Ini Dia Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimasukkan Kulkas

Ini Dia Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimasukkan Kulkas

Beberapa jenis buah akan tampak lebih segar bila dimasukkan ke dalam lemari pendingin atau kulkas. Tetapi, ternyata ada sebagian jenis buah yang tidak boleh dimasukkan kulkas. Hal ini karena bila buah-buahan tersebut dimasukkan ke dalam kulkas justru membuat buah mudah busuk. 

Bahkan, sampai menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut. Sehingga, memang lebih baik bila buah yang kamu beli langsung dimakan dalam waktu dekat. Tidak hanya itu, kamu pun jangan lupa untuk mengkonsumsi buah setiap hari supaya kekebalan tubuh semakin terjaga. 

Nah, dibawah ini ada beberapa jenis buah yang tidak boleh kamu masukan dalam kulkas. 

Baca Juga: Ketahui Cara Menyimpan Buah Tanpa Kulkas Biar Tetap Fresh

Jenis Buah yang Tidak Bisa Dimasukkan Kulkas

Ada sebagian jenis buah yang saat dimasukan ke dalam kulkas dinilai bisa menurunkan sampai menghilangkan kandungan nutrisi dan kesegaran pada buah tersebut. Dikutip dari akun Instagram resmi milik Kementerian Pertanian, di bawah ini ada daftar buah yang sebenarnya tidak boleh disimpan di dalam kulkas. 

1. Tomat 

Buah pertama yang tidak bisa disimpan dalam kulkas adalah tomat. Tomat sangat tidak disarankan untuk dimasukan ke dalam kulkas sebab bisa merusak kesegaran nya dan menjadi mudah busuk jika disimpan dengan cara tidak benar seperti disimpan saat kondisinya masih basah. 

Sebab ada salah satu riset dari University of Florida yang melibatkan 25.000 lebih tomat dan dibagi ke dalam dua jenis guna mendapatkan perbedaan tomat yang tidak disimpan di kulkas dan yang disimpan ke dalam kulkas serta tomat yang diletakkan pada suhu ruang. 

Hasilnya adalah mendinginkan buah tomat ini bisa berpengaruh pada berkurangnya kegiatan gen khususnya yang menghasilkan enzim yang menjadikan tomat memiliki rasa manis dan beraroma segar. 

2. Jeruk 

Jeruk menjadi buah selanjutnya yang tidak bisa kamu masukan dalam kulkas. Ada beberapa jenis jeruk yang tidak diperkenankan dimasukan ke dalam kulkas seperti jeruk limau, nipis dan lemon sebab jeruk ini nantinya akan mengering sehingga kandungan dalam airnya berkurang. 

3. Pisang 

Pisang yang dimasukan ke dalam kulkas bisa menyebabkan perubahan pada warna kulit dan membuat pisang cepat matang. Pisang yang terlalu matang nantinya akan mudah busuk dan teksturnya menjadi lembek. Jika sudah seperti ini, maka sangat tidak disarankan kamu untuk mengkonsumsinya. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan buah-buahan segar untuk diet sehat kamu di ASTRO!

4. Pepaya 

Berikutnya pepaya pun menjadi salah satu buah yang tidak bisa disimpan dalam suhu yang dingin seperti kulkas. Apabila pepaya disimpan dalam kulkas, maka rasa dan teksturnya akan berubah. Oleh sebab itu, ada baiknya simpan pepaya di suhu ruang saja agar bisa tahan lebih lama dan tidak merubah rasanya. 

5. Melon 

Apabila melon ini kamu taruh di dalam kulkas, maka besar kemungkinan bisa menghilang senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah melon. Lalu, sebagian kandungan vitaminnya juga bisa menurun bila melon ini kamu simpan dalam kulkas tanpa mengupas dan memotongnya terlebih dahulu. 

Baca Juga: Ikuti Cara Menyimpan Buah Agar Awet dan Tetap Segar

6. Alpukat Mentah 

Alpukat mentah merupakan buah yang tidak bisa kamu simpan dalam kulkas. Kamu harus menyimpan alpukat mentah ini pada suhu ruang kurang lebih selama 4 sampai 7 hari. Selain itu, mendinginkan alpukat mentah juga akan menjadikannya lebih mudah benyek atau busuk. 

Sesudah matang, barulah kamu bisa menyimpan alpukat ini dalam kulkas. Dampak pendinginan alpukat ini bisa memberikan waktu tambahan selama 1 hari sebelum alpukat membusuk. 

7. Buah kering 

Buah-buahan kering juga termasuk jenis buah yang tidak boleh kamu simpan di dalam kulkas. Buah kering sangat bagus disimpan pada tempat yang kering seperti wadah kedap udara. Apabila disimpan dengan benar, buah kering bisa bertahan sampai 6 bulan lamanya. 

8. Apel 

Apel yang baru saja dipetik ada baiknya kamu letakkan terlebih dahulu di meja dapur daripada menyimpannya ke dalam kulkas. Apabila belum dimakan sesudah satu sampai dua minggu, barulah kamu bisa menyimpannya ke dalam kulkas supaya tahan lebih lama. 

9. Berry 

Buah berry segar yang baru saja kamu panen akan sangat lezat bila disimpan pada suhu ruang. Ada baiknya, kamu langsung memakan buah berry sesudah dipanen atau dibeli. Jika ingin menyimpannya dalam jangka panjang, maka simpan dengan benar di dalam kulkas, pastikan kondisinya kering dan tidak basah agar buah berry tidak mudah busuk. 

10. Semangka 

Simpanlah semangka utuh dalam suhu ruangan demi menjaga rasanya tidak berubah. Dengan menyimpan semangka dalam suhu ruang dapat menjaga antioksidan yang ada didalamnya. Namun, jika semangka tersebut sudah terlanjur kamu potong, maka simpan dalam lemari es selama 3-4 hari saja. 

11. Peach 

Buah selanjutnya yang tidak bisa kamu simpan dalam kulkas yaitu peach. Buah yang satu ini memiliki kulit cukup tipis membuatnya mudah lembek bila kamu simpan di dalam kulkas. Lalu, tampilannya juga tidak menarik lagi untuk kamu makan. 

Buah persik mempunyai kandungan serat dan air yang sangat digemari oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Menyimpannya di dalam lemari pendingin bisa mempengaruhi rasa persik. 

Pada umumnya, buah persik yang belum matang dan dikonsumsi dalam kondisi dingin akan kehilangan ciri khas rasanya yaitu kering layaknya tepung coklat. Untuk itu, ada baiknya simpan buah persik dalam kulkas sesudah buah tersebut benar-benar matang, ya! 

Demikianlah, beberapa jenis buah yang tidak boleh dimasukkan kulkas. Semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuan kamu yang akhirnya tidak lagi menyimpan buah-buahan tersebut ke dalam kulkas. 

Pastikan juga untuk selalu membeli buah-buahan dalam kondisi segar, seperti yang tersedia di Astro. Astro bisa kamu andalkan untuk pemesanan buah-buahan segar yang tanpa ribet dan cepat sampai dalam hitungan menit saja. Download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang!

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur Agar Awet dan Segar Selama Seminggu

Arie Wahyu
Arie Wahyu