Ikuti Cara Menyimpan Buah Agar Awet dan Tetap Segar

Ikuti Cara Menyimpan Buah Agar Awet dan Tetap Segar

Cara menyimpan buah agar awet tentunya harus kamu lakukan agar tidak mempengaruhi tampilan, rasa sampai gizi yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kamu mengetahui cara menyimpan buah agar awet dan tetap segar. 

Namun, sebelumnya kamu perlu mengetahui prinsip-prinsip dasar yang mempengaruhi kualitas buah supaya gizinya tidak hilang ketika disimpan seperti berikut ini. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur Agar Awet dan Segar Selama Seminggu

Tips Menyimpan Buah yang Benar 

1. Simpan Pada Suhu Ideal 

Buah yang segar sebenarnya adalah makhluk hidup. Walaupun sudah dipanen dan dipetik dari pohonnya, buah-buahan ini tetaplah membutuhkan oksigen agar tetap bisa bernafas dan membuang karbondioksida. Kemampuan buah dalam bernapas sangat bergantung dengan suhu tempat penyimpanan dan jenis buah tersebut. 

Semakin dingin suhu pada tempat penyimpanan, maka semakin rendah kemampuan buah untuk bernafas dan masa simpannya akan semakin panjang. Lalu, semakin banyak oksigen yang buah hirup dan banyaknya karbon dioksida yang mereka keluarkan bisa membuat buah cepat rusak. 

Sebagian jenis buah perlu disimpan pada tempat yang dingin, ada pula yang sensitif terhadap suhu dingin dan bisa busuk saat masuk ke lemari pendingin. 

2. Jangan Mencucinya 

Kamu harus mencuci buah saat ingin memakannya saja. Tetapi, saat menyimpan buah dalam lemari pendingin, ada baiknya jangan mencucinya lebih dulu. Buah yang kamu cuci bisa jadi meninggalkan banyak air dan menjadikannya lembab. Nah, kelembaban tersebut yang bisa menjadikan buah mudah busuk saat proses penyimpanannya. 

Apabila memang perlu kamu cuci sebelum menyimpannya, pastikan kamu keringkan terlebih dahulu buah yang sudah dicuci sebelum memasukkannya ke dalam lemari pendingin untuk disimpan. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan buah-buahan segar untuk diet sehat kamu di ASTRO!

10 Buah Tropis Indonesia yang Penuh Nutrisi

3. Jaga Kelembabannya 

Semua buah tentunya mengandung air. Kandungan air tersebut yang bisa menjaga buah tetap segar. Tetapi, saat buah-buahan dipetik atau dipanen dari pohonnya, maka buah banyak kehilangan air karena terjadi penguapan. 

Oleh sebab itu, kamu perlu menjaga sisa air yang ada di dalam buah tersebut supaya tidak kisut dan busuk, kamu bisa melakukannya dengan cara masukan buah ke dalam plastik yang telah diberi lubang. 

4. Perhatikan Wadah yang Digunakan 

Sebelum kamu menyimpannya di dalam kulkas, pastikan kamu menaruh buah tersebut pada wadah tertentu. Masukkan buah ke wadah plastik yang sudah dilubangi menjadi ventilasi. Tidak hanya menjadi lebih rapi, memakai wadah juga bisa menghindari buah terkontaminasi langsung dengan bakteri. 

Tetapi, jika buah tersebut sudah dipotong, ada baiknya kamu tempatkan di wadah kedap udara. Karena, bila buah tersebut dibiarkan terbuka, ini dapat mengakibatkan buah teroksidasi dan kualitasnya jadi menurun. 

5. Jangan Simpan di Suhu Ekstrem 

Buah yang kamu simpan di suhu yang terlalu rendah atau tinggi bisa merusak buah dan membuatnya cepat busuk. Saat buah disimpan dalam freezer, ia akan mudah rusak sesudah dicairkan. Kerusakan tersebut seperti adanya bercak kecoklatan pada buah apel dan sangat lembek untuk buah pir. 

Sementara, suhu yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kematangan yang kurang merata, menjadi lumer atau lunak, keriput dan berkerut. 

6. Perhatikan Kondisi Buah yang Baru Dibeli 

Beberapa buah bisa bertahan lebih lama bila masih memiliki kulit. Bagian kulit yang sudah terbuka pada buah akan menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur sehingga bisa mengakibatkan buah mudah busuk. 

Oleh sebab itu, kamu perlu memeriksa kembali keadaan buah secara rutin dan sering. Apabila terjadi perubahan warna, maka langsung buang bagian tersebut dan makanlah yang masih dalam keadaan bagus. 

Baca Juga: Ketahui Cara Menyimpan Buah Tanpa Kulkas Biar Tetap Fresh

Lakukan Hal ini Supaya Buah Segar Lebih Lama 

Sesudah kamu mengetahui prinsipnya, selanjutnya yaitu langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan buah-buahan supaya tahan lama dan tetap segar: 

  • Sesudah membeli buah di supermarket atau di pasar, sebelum kamu mencucinya, alangkah lebih baik memisahkan bagian bonyok atau busuk yang ada di buah tersebut. Sesudah itu, kamu barulah dapat mencucinya dengan bersih. 
  • Buah yang masih memiliki akar jangan langsung kamu cuci dan simpan di kulkas. Periksa kembali bagian yang mungkin ada jamurnya dan simpan pada tempat yang sejuk dan mempunyai sirkulasi udara bagus. Jangan menyimpannya di dalam lemari pendingin. 
  • Tomat pun lebih baik kamu simpan pada suhu ruang sebab suhu rendah bisa menjadikan tomat lembek. Bila kamu ingin menyimpan tomat yang telah digunakan sebagian, kamu bisa tempatkan tomat di paper bag dan simpan di suhu ruangan. 

Buah yang Wajib Disimpan Pada Suhu Ruang dan Kulkas 

Di Suhu Ruangan 

Buah apel yang belum genap berumur 7 hari, melon, semangka, nanas, pisang, mangga, jeruk, dan lemon ini kamu harus menaruhnya dalam suhu ruangan agar tidak mudah busuk dan tetap segar saat dimakan.

Di Kulkas 

Buah apel yang umurnya telah melebihi 7 hari, anggur, ceri, berry, pir, aprikot dan buah-buahan yang sudah kamu potong-potong harus disimpan di dalam kulkas agar warna dan rasanya tidak berubah.

Tidak hanya bisa menjaga rasa dan kesegarannya saha, menyimpan buah-buahan dengan baik dan benar bisa menjaga gizi yang ada di dalam buah tersebut. Sebaliknya, bila kamu tidak memperhatikan tempat penyimpanan buah tersebut dengan benar, maka besar kemungkinan bisa mengakibatkan bakteri dan jamur muncul pada buah-buahan tersebut. Demikianlah, beberapa cara menyimpan buah agar awet yang bisa kamu coba mulai saat ini.  Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu, ya!

Pastikan juga kalau kamu mau belanja buah yang praktis dari rumah dan terjamin kesegarannya, kamu bisa pesan di aplikasi Astro! Mulai dari buah alpukat, melon, semangka, dan lainnya tersedia lengkap.

Yuk, segera belanja buah-buahan, sayuran, dan daging berkualitas yang terjamin kesegarannya, serta pengantaran dalam hitungan menit hanya di Astro! Klik foto produk di bawah ini untuk belanja langsung dari aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu