Ketahui Cara Menyimpan Buah Tanpa Kulkas Biar Tetap Fresh

Untuk memenuhi nutrisi tubuh kita, mengkonsumsi makanan yang sehat dan masih segar adalah cara yang tepat. Salah satunya adalah buah-buahan yang memiliki sumber vitamin lengkap dan kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Menyediakan buah segar setiap hari pun sangatlah disarankan. Lalu, bagaimana bila tidak mempunyai kulkas? Adakah cara menyimpan buah tanpa kulkas? Tentu saja ada. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Ikuti Cara Menyimpan Buah Agar Awet dan Tetap Segar

Tanpa Kulkas, Ini Cara Menyimpan Buah Agar Selalu Fresh 

Bagi kamu yang memang tidak memiliki kulkas, menyimpan buah agar tetap segar memang menjadi tantangan sendiri. Apalagi ada buah yang memang memiliki proses pembusukan yang lebih cepat. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara menyimpan buah agar tetap segar tanpa kulkas yang benar: 

1. Jangan Beli dalam Jumlah Banyak 

Tips pertama agar buah bisa selalu segar meski disimpan tanpa kulkas adalah jangan membelinya terlalu banyak. Lebih baik kamu hanya membeli buah dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Karena tentu saja akan memakan waktu yang lama untuk dihabiskan dan hanya akan dibuang begitu tidak dikonsumsi. Selain itu, buah yang disimpan dengan cara bertumpuk dalam jumlah banyak akan mempercepat proses pembusukkan. Jadi, sangat disarankan untuk menghindari pembelian buah dalam jumlah yang banyak. 

2. Pilih Buah yang Masih Segar 

Pada saat memilih buah yang akan dibeli, lebih baik kamu perhatikan kondisi buahnya. Sangat disarankan untuk memilih buah yang benar-benar masih sangat segar. Karena buah yang segar sudah pasti akan lebih tahan lama walau disimpan tidak menggunakan kulkas. Tidak hanya itu saja, buah yang segar sudah pasti akan lebih aman dikonsumsi kapan saja. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan buah-buahan paling segar untuk diet sehat kamu di ASTRO!

10 Buah Tropis Indonesia yang Penuh Nutrisi

3. Jangan Langsung Dicuci 

Setelah kamu membeli buah yang masih dalam keadaan segar, maka selanjutnya adalah jangan langsung mencucinya. Sangat disarankan untuk mencuci buah hanya ketika akan diolah atau dikonsumsi saja. Mencuci buah yang tidak disimpan di kulkas hanya akan mempercepat pembusukan. Hal ini karena ketika buah dicuci akan menjadi lembab yang jadi penyebab utama pembusukan cepat terjadi. 

4. Buang Terlebih Dahulu Bagian Busuk 

Walaupun sudah memilih buah yang masih segar, tapi bukan berarti tidak ada bagian yang busuk. Kamu bisa melakukan pengecekan lagi agar tidak ada bagian busuk yang terlihat. Apalagi jika kamu menyimpannya tanpa kulkas. Maka daripada itu, ketika kamu melihat ada bagian yang busuk, lebih baik segera dibuang. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bila ketika membeli sejumlah buah dan ada satu saja yang busuk, maka pembusukan untuk buah yang masih segar pun akan cepat terjadi. Maka daripada itu, lebih baik kamu segera memisahkannya jika menemukan ada yang busuk. Apabila buah hanya busuk sebagian, kamu dapat langsung memotongnya dan kemudian mengkonsumsi bagian yang masih segar secara langsung. 

5. Bungkus dengan Kertas atau Tisu

Agar buah tetap dalam keadaan segar walau disimpan tanpa kulkas, maka sangat disarankan untuk melapisinya dengan kertas atau tisu. Membungkus buah dengan kertas ini memiliki tujuan agar buah tidak lembab. Ada baiknya kamu membungkus buah ini satu persatu agar bisa lebih awet lagi. Pastikan kertas atau tisu yang digunakan untuk membungkus ini dalam keadaan kering, ya. 

6. Simpanlah di Tempat yang Kering 

Cara terakhir adalah dengan menyimpan buah di tempat yang kering. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika lembab adalah salah satu kondisi yang akan membuat buah menjadi lebih cepat busuk. Kamu dapat menyimpan buah di tempat kering seperti dalam wadah khusus untuk menyimpan makanan. Pastikan kamu menyimpan buah dalam suhu ruang dan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. 

Baca Juga: Ini Dia Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimasukkan Kulkas

Cara Simpan Berbagai Jenis Buah Tanpa Kulkas 

Di atas adalah cara menyimpan buah tanpa kulkas secara umum. Tapi, bila kamu ingin mengetahui cara menyimpan beberapa buah yang kerap dikonsumsi tanpa menggunakan kulkas, maka berikut ini adalah penjelasannya: 

1. Buah Alpukat 

Alpukat adalah jenis buah yang sangat lezat dan kerap dijadikan jus atau dicampur dengan salad. Alpukat memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Bila kamu ingin menyimpan alpukat tanpa kulkas, maka simpanlah dalam wadah kertas. Namun, sebelumnya kamu bisa membungkus buah alpukat dengan menggunakan koran. 

2. Buah Pisang 

Pisang juga salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Mengandung serat serta vitamin C dan kalium, pisang pun dikonsumsi secara langsung atau dijadikan cemilan sehat lain. Untuk menyimpan buah pisang tanpa kulkas dan tetap awet, maka kamu bisa membungkusnya dengan plastik atau foil pada bagian batangnya agar pembusukkan tidak terjadi dengan cepat. 

3. Buah Jeruk 

Buah jeruk juga sangat disukai oleh banyak masyarakat Indonesia. Mengandung jumlah vitamin C yang terbilang tinggi, mengkonsumsi buah jeruk juga bisa meningkatkan imun tubuh. Untuk menyimpan buah jeruk sangatlah mudah, yaitu dengan meletakan pada wadah terbuka. Dimana rata-rata jeruk akan bertahan lama setidaknya 10 hari. 

Baca Juga: Tidak Cepat Layu, Ini Cara Menyimpan Sayur Bayam Di Kulkas

Demikianlah beberapa cara menyimpan buah tanpa kulkas agar selalu fresh dan memberikan manfaat maksimal kepada tubuh kita. Nah, bila kamu membutuhkan buah-buahan segar, maka bisa andalkan Astro yang menyediakan berbagai kebutuhan buah berkualitas yang terjamin kesegaran dan kualitasnya hanya untuk kamu. Yuk download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang!

Yuk, segera belanja buah-buahan, sayuran, dan daging berkualitas yang terjamin kesegarannya, serta pengantaran dalam hitungan menit hanya di Astro! Klik foto produk di bawah ini untuk belanja langsung dari aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu