamu membeli kangkung, bila tidak ingin diolah, maka kamu tidak perlu mencucinya. Namun, kamu bisa merendam akarnya di air. Cara yang satu ini dianggap sangat efektif untuk menyimpan kangkung tanpa kulkas. Selain kangkung, kamu bisa juga menyimpan bayam menggunakan cara ini. 

Untuk sayuran yang sudah tidak ada akarnya, maka kamu bisa mencucinya saat ingin diolah saja. Hal ini untuk menghindari sayur menjadi busuk karena kamu mencucinya. 

4. Bungkus menggunakan paper towel 

Untuk semua sayuran hijau, cara yang tepat untuk menyimpannya yaitu dengan melapisinya dengan paper towel. Sebab paper towel dapat menyerap kelembaban dengan maksimal. Namun, ada pula beberapa jenis sayur hijau yang perlu tetap lembab. 

Contohnya saja, kembang kol dan brokoli. Untuk itu, kamu dapat menyimpan sayuran tersebut dengan merendam batangnya di air atau melapisinya dengan handuk basah. 

5. Simpan di ruang berventilasi 

Nah, sayuran kamu bisa tetap segar dan awet jika disimpan pada ruangan yang berventilasi. Sebab udara bisa mencegah pembusukan pada semua sayuran. Kamu juga perlu memperhatikan cara penyimpanan secara teliti untuk semua jenis sayuran yang dibeli. Sebab setiap sayuran memiliki kadar kebutuhan yang berbeda-beda. 

6. Hindari sinar matahari 

Ada sebagian jenis sayuran yang lebih baik tidak langsung terkena cahaya matahari, seperti kentang sebab dapat lebih cepat membusuk dan kualitas nya akan menurun. Oleh karena itu, simpanlah kentang di suhu ruangan yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. 

Sayuran hijau seperti kangkung juga tidak baik ditaruh pada ruangan yang terkena cahaya matahari langsung, karena kangkung akan menguning dan layu. Tentu saja hal tersebut bisa menurunkan kualitas kangkung saat kamu konsumsi. 

Baca Juga: Tidak Cepat Layu, Ini Cara Menyimpan Sayur Bayam Di Kulkas

7. Simpan pada tempat yang kering 

Sayuran seperti kentang dan wortel ada baiknya kamu simpan ditempat yang kering. Sebab suhu yang terlalu lembab dapat membuat jamur timbul pada kentang dan wortel. Selain itu, kamu dapat melapisi kentang dan wortel menggunakan tisu atau koran supaya tetap terjaga. 

Jika tidak ingin melapisinya dengan tisu atau koran, maka kamu bisa menaruhnya saja di tempat yang kering. Jangan lupa hindari kedua sayuran ini terkena air, sebab bisa membuatnya busuk lebih mudah. 

Itu tadi beberapa cara menyimpan sayur tanpa kulkas yang bisa kamu coba di rumah sekarang juga. Yang perlu diperhatikan dan jangan sampai kamu lupakan yaitu saat memilih sayur di pasar atau supermarket, pilihlah sayuran yang masih segar, tidak layu maupun busuk, sehingga saat menyimpannya tanpa kulkas pun masih memiliki waktu simpan yang lama. 

Untuk membeli sayur segar, kamu bisa membeli nya di Astro, lho! Aplikasi yang satu ini menyediakan lebih dari 3000 produk kebutuhan sehari-hari mulai dari sayuran sampai bumbu dapur. Kamu bisa menggunakannya hanya melalui smartphone saja, sehingga tidak perlu pergi ke pasar atau supermarket. 

Selain menghemat tenaga, kamu juga menghemat uang karena Astro memberikan potongan sampai 30 ribu untuk pengguna baru. Nah, langsung saja kamu unduh aplikasi Astro di App Store atau Play Store untuk mendapatkan semua keuntungan tersebut. 

Arie Wahyu
Arie Wahyu