Ini Daftar Menu 4 Bintang MPASI 6 Bulan

Ini Daftar Menu 4 Bintang MPASI 6 Bulan

Pada umumnya, bayi yang sudah menginjak usia kurang lebih 6 bulan akan mulai dikenalkan MPASI atau makanan pendamping ASI oleh sang ibu. Alasannya karena, nutrisi yang ada pada ASI kurang mampu memenuhi kebutuhan energi serta nutrisi yang dibutuhkan bayi saat sudah mulai menginjak usia 6 bulan tersebut.

Demi kebaikan tumbuh dan kembangnya sang buah hati, MPASI harus terdapat kandungan yang baik agar kebutuhan nutrisi serta energi bayi bisa tercukupi. Karena, kebutuhan-kebutuhan tersebut belum tentu ada dalam ASI untuk bayi usia 6 bulan.

Baca Juga: Resep Mpasi Untuk Bayi yang Susah Makan, Bunda Harus Tahu

Seputar MPASI 4 Bintang

Jika kamu masih bingung, MPASI 4 bintang merupakan menu MPASI. Menu-menu tersebut harus memiliki 4 kandungan penting supaya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

4 kandungan tersebut adalah protein hewani, karbohidrat, protein nabati, serta ada sayur. Keempat unsur tersebut wajib dipenuhi dalam menu MPASI, karena sangat bagus untuk tumbuh dan kembang sang bayi.

Akan sangat baik jika kamu menambahkan nutrisi sebagai pelengkap MPASI. Bisa berupa makanan pendamping yang ada kandungan makronutrien atau karbohidrat serta lemak yang dapat bermanfaat untuk sumber energinya.

Selanjutnya kamu juga harus memberikan makanan pelengkap yang mengandung protein hewani, protein nabati dan mikronutrien. Berupa kalsium, zinc, vitamin C, zat besi, folat dan juga vitamin A. 

Menu MPASI 4 Bintang yang Bisa Jadi Pilihan

Berikut ini adalah menu-menu MPASI 4 bintang yang dapat jadi pilihan untuk memenuhi nutrisi buah hati yang sudah mulai diperkenalkan MPASI. Tentu saja demi tumbuh dan kembang bayi agar tetap sehat dan kuat maka kamu tidak bisa memberikan yang sembarangan. Berikut daftar menunya :

1. Makanan sumber karbohidrat :
2. Makanan sumber protein hewani :
3. Makanan sumber protein nabati :
4. Makanan sumber lemak yang sehat :

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu MPASI kamu di ASTRO!

Ini Daftar Menu 4 Bintang MPASI 6 Bulan
5. Makanan sumber zat besi 
  • Hati ayam
  • Hati sapi
  • Sayur (usahakan berdaun hijau yang lebih gelap)
6. Makanan sumber zinc :
  • Kacang merah 
  • Selai dari kacang almond
7. Makanan sumber kalsium :
8. Makanan sumber vitamin C :
9. Makanan sumber vitamin A :
10. Makanan sumber folat :

Baca Juga: Ini Resep Mpasi Untuk Bayi yang Sedang Diare yang Lezat dan Mudah Dibuat

Resep MPASI 4 Bintang Untuk Bayi yang Sudah Berusia 6 Bulan

Apabila diperhatikan pada umumnya, bayi yang masih dalam usia sekitar 6 bulan sampai 8 bulan akan membutuhkan makanan yang sifatnya lunak. Contohnya dengan menyajikan kentang tumbuk, pisang, alpukat, bubur atau yang lain.

Usahakan saat proses memasaknya selalu mengukus atau merebus bahan MPASI. Selain itu, kamu harus lebih memperhatikan prosesnya, bahwa MPASI tidak boleh dicampur dengan bahan yang digoreng atau bahan sebaiknya tidak digoreng. Sebab, itu tidak baik untuk kondisi bayi, akan ada kemungkinan bayi akan batuk-batuk, bahkan bisa sampai radang pada tenggorokannya.

Jika kamu berpikir ingin menambahkan garam dan gula, sebaiknya buang jauh-jauh pikiran itu. Sebaiknya MPASI tidak memakai bahan aktif tambahan seperti garam dan gula atau yang sejenisnya.

Sebenarnya, sebelum ibu benar-benar memberikan MPASI kepada sang buah hati akan lebih mudah untuk bayi menyesuaikan terlebih dahulu dengan cara dikenalkan dengan beberapa makanan terlebih dahulu. Kamu dapat mengenalinya dari isyarat yang diberikan bayi.

Setelah itu, kamu juga harus mengetahui apakah bayi kamu memiliki suatu alergi terhadap makanan tertentu atau tidak. Apabila bayi sudah mulai mengenal beberapa jenis makanan yang selama ini sudah berusaha kamu kenalkan, kamu bisa mulai coba membuat MPASI.

Berikut ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat resep MPASI yang dapat kamu ikuti di rumah :

  1. Sediakan 3 sampai sendok makan air. Kamu juga bisa menggunakan 3 atau 4 sendok makan ASI;
  2. Setengah buah pisang, kemudian kamu potong-potong menjadi beberapa bagian;
  3. Sediakan satu buah apel yang sudah kamu kupas. Usahakan pada bagian bijinya sudah dibersihkan dan dibuang. Selanjutnya potong jadi seperti kotak dadu;
  4. Selanjutnya, sediakan setengah buah pir yang sudah dikupas, dan bijinya sudah tidak ada lalu potong-potong jadi beberapa bagian.

Cara proses membuatnya :

  1. Pertama, kukus apel dan juga buah pir yang sudah dipotong dalam kurun waktu 15 hingga 20 menit saja, usahakan sampai buah lunak;
  2. Kedua, masukkan dan juga campur apel dan pir yang sudah dikukus tersebut dalam satu blender;
  3. Tambah dan campurkan pisang dan ASI dalam wadah blender;
  4. Lakukan blender sampai teksturnya lembut;
  5. MPASI sudah siap saji.

Baca Juga: Ini Menu Mpasi Untuk Bayi Alergi Susu Sapi, Bunda Harus Tahu

Demikian daftar menu 4 bintang MPASI 6 bulan yang wajib kamu ketahui. Kamu juga bisa ikuti resepnya dengan mudah di rumah. Jika kamu membutuhkan segala keperluan bahan makanan untuk MPASI bisa segera pesan di Astro, yang siap bantu penuhi kebutuhan kamu selama 24 jam penuh. Pesanan akan diantar dalam waktu yang cepat, pesan sekarang di aplikasi Astro.

Arie Wahyu
Arie Wahyu