Cara Menyimpan Sayur di Kulkas Biar Awet dan Tidak Busuk

Cara Menyimpan Sayur di Kulkas Biar Awet dan Tidak Busuk

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa lemari es atau kulkas merupakan salah satu lemari pendingin yang sangat membantu dalam pengawetan sementara pada makanan atau penyimpanan makanan yang sangat membantu. Bisa dikatakan merupakan tempat penyimpanan yang sangat praktis.

Makanan dan bahan makanan seperti daging, buah, sayuran yang tersimpan di kulkas jauh lebih tahan lama jika dibandingkan saat kamu menyimpan sayuran, daging dan buah serta bahan makanan lainnya dalam keadaan suhu ruang saja.

Makanan-makanan dan bahan makanan yang belum diolah akan tetap terjaga masih segar serta nutrisi aslinya sampai akhirnya akan kamu konsumsi dan diolah. Namun, semua itu juga tergantung dari bagaimana cara kamu menyimpannya di dalam kulkas. Makanan dan bahan makanan pun tetap ada waktu limitasi, kapan harus dikonsumsi dan kapan harus dibuang.

Terutama sayur mayur yang tersimpan di dalam kulkas tentu saja jika terlalu lama disimpan di dalam lemari pendingin akan menyebabkan aromanya mencemari sayur dan makanan lainnya yang sama-sama disimpan di dalam kulkas. Maka dari itu, kamu harus lebih pandai saat hendak menyimpan sayur dalam kulkas.

Khususnya pada sayur yang karakternya mudah kering dan kusut, kamu juga harus lebih cermat dalam menghadapinya. Jadi, kamu juga tidak bisa menyimpan sayuran dengan cara yang sembarangan di dalam kulkas. Sebab, sayur yang disimpan dalam kulkas dengan langkah yang salah maka, sayur yang kamu simpan hanya akan membusuk dan kisut tidak akan layak konsumsi. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur Agar Awet di Kulkas Tetap Fresh dan Tidak Layu

Cara Menyimpan Sayur di Kulkas Biar Awet dan Segar

Oleh sebab itu, di bawah ini merupakan cara menyimpan sayur di kulkas biar awet dan saat akan kamu konsumsi, sayur-sayur yang sudah kamu simpan masih dalam keadaan yang segar, nutrisinya masih tetap terjaga dan layak konsumsi. Simak yuk!

1. Sebaiknya Tidak Mencuci Sayur Sebelum Masuk Kulkas

Sayur yang masih mentah dan segar akan lebih baik segera kamu simpan di dalam kulkas dalam keadaan yang apa adanya saja. Sebagai contoh sayur mentimun, kentang, brokoli, wortel, daun bawang, lobak, bayam, kol, daun singkong dan lainnya, terutama sayur-sayuran yang memang sifatnya mudah kusut, layu dan kering atau sayur yang tidak bisa disimpan lama dalam suhu ruang.

Mungkin kamu akan berpikir dicuci akan jadi lebih bersih. Namun, itu adalah tindakan yang tidak baik bagi kondisi sayur kamu sebelum disimpan dalam kulkas. Bisa dikatakan, sayur yang telah dicuci sebelum disimpan di dalam kulkas, maka hanya akan berpotensi membusuk lebih cepat. 

Sayur secara alami mengandung kadar air, jika kamu mencuci sayur, maka hanya akan menjadikan bakteri berpindah pada sayur yang sudah dicuci. Bakteri itulah yang akan menyebabkan sayur jadi cepat membusuk.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Sayuran kamu di ASTRO!

menu sayuran untuk buka puasa

2. Sayur Harus dalam Kondisi yang Kering

Kamu harus lebih cermat memastikan kondisi sayur dalam keadaan yang dalam kondisinya yang kering sebelum disimpan masuk ke kulkas. Jadi, kamu harus menyimpan sayur-sayuran dalam kondisi yang kering dan alami apa adanya saja. Tentunya, akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan plastik rapat saat menyimpannya.

Menyimpan sayur yang dalam plastik rapat hanya akan membuat kondisi sayur terlalu lembab. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan cara membuat lubang atau rongga pada plastik yang akan digunakan untuk membungkus sayur yang disimpan dalam kulkas.

Hal itu akan membuat sirkulasi udara masuk dan sayur bisa tetap mendapatkan oksigen. Selain plastik, jika kamu tidak punya, bisa juga membungkusnya dengan kertas yang dapat membantu kondisi sayur tidak cepat busuk.

Baca Juga: Ikuti Cara Menyimpan Buah Agar Awet dan Tetap Segar

3. Pandai Membedakan Sayur yang Boleh/Tidak Boleh Masuk Kulkas

Kamu juga harus lebih cermat dalam memilih sayuran mana yang boleh kamu simpan dan sayuran mana yang tidak boleh kamu simpan di dalam kulkas. Ada juga sayuran yang justru lebih awet ketika kamu menyimpannya di dalam suhu ruang.

Untuk beberapa keadaan mungkin kamu juga harus menyimpan sayuran yang bisa tahan lebih lama dalam suhu ruang. Sebagai contoh kentang, timun, jahe, tomat, ada juga cabai, labu, bawang-bawang dan masih ada yang lainnya. Bisa jadi saat sedang ada gangguan pada listrik, atau memang keadaan sayuran yang menunggu beberapa hari baru bisa diolah yang memang harus selalu berkembang di suhu ruang.

Ada juga karakter sayur yang tidak mudah disimpan dalam keadaan suhu ruang seperti daun singkong, daun bawang, kangkung, brokoli, kol, seledri, wortel, jamur, dan ada juga daun selada, sayur bayam dan masih banyak yang lainnya.

Menjaga kualitas sayur dalam kulkas maupun suhu ruangan termasuk upaya dalam menjaga kualitas bahan makanan yang sehat dan bergizi demi kesehatan kamu dan keluarga. Maka, harus tetap menjaga kondisi tempat penyimpanannya juga supaya kualitas sayur tetap dalam kondisi baik dan layak konsumsi.

Kamu yang sedang mencari sayur-sayur segar seperti kentang, cabe, wortel, brokoli, mentimun, lobak, kacang panjang dan segala macam jenis sayur lainnya bisa juga belanja di Astro! Astro merupakan platform quick commerce yang akan selalu siap melayani kamu selama 24 jam penuh. Astro akan membantu segala kebutuhan sayur segar dan terjamin kualitasnya, harganya terjangkau. Siap antar pesanan dalam waktu singkat.

Arie Wahyu
Arie Wahyu