Tidak Cepat Layu, Ini Cara Menyimpan Sayur Bayam Di Kulkas

Tidak Cepat Layu, Ini Cara Menyimpan Sayur Bayam Di Kulkas

Sayur bayam terkenal sangat lezat, tidak heran jika selalu dijadikan menu favorit. Tetapi, bayam merupakan sayur yang mudah layu, sehingga kamu harus tahu cara menyimpan sayur bayam di kulkas dengan benar. Menyimpan sayur dengan benar memang sangat disarankan demi menjaga kualitas sayur. 

Kandungan nutrisi di dalam bayam yang melimpah menjadikan sayuran ini digemari oleh banyak orang. Kualitas bayam yang segar mempunyai kandungan dan cita rasa yang berbeda. Kerap kali kita mendapati bayam yang membusuk dan berakhir menjadi sampah rumah tangga. 

Nah, agar tidak berakhir seperti itu, kamu harus mengetahui cara yang benar untuk menyimpan bayam di kulkas seperti berikut ini. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur Agar Awet di Kulkas Tetap Fresh dan Tidak Layu

Gunakan Cara Ini untuk Simpan Bayam Dalam Kulkas 

Jika kamu memiliki bayam yang tidak ingin langsung dimasak, agar lebih awet maka kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. Karena, banyak hanya dapat bertahan sampai satu atau dua hari saja jika ditaruh pada suhu ruang. Tetapi, bayam tidak begitu saja dapat langsung kamu simpan di kulkas. 

Ada beberapa cara supaya bayam bisa bertahan lama dan segar, bahkan sampai seminggu. Lalu, apa saja cara menyimpan bayam dengan baik agar segar dan tahan lama? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Sortir daun bayam 

Sebelum kamu menyimpannya ke dalam kulkas, maka ada baiknya kamu harus memisahkan daun bayam yang sudah tidak bagus, menguning hingga berlubang terlebih dahulu. Cara yang satu ini dilakukan agar daun bayam yang masih bagus atau segar dapat bertahan lama. 

Jika kamu tidak menyortir daun bayam yang masih bagus dengan yang busuk, makan daun yang sudah membusuk bisa mengkontaminasi daun bayam segar, yang akhirnya membuat semua daun menjadi busuk. Pastinya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itu, kamu perlu menyortir daun bayam dengan benar sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Sayuran kamu di ASTRO!

Cara Menyimpan Sayur Agar Awet di Kulkas Tetap Fresh dan Tidak Layu

2. Jangan mencucinya

Daun bayam yang akan kamu simpan ke dalam kulkas ini tidak perlu kamu cuci terlebih dahulu karena daun yang basah bisa menyebabkan daun busuk lebih cepat. Untuk itu, hindari mencuci bayam jika ingin menyimpannya ke dalam kulkas. 

kamu cukup mencuci bayam saat ingin mengolahnya saja. Pastikan cuci daun bayam sampai bersih dengan benar, sehingga kotoran ataupun kuman tidak menempel pada daun bayam yang sudah kamu simpan di dalam kulkas dalam waktu yang lama. 

3. Simpan bayam dalam wadah 

Untuk menyimpan daun bayam agar lebih awet dan tahan lama, maka kamu bisa menyimpannya didalam wadah ataupun bisa dengan menggunakan plastik saja. Tetapi pastikan wadah atau plastik tersebut benar-benar dalam kondisi kering agar membuat bayam tidak mudah membusuk. 

Selain itu, hindari wadah yang terlalu tertutup karena bayam akan lembab dan mudah membusuk. Gunakan wadah berbuka atau yang berlubang saja jika kamu memilikinya, agar daun bayam tetap mendapatkan udara sehingga bayam tidak cepat menguning. 

4. Lapisi dengan kertas 

Jika kamu menaruh bayam menggunakan wadah, maka kamu perlu melapisi kertas sebelum menaruh bayam di dalam wadah tersebut. Kertas sendiri memiliki kemampuan untuk menyerap air yang ada di dalam daun, sehingga daun selalu kering dan tidak mudah busuk. 

Cara yang satu ini juga diyakini bisa membuat bayam awet dan tahan lama, bahkan lebih dari seminggu. Jika kamu tidak memiliki kertas, maka kamu bisa menggunakan koran atau tisu sebagai penggantinya. 

5. Atur suhu kulkas 

Biasanya untuk menyimpan bayam di kulkas membutuhkan suhu sekitar 1 sampai 4 derajat celcius. Suhu ini bisa menjaga daun bayam agar tetap segar sehingga daun bayam tidak cepat layu dan menguning. Jangan melebihi suhu tersebut karena bisa menyebabkan daun bayam menguning. 

Namun, kamu juga jangan menurunkan suhu sebab dapat membuat daun bayam membeku, akibatnya bisa menyebabkan kualitas dari bayam tersebut menurun. Nah, untuk masalah suhu ini, kamu perlu memperhatikannya dengan baik ya! 

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur di Kulkas Biar Awet dan Tidak Busuk

6. Jangan campur dengan sayur lain 

Jika kamu ingin menyimpan daun bayam lebih lama, maka kamu tidak boleh mencampurnya dengan sayuran yang lain. Simpan daun bayam di wadah sendiri agar tidak terkontaminasi dengan sayur lain yang kualitas nya kurang bagus. 

Cara yang satu ini diyakini bisa membuat daun bayam bertahan lebih lama dan tetap segar walaupun sudah disimpan di kulkas lebih dari seminggu. 

Nah, itu tadi cara menyimpan sayur bayam di kulkas yang harus kamu ketahui jika ingin menyimpan bayam di kulkas dalam waktu yang lama. Kunci untuk menyimpan bayam di kulkas adalah membeli bayam segar. Untuk kamu yang ingin membeli sayur segar, maka kamu bisa membelinya di Astro! 

Astro merupakan aplikasi belanja online untuk kebutuhan sehari-hari yang bisa kamu gunakan melalui smartphone. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan potongan harga sampai 30 ribu, lho. Langsung saja unduh aplikasi Astro di Play Store dan App Store sekarang juga!

Arie Wahyu
Arie Wahyu