Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Agar Tidak Salah Beli

Madu merupakan bahan alami yang menawarkan banyak manfaat untuk tubuh kamu. Madu memiliki rasa manis alami tanpa pemanis buatan serta mengandung antioksidan dan juga banyak nutrisi untuk tubuh. Agar kamu mendapatkan manfaat dari madu yang optimal maka disarankan untuk meminum madu yang asli setiap hari. Kamu juga perlu hati-hati ketika beli madu karena sekarang sudah tersebar madu palsu. Makanya penting untuk mengetahui perbedaan antara yang asli dengan palsu. Dibawah ini akan dijelaskan cara membedakan madu asli dan palsu agar tidak salah beli sehingga bisa mendapatkaan manfaat optimal dari madu.

Baca Juga: Manfaat Madu Hitam Untuk Tubuh dan Cara Konsumsi yang Tepat 

Madu Asli Tidak Lengket

Perbedaan pertama untuk membedakan madu asli dan palsu adalah cek lengket atau tidak. Jika madu lengket maka bisa dipastikan bahwa madu tersebut palsu karena madu yang asli tidak lengket. Kamu bisa coba gosokkan madu pada kedua jari agar bisa memastikan tidak lengket yang menandakan madu tersebut asli. Madu palsu terasa lengket karena sudah dicampur dengan lainnya sehingga sudah tidak alami lagi. Selain itu, coba cek tekstur madu jika kental maka madu asli sedangkan yang palsu lebih cenderung agak cair.

Tidak Mudah Larut

Untuk membedakan madu asli dengan palsu maka kamu bisa memasukkan madu ke dalam segelas air. Jika hasilnya tidak mudah larut dan madu yang dimasukkan mengendap di bagian bawah maka menandakan bahwa madu tersebut asli. Sedangkan jika sesaat setelah dimasukkan ke dalam gelas maka langsung larut dan warna air berubah maka bisa dipastikan madu tersebut palsu. 

Cek Rasa Juga Warna

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk tahu bedanya madu asli dan palsu adalah cek rasa serta warnanya. Madu yang asli tidak akan tertinggal di lidah ketika dicoba sedangkan yang palsu akan tertinggal dan terasa lengket di lidah. Kemudian untuk warna madu asli ada beragam warna mulai dari yang cerah hingga gelap. Jika warnanya gelap maka menandakan pH serta kandungan mineralnya tinggi.

Aroma Madu Seperti Bunga

Perbedaan berikutnya agar kamu tidak salah beli madu palsu adalah mencari tahu aroma madu dengan cara menghirupnya. Jika menghasilkan aroma seperti bunga atau rerumputan maka bisa dipastikan bahwa madu itu asli. Tetapi jika tidak terdapat aroma mewangi seperti bunga atau rumput dan justru tercium aroma gula atau manis maka ada kemungkinan madunya palsu.

Tidak Berbuih Ketika Dipanaskan

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk memastikan keaslian madu adalah dengan memanaskannya. Setelah dipanaskan maka madu yang asli tidak berbuih atau tidak terdapat gelembung pada madu. Tetapi jika madu yang dipanaskan adalah yang palsu maka akan menghasilkan buih dan gelembung dalam jumlah banyak.

Beberapa cara di atas bisa diterapkan kamu ketika ingin membeli madu yang asli. Dengan madu asli maka bisa memberikan manfaat pada tubuh kamu mulai dari meningkatkan imunitas karena ada kandungan bernama fitonutrien yang mampu memperkuat sel-sel imunitas dalam tubuh. Selanjutnya madu juga bisa menangkal radikal bebas karena madu termasuk antioksidan alami.

Baca Juga: 5 Manfaat Madu Untuk Wajah

Madu juga bisa meredakan batuk, mempercepat proses penyembuhan luka, pencernaan menjadi lebih sehat, dan mampu menjaga jantung tetap sehat. Makanya penting sekali untuk mengkonsumsi madu asli setiap harinya. Agar tidak salah beli maka ada baiknya membeli madu di aplikasi Astro yang menjamin semua produk madu asli dan juga berkualitas. Bukan hanya madu, masih ada banyak produk kesehatan tersedia di aplikasi Astro yang bisa dibeli sekarang juga. Yuk, download aplikasi Astro di Play Store & App Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie