Ini Resep Opor Ayam yang Pasti Lezat

Opor ayam identik dengan makanan khas lebaran atau hari raya Idul Fitri. Namun, tidak jarang juga orang yang masak opor ayam di hari yang bukan spesial. Apalagi opor ayam dipadukan dengan rempah dan juga santan yang semakin terasa lezat.

Kamu perlu ingat bahwa, opor ayam sendiri merupakan makanan yang memiliki kandungan minyak dari santan. Kamu juga tidak perlu khawatir, asalkan kamu mengkonsumsinya pada porsi yang wajar tidak akan jadi masalah.

Asalkan kamu juga menggunakan bumbu dan bahan yang berkualitas baik, serta cara memasaknya yang benar. Apalagi masak opor ayam menggunakan ayam kampung dan dengan bumbu dan rempah yang sudah meresap dengan baik sangatlah menarik hati rasanya ingin makan dan menghabiskannya sendiri.

Jika pada hari selain hari raya Idul Fitri, maka kamu juga bisa memasak opor ayam dengan resep opor ayam yang satu ini dengan mudah diikuti. Rasa yang gurih pada opor ayam ini sangatlah nikmat, bahkan tetap ada kandungan nutrisi di dalamnya yang memang tubuh kamu butuhkan.

Adapun jenis ayam yang bisa kamu pilih untuk jadi bahan utama masak opor ayam. Kamu bisa menentukan dari segi kebutuhan gizi dan nutrisi yang memang diperlukan tubuh kamu, misalnya ayam kampung.

Apalagi memang ayam kampung sendiri punya kandungan fosfor, vitamin A dan b1, kalsium, dan juga ada zat besi. Tidak hanya itu saja, adapun cita rasa khas opor ayam yang sangat menggugah selera.

Jika ingin memiliki hasil rasa yang lezat maka kamu bisa memiliki daging dari ayam kampung yang akan lebih gurih daripada dengan ayam broiler. 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Wajib Ketika Hari Raya Idul Fitri

Bahan Opor Ayam

Berikut ini bahan yang harus kamu siapkan dalam membuat opor ayam dengan mudah dan hasil yang pasti lezat. Simak yuk ada apa saja!

  1. Siapkan santan cair sebanyak 500 ml
  2. kemudian siapkan ayam kampung sekitar ½ ekor saja 
  3. selanjutnya kamu siapkan daun jeruk sekitar 3 lembar
  4. Siapkan lengkuas 2 cm
  5. selanjutnya serai, jangan lupa memarkan 1 batang
  6. Siapkan juga wortel sebanyak 2 iris saja
  7. dan juga jangan lupa siapkan santan kental sebanyak 400 ml

Bumbu Halus untuk Opor Ayam

Berikut ini adalah bumbu halus yang harus kamu siapkan dalam membuat opor ayam dari resep yang satu ini. Agar lebih jelas, bisa langsung saja perhatikan ada apa saja bumbu halus yang harus kamu siapkan agar rasa opor yang lezat, simak yuk!

  1. Siapkan bawang merah sebanyak 6 butir
  2. Siapkan juga bawang putih sekitar 3 siung
  3. 4 butir kemiri
  4. Kunyit yang sudah dibakar ½ cm
  5. Merica putih butiran sekitar ¼ sdt
  6. 1 sendok ketumbar
  7. Siapkan juga jintan sebanyak ⅛ sdt
  8. Kaldu ayam bubuk siapkan sekitar 1 sdt
  9. Siapkan gula merah, kemudian potong sisir hingga 1 sendok teh saja

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Opor Ayam kamu di ASTRO!

resep opor ayam

Cara Memasak Opor Ayam

Jika semua bahan dan bumbu sudah disiapkan, maka langkah terakhir adalah dengan memasak opor ayam. Intip yuk!

  1. Pertama, tumis semua bumbu-bumbu halus yang sudah disiapkan sebelumnya. Tumis sampai ada rasa harum dan juga sampai matang
  2. Tuangkan santan yang sudah cair, hingga mendidih dan aduk terus menerus
  3. Selanjutnya, masukkan ayam, masukkan daun jeruk, dan juga masukkan daun salam, lengkuas dan juga serai. Jika sudah masukkan semua aduk hingga rata
  4. Jangan lupa untuk masak dengan kondisi api yang kecil saja sampai ayamnya jadi matang
  5. Selanjutnya masukkan wortel 
  6. Setelah itu, tuang santan yang kental jika kuah sudah mulai menunjukkan menyusut 
  7. Aduklah hingga merata dan tunggu sedikit matang dan campur
  8. Matikan kompor dan kemudian angkat. Opor ayam sudah siap disajikan

Baca Juga: Resep Rendang Daging Sapi Untuk Lebaran, Gurih dan Nikmat!

Jika menyajikan opor ayam bisa sesuai selera, bisa tambahkan sambal atau ketupat. Jika pada momen lebaran Hari Raya Idul Fitri maka bisa menyajikannya dengan ketupat, kerupuk dan juga sambal agar semakin lengkap, sehingga bisa disajikan sesuai dengan selera.

Demikian untuk resep opor ayam yang pasti lezat dan dijamin mudah diikuti resepnya bagi kamu yang belum pernah memasak opor ayam sebelumnya. Jika menentukan ayam yang mana, maka kamu bisa pilih jenis ayam kampung untuk dijadikan sebagai opor ayam, karena ayam kampung punya kandungan kalsium, zat besi, fosfor, dan juga vitamin A, dan B1. Untuk memasak opor ayam dengan mudah dan anti ribet, kamu bisa belanja bahan-bahan memasak opor ayam di aplikasi Astro! Cukup pesan lewat aplikasi Astro, dan bahan-bahan memasak akan diantar dalam hitungan menit saja! Yuk, belanja sekarang!

Referensi:

Menu Lezat Lebaran, Pilih Rendang atau Opor Ayam?

Wajib Dicoba, Begini Panduan Makan Sehat Saat Lebaran

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu