Resep Ayam Kodok Yang Gurih, HIdangan Unik Untuk Momen Berkesan!

Kalau sebentar lagi ada acara keluarga atau event penting yang mengharuskan kamu untuk memasak hidangan yang istimewa, kamu bisa jadikan ayam kodok sebagai hidangan yang akan kamu buat. Ayam kodok atau sering juga disebut menu kodok adalah hidangan yang terkenal di Indonesia. Hidangan ini sebenarnya menggunakan ayam kalkun di luar negeri, namun di Indonesia kita menggunakan ayam biasa.

Lalu, mengapa disebut ayam kodok? Jangan khawatir, sebenarnya hanya nama saja dan tidak ada kaitannya dengan kodok. Nama ini dipilih karena hasil akhirnya menyerupai kodok besar karena diisi dengan campuran daging sapi giling, roti, dan telur rebus.

Rahasia pembuatan ayam kodok terletak pada pemilihan ayam. Pemilihan ayam utuh dengan kulit mulus sangat penting dalam proses pembuatan menu ini.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Serundeng ala Rumahan yang Nggak Kalah Enak dari Restoran

Resep dan Cara Pembuatan Ayam Kodok

Berikut resep untuk membuat ayam kodok:

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Ayam Kodok kamu di ASTRO!

Resep-Ayam-Kodok

Cara membuatnya:

  1. Aduk semua bahan isi menjadi satu hingga rata kecuali telur rebus.
  2. Setelah kulit ayam dilepas, isi dalamnya dengan adonan daging dan tambahan telur rebus. Isi terus hingga ayam menjadi padat dan bentuknya seperti sekor ayam utuh kembali.
  3. Setelah selesai, tusuk-tusuk ayam, lalu kukus hingga matang selama lebih kurang 1 jam.
  4. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Baca Juga: Ini Resep Opor Ayam yang Pasti Lezat

Memasak Rollade dari Sisa Bahan Ayam

Selain ayam kodok, kamu juga bisa membuat rollade dari sisa bahan isi ayam yang dapat kamu sajikan sebagai side dish. Caranya adalah dengan membentangkan kertas roti, isi tengahnya dengan telur puyuh dan sayuran, lalu gulung dan kencangkan. Kemudian kukus selama 1 jam dan goreng rollade hingga kecoklatan.

Untuk membuat sausnya, tumis bawang bombay dan bawang putih dalam minyak. Tambahkan tepung terigu, lalu kaldu ayam, kecap asin, kecap inggris, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, gula pasir, kecap manis, saus tiram, merica hitam, dan saus tomat. Aduk rata hingga saus mengental.

Sekarang kamu bisa mencoba membuat ayam kodok dan rolade di rumah. Cocok untuk hidangan spesial atau sebagai hampers untuk keluarga atau kerabat di momen – momen penting. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kumpulan Resep Dada Ayam Untuk Diet yang Tidak Membosankan

Nah, untuk kamu yang kebingungan dalam membeli bahan – bahan resep diatas, kamu bisa dengan mudah mengatasinya dengan menggunakan aplikasi Astro, kamu tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko atau pasar tradisional. Kamu bisa membeli segala kebutuhan harianmu dengan mudah melalui aplikasi ini. 

Tidak perlu khawatir dengan keamanan transaksi, karena Astro menjamin keamanan data dan transaksi pelanggannya. Selain itu, pilihan produk yang tersedia sangat lengkap dan berkualitas, sehingga kamu bisa membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo download aplikasi Astro sekarang dan nikmati kemudahan dan kecepatan dalam berbelanja kebutuhan harianmu. Rasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan aman melalui aplikasi Astro.

Arie Wahyu
Arie Wahyu