Cara Menyimpan Sayur Agar Awet dan Segar Selama Seminggu

Cara Menyimpan Sayur Agar Awet dan Segar Selama Seminggu 

Sayuran adalah bahan makanan yang bagus dikonsumsi guna menjaga kesehatan. Untuk itu, kamu harus tahu cara menyimpan sayur agar awet sehingga kandungan vitamin dan gizi di dalamnya masih ada. Karena jika dua kandungan tersebut sudah hilang, maka kamu akan sia-sia saat mengkonsumsi sayur. 

Setiap sayuran memiliki cara penyimpanannya sendiri, kamu tidak bisa mencampur sayur saat ingin menyimpannya. Hal tersebut bisa menyebabkan sayur layu, menguning, bahkan membusuk. Nah, kamu tidak ingin sayur yang sudah kamu beli menjadi busuk, bukan? Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara menyimpan sayur yang baik seperti berikut ini. 

Baca Juga: Tidak Takut Busuk, Ini Cara Menyimpan Sayur Tanpa Kulkas

Ikuti Cara Berikut untuk Simpan Sayur Lebih Lama 

Supaya sayuran yang kamu simpan di kulkas bisa bertahan lebih lama, maka kamu wajib memperhatikan beberapa tips berikut ini yang dapat kamu coba di rumah. 

1. Beli sayur yang berkualitas 

Cara pertama yang dapat kamu perhatikan yaitu kamu harus membeli sayur dengan kualitas yang bagus jika ingin disimpan dalam lemari pendingin. Pastikan sayur yang akan disimpan pada kulkas ini masih dalam kondisi segar sebelum kamu menyimpannya. 

Sehingga hal tersebut bisa membuat umur sayur lebih lama. Beli lah sayur berkualitas agar tidak mudah layu dan membusuk meskipun sudah disimpan di dalam kulkas selama berhari-hari. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Sayuran kamu di ASTRO!

Cara Menyimpan Sayur Agar Awet di Kulkas Tetap Fresh dan Tidak Layu

2. Cek suhu kulkas 

Hal berikutnya yang bisa menjadikan sayur lebih tahan lama saat kamu simpan yaitu kamu perlu mengatur suhu kulkas dengan benar. Suhu ini bisa membuat kebersihan sayuran yang ingin disimpan sebab dapat menghindari tumbuhnya bakteri jika disimpan di suhu yang benar. 

Suhu yang benar untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas yaitu 1 sampai 4 derajat celcius. Jika kamu mengatur suhu lebih dari itu bisa menyebabkan timbulnya bakteri sampar aroma dan rasa makanan bisa berubah. Sementara jika suhunya sangat rendah pun dapat menjadikan sayur tidak segar dan membeku. 

3. Jaga kelembaban kulkas 

Cara yang satu ini harus kamu ketahui yakni kamu perlu menjaga kelembaban kulkas. Pastikan kulkas memiliki kelembaban yang cukup tinggi, sehingga bisa menjaga kualitas dari sayuran yang akan kamu simpan. Cara menjaga kelembaban kulkas ini sangat mudah yakni kamu jangan terlalu sering membuka kulkas dan bersihkan kulkas secara rutin. 

Membersihkan kulkas secara berkala tidak hanya membuat kulkas bersih saja, tetapi bakteri dan kuman pun bisa mati. Sehingga bakteri tidak membuat sayur menjadi layu. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur di Kulkas Biar Awet dan Tidak Busuk

4. Jangan mencuci sayur 

Mencuci sayur sebelum menyimpannya di dalam kulkas memang bagus sebab membuat sayur lebih bersih. Namun, hal ini lebih baik dihindari jika kamu ingin memasukkannya ke dalam kulkas. kamu dapat mencuci sayuran saat sebelum mengolahnya saja. 

Sedangkan jika di simpan di dalam kulkas, hindari untuk mencucinya terlebih dahulu sebab bisa membuatnya lebih lembab. Hal ini juga bisa membuat sayuran lebih mudah layu dan membusuk. Sayuran yang boleh kamu cuci sebelum di simpan dalam kulkas adalah asparagus dan daun bawang. Tetapi pastikan saat menyimpannya dalam keadaan kering, ya! 

5. Bungkus sayur dengan kertas 

Cara berikutnya untuk menyimpan sayuran agar awet dan tahan lama adalah dengan membungkusnya menggunakan kertas. Jika kamu membeli sayuran seperti brokoli, kembang kol atau sawi, maka saat sebelum di simpan di dalam kulkas, kamu dapat membungkusnya dengan kertas atau koran. 

Perlu kamu ketahui jika kertas bisa menyerap air yang ada pada sayur, sehingga bisa membuat sayur selalu kering dan tidak mudah busuk. Kamu pun bisa menyimpan sayur lebih lama di kulkas. 

6. Buang batang sayur 

Cara mudah lainnya supaya sayuran lebih awet yaitu dengan membuang batang sayuran. Untuk sayuran yang memiliki batang, pastikan kamu memotongnya terlebih dahulu. Dedaunan perlu mengeluarkan uap saat kamu simpan di kulkas, sehingga kehadiran batang sayur bisa menghambat keluarnya uap, akibatnya sayuran cepat membusuk. 

Oleh sebab itu, pastikan saat ingin menyimpan sayuran ke dalam kulkas, maka kamu perlu memotong semua batang sayur terlebih dahulu supaya usia penyimpanannya lebih lama dan sayur pun tidak cepat busuk. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur Agar Awet di Kulkas Tetap Fresh dan Tidak Layu

7. Selalu bersihkan kulkas

Cara terakhir untuk membuat sayur tetap awet dan tahan lama jika disimpan dalam lemari pendingin yaitu dengan menjaga kebersihan kulkas. Jika  kamu mendapati bahan sayur yang busuk atau layu, hal ini pun bisa menjadikan sayuran yang lainnya bisa terpengaruh.

Begitu pula dengan makanan yang sudah basi tentunya berbau tidak enak. Sehingga pastikan kamu selalu mengecek kondisi kulkas dan mengeluarkan makanan dan sayuran yang telah basi. Hal tersebut dapat menjaga kesegaran dan kualitas sayuran yang kamu simpan menjadi lebih lama. 

Seperti cara menyimpan sayur agar awet di atas, pastikan kamu memilih sayuran yang berkualitas sebab bisa mempengaruhi umur simpannya dalam kulkas. Untuk mendapatkan sayuran yang berkualitas, maka kamu dapat membelinya di Astro yang menyediakan jasa belanja kebutuhan sehari-hari secara online. 

Tentu saja Astro memiliki sayuran yang segar dengan kualitas terbaik, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk berbelanja sayur atau kebutuhan sehari-hari lainnya di Astro. Apabila kamu berminat, maka jangan lupa download aplikasi Astro dan dapatkan keuntungan lainnya!

Arie Wahyu
Arie Wahyu