Salah Satu Resep Cilok Bumbu Kacang Favorit Banyak Orang

Salah Satu Resep Cilok Bumbu Kacang Favorit Banyak Orang

Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga suka jajan berbagai jenis jajanan yang ada di pinggir jalan. Salah satunya adalah cilok bumbu kacang yang sejak dulu sampai sekarang masih disukai banyak orang. Jajanan yang berbentuk kecil bulat yang kenyal dilengkapi dengan bumbu kacang memang bisa ditemukan dengan mudah di mana saja. Tetapi jika tertarik membuat cilok sendiri di rumah untuk dimakan keluarga terutama anak-anak maka di bawah ini akan dibahas salah satu resep cilok bumbu kacang favorit banyak orang dijamin membuat ketagihan.

Bahan-bahan untuk Cilok:

Baca Juga: Resep Cireng Bumbu Rujak, Camilan yang Bikin Kamu Ketagihan!

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan di bawah. Jika ada bahan yang tidak ada di dapurmu, jangan lupa kamu bisa pesan semua kebutuhan masak di aplikasi Astro!

Bahan untuk Bumbu Kacang:

Cara membuat Cilok:

Baca Juga: Berbagai Resep Pisang Goreng Crispy dan Legit Sejak Gigitan Pertama

  1. Campurkan tepung tapioka, seledri, merica, kaldu ayam, bawang putih, dan terigu. Aduk rata.
  2. Tuangkan air hangat perlahan sambil diaduk hingga merata.
  3. Ambil adonan sebanyak 1/2 sendok makan, bulatkan.
  4. Rebus hingga matang, tiriskan.

Cara membuat Bumbu Kacang:

  1. Goreng kacang, bawang putih, dan cabai sampai matang, haluskan.
  2. Masak air hingga mendidih, tambahkan bumbu halus. Aduk merata.
  3. Tambahkan gula merah, kecap manis, garam, dan air perasan jeruk nipis. Aduk rata.

Tips Membuat Cilok yang Lezat:

  1. Pilih Bahan Berkualitas: Pastikan menggunakan tepung tapioka dan terigu berkualitas baik yang bisa ditemukan di Astro.
  2. Tambahkan Seledri: Tambahkan seledri untuk aroma yang segar pada cilok.
  3. Bentuk Cilok Dengan Ukuran Sama: Agar cilok tetap kenyal, bentuk adonan dengan telaten dan merata.
  4. Jangan Lupa Tiriskan: Setelah merebus cilok, pastikan untuk meniriskannya agar tidak terlalu berair.
  5. Eksplorasi Varian Bumbu: Berani bereksperimen dengan bumbu kacang, tambahkan bahan lain sesuai selera.

Setelah selesai memasak, maka selanjutnya adalah waktu yang tepat untuk mencobanya bersama keluarga di rumah. Jajanan yang terbuat dari kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang mede tentunya menawarkan manfaat untuk tubuh kamu. Kacang tanah mampu meningkatkan kesehatan jantung sesuai dengan Jurnal Nutrition yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi 46 gram kacang tanah secara rutin maka bisa membuat jantung tetap sehat untuk penderita diabetes.

Sama seperti kacang tanah, kacang mede juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mulai dari bisa menjaga berat badan kamu karena terdapat protein dan juga serat sehingga membuat kenyang menjadi lebih lama. Makanya banyak orang diet mengkonsumsi kacang mede agar merasa kenyang sehingga berat badan menjadi terjaga. Kacang mede juga bisa mencegah terjadinya batu empedu disebabkan karena memiliki kandungan lemak baik dan serat sehingga mampu menurunkan kolesterol jahat yang menjadi penyebab batu empedu.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan kacang-kacangan di rumah seperti kacang tanah atau kacang mede maka sekarang bisa pesan dengan mudah di aplikasi Astro.

Baca Juga:Kue Akar Kelapa, Alternatif Camilan Lezat di Hari Raya Lebaran!

Jangan khawatir kalau kamu belum punya semua bahan di rumah. Sekarang, belanja kebutuhan masak seperti iga sapi, sayuran, dan rempah-rempah jadi lebih mudah dengan Astro! Aplikasi belanja online ini buka 24 jam nonstop, jadi kamu bisa pesan semua yang kamu butuhkan kapan saja. Langsung download Astro di App Store atau Play Store dan nikmati kemudahan belanja online! Dengan Astro, makan siang keluarga jadi lebih praktis dan menyenangkan.

Hakim Habibie
Hakim Habibie