5 Manfaat Madu Untuk Wajah

Bukan hanya bisa dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi berbagai beberapa jenis makanan, madu pun banyak dipakai menjadi masker untuk merawat wajah. Manfaatnya bersumber dari kandungan berbagai vitamin, seperti vitamin E dan vitamin C serta ada pula kandungan antioksidan flavonoid pada madu. 

Secara alami, madu berasal dari kegiatan enzim, bakteri dan materi tanaman bersatu dan membuat bahan dengan segudang kegunaan praktis. Proses ini yang akhirnya menghasilkan madu itulah yang menjadikannya dapat memberikan berbagai manfaat yang sangat luar biasa untuk wajah. 

Madu mentah yang tidak melewati proses pasteurisasi memiliki potensi memberikan manfaat sangat besar jika diaplikasikan dengan cara topikal di atas kulit. Di bawah ini ketahui berbagai manfaat madu untuk wajah. 

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Berbagai Khasiat Madu bagi Wajah 

Berikut ini merupakan sejumlah manfaat masker madu bagi wajah yang dapat kamu peroleh: 

1. Menghindari rusaknya kulit karena radikal bebas 

Madu diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa menghindari rusaknya kulit yang diakibatkan dari paparan radikal bebas. Sehingga hal tersebut yang menjadi salah satu alasan madu bagus dipakai menjadi masker wajah. 

2. Menghindari terjadinya penuaan dini 

Masker madu pun bisa dipakai menjadi bahan alami untuk mengeksfoliasi wajah atau mengangkat semua sel kulit mati dan membantu membuat sel kulit baru yang jauh lebih sehat daripada sebelumnya. Dengan begitu, kamu juga bisa terhindar dari timbulnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus. 

3. Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah 

Bukan hanya bisa mencegah tanda-tanda terjadinya penuaan dini saja, masker madu pun dianggap bisa memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Untuk manfaat yang satu ini asalnya karena madu memiliki kandungan vitamin E dan dapat jauh lebih efektif bila digabungkan dengan lemon. 

4. Menghilangkan jerawat 

Madu juga memiliki kandungan senyawa aktif dengan sifat antibakteri dan anti radang. Kedua kandungan tersebut yang menjadikan madu bisa dipakai menjadi bahan alami guna mengusir jerawat yang ada di wajahmu. 

5. Menurunkan risiko terjadinya kanker kulit 

Terdapat sejumlah penelitian yang mengungkapkan jika madu pun memiliki sifat antikanker. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya pun bisa mencegah tumbuhnya sel yang bisa mengakibatkan kanker kulit. 

6. Melembabkan wajah 

Madu memiliki kandungan gula alami di dalamnya dan dapat meningkatkan kadar air serta mencegah kulitmu menjadi kering, bahkan sesudah dibersihkan. Kamu bisa mengoleskan madu mentah ke seluruh bagian muka untuk dijadikan masker sehingga dapat membantu menghidrasi atau melembabkan kulit, wajahmu pun akan menjadi bercahaya dan lebih lembut. 

Manfaat Masker Madu Lainnya 

Tidak hanya bagus guna merawat wajah saja, ternyata masker madu pun mempunyai sejumlah manfaat lainnya bagi tubuh, seperti: 

1. Membuat rambut lebih halus 

Masker madu mempunyai kandungan yang diyakini bisa menghaluskan rambut. Kamu hanya harus mengoleskannya secara merata para rambutmu sesudah keramas dan biarkan sekitar 30 menit. Sesudah itu, bilas sampai bersih. 

Jangan sampai ada yang tersisa sebab dapat menyebabkan rambut mu lengket dan berbagai hal yang tidak diinginkan lainnya. 

2. Melembabkan bibir 

Madu pun bisa dipakai guna melembutkan dan melembabkan bibir. Bahkan, banyak juga berbagai produk untuk melembabkan bibir yang sengaja dibuat dari madu. Kamu hanya cukup mengoleskan madu pada bibir sebanyak 2-3 kali dalam sehari atau sesuai keperluanmu. 

3. Memudarkan bekas luka 

Masker madu cukup terbukti efektif guna memudarkan bekas luka yang ada di kulit. Selain itu, masker madu pun digadang-gadang bisa mendukung proses sembuhnya luka bakar, seperti luka karena terpapar cahaya matahari yang berlebihan.

Tentunya manfaat yang satu ini akan sangat berguna untuk kamu yang ingin menghilangkan bekas luka bakar karena sengatan sinar matahari dengan lebih cepat dan cara yang mudah dilakukan. Sebab hanya perlu mengoleskannya saja pada area yang terluka. 

Baca Juga: Manfaat Madu Hitam Untuk Tubuh dan Cara Konsumsi yang Tepat 

Tips Memakai Masker Madu di Wajah

Cara memakai masker madu pada wajahmu bisa dikatakan sangat mudah. Kamu dapat mencampurkannya dengan masker susu atau menjadi bahan tunggal. Untuk pemakaian masker madu ini, kamu dapat mengolahnya dengan cara: 

  • Terlebih dahulu membasuh wajah mu guna membuka seluruh pori-pori pada kulit 
  • Oleskan madu pada area wajah dan biarkan sekitar 20-30 menit 
  • Bersihkan lagi menggunakan air hangat dan basuh memakai air dingin supaya pori-pori wajah mu kembali tertutup 

Supaya khasiat masker madu untuk wajah ini bisa kamu dapatkan dengan maksimal, maka kamu dianjurkan menggunakan madu asli, seperti madu hitam yang tidak memiliki tambahan bahan kimia maupun pengawet. 

Walaupun mempunyai berbagai manfaat, pemakaian masker madu ini pun perlu kamu lakukan secara hati-hati sebab pemakaiannya untuk beberapa orang bisa mengakibatkan reaksi alergi. 

Oleh sebab itu, sebelum kamu memakai masker madu, kamu disarankan terlebih dahulu mengoleskan sedikit madu pada kulit di bagian belakang telinga guna mengetahui ada maupun tidaknya reaksi alergi karena madu. 

Jika kamu mengalami reaksi alergi sesudah memakai masker madu ini, seperti sesak napas, bengkak pada bibir, kulit kemerahan, dan gatal, maka langsung hentikan penggunaan masker madu dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter guna memperoleh penanganan yang lebih tepat.  

Baca Juga: Manfaat Es Batu Untuk Wajah yang Harus Diketahui

Kamu bisa dapatkan berbagai bahan kebutuhan untuk membuat masker madu ini lewat aplikasi Astro. Dengan melakukan pemesanan di aplikasi Astro, kamu tidak perlu keluar rumah, hanya pesan dari aplikasi Astro saja, maka pesananmu akan datang tepat waktu dalam hitungan menit saja. Yuk, belanja di Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu