Rekomendasi Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk

Hingga saat ini batuk masihlah menjadi satu keluhan kesehatan yang kerap dialami oleh banyak orang. Kondisi seperti ini bukanlah penyakit tetapi gejala, kamu harus tahu jika batuk merupakan mekanisme alami dari tubuh untuk mengeluarkan dan membersihkan benda asing yang berada di saluran pernafasan.

Tidak hanya itu saja batuk juga bisa menjadi sebuah reaksi alami dari saluran pernafasan ketika mengalami iritasi, alergi dan juga infeksi. Saat kamu mengalami batuk maka harus selalu memperhatikan asupan makanan serta minuman, karena ada beberapa jenis yang malah membuat batuk menjadi lebih parah.

Baca Juga: Daftar Obat Batuk Alami yang Ampuh

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Ketika Batuk

Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat batuk. Tentunya tujuan menghindari konsumsi makanan dan minuman tersebut supaya batuk yang kamu alami segera sembuh dan tidak memicu munculnya penyakit lain.

1. Keripik

Makanan pertama yang harus kamu hindari adalah keripik. Camilan ini ada baiknya tidak dikonsumsi selama batuk karena akan membuat batuk semakin parah, hal ini dikarenakan dalam proses memasak keripik yang digoreng.

Tentu ketika menggoreng pastinya akan menggunakan minyak di mana ketika minyak terserap ke dalam keripik dan kamu mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang banyak bisa beresiko membuat tenggorokan iritasi.

2. Kafein

Kedua adalah dengan menghindari minuman-minuman yang mengandung kafein. Mengapa tanda tanya sebab kafein yang kamu konsumsi tersebut akan memicu terjadinya asam lambung. 

Di mana nantinya gas yang terdapat di dalam lambung menjadi naik ke tenggorokan dan hal ini memicu rasa gatal sehingga akan membuat batuk semakin parah sehingga tidak kunjung mereda.

3. Jeruk peras

Selanjutnya jenis makanan yang harus kamu hindari ketika batuk adalah jeruk peras, karena walaupun jeruk mempunyai kandungan vitamin c yang banyak tetapi karena rasanya yang cenderung asam ada baiknya tidak kamu konsumsi terlebih dahulu ketika sedang batuk.

Karena apabila kamu tetap mengkonsumsinya dalam keadaan batuk maka dapat memicu timbulnya refluks asam, ini akan membuat batuk kamu tidak sembuh dan malah membuat area tenggorokan jadi terluka.

Baca Juga: Jenis Makanan Untuk Pemulihan Setelah Sakit

4. Makanan olahan

Ketika sedang batuk ada baiknya kamu juga menghindari jenis makanan olahan seperti fast food atau junk food. Sebab pada makanan olahan mempunyai gizi yang tidak padat dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu lebih disarankan bagi kamu mengkonsumsi makanan-makanan yang diolah sendiri dan pastikan bila kandungan gizi dan nutrisinya lengkap.

5. Soda

Sama halnya dengan kafein ketika kamu sedang batuk Ada baiknya menghindari soda. Karena kandungan yang terdapat di dalam minuman bersoda tidaklah baik bagi tenggorokan, apalagi di saat kamu batuk karena akan membuat tenggorokan menjadi gatal.

6. Makanan yang memicu alergi

Selanjutnya adalah dengan menghindari makanan-makanan yang dapat memicu munculnya alergi. Sebagaimana yang kita tahu batuk merupakan mekanisme alami dari dalam tubuh manusia di saat sedang melawan virus.

Sehingga ketika hal ini terjadi ada baiknya kamu menghindari terlebih dahulu makanan-makanan yang mungkin saja dapat memicu alergi ketika dikonsumsi terlalu banyak contohnya seperti seafood, kacang atau pun telur.

7. Produk turunan susu

Selanjutnya ada baiknya ketika kamu sudah batuk menghindari produk-produk turunan susu, contohnya mentega, keju, es krim dan sebagainya. Hal ini dikarenakan produk turunan susu bisa meningkatkan lendir dan akhirnya membentuk dahak, tentunya ketika hal tersebut terjadi akan membuat tenggorokan menjadi radang dan batuk kamu semakin parah.

8. Alkohol

Terakhir kamu harus menghindari mengkonsumsi alkohol karena bagaimanapun alkohol dapat memperparah batuk yang sedang kamu derita. Sebab, kamu harus tahu bila terlalu sering mengkonsumsi alkohol akan membuat kamu menjadi dehidrasi.

Baca Juga: Ini Manfaat Teh Melati Untuk Kesehatan Tubuh

Pantangan Lain yang Harus Dihindari Ketika Batuk

Selain mengetahui jenis makanan dan juga minuman yang perlu kamu hindari ketika sedang batuk, tidak ada salahnya juga untuk menghindari beberapa hal berikut di bawah ini, yakni:

1. Merokok

Merokok merupakan salah satu hal yang tidak baik untuk kamu ketika sedang batuk sebab asap rokok bisa mengiritasi lapisan pada tenggorokan dan juga paru-paru. Hal inilah yang pada akhirnya membuat pemulihan lebih lambat dan beresiko terkena kanker.

2. Makan banyak ketika malam hari

Hal yang perlu kamu hindari selanjutnya adalah makan terlalu banyak di saat malam hari menjelang tidur. Hal ini dapat memicu reaksi batuk secara terus-menerus ketika kamu adalah salah seorang penderita GERD atau penyakit asam lambung.

Sebab hal tersebut bisa membuat asam lambung kamu naik ke bagian atas atau saluran pencernaan yang mana hal ini akan menjadi penyebab iritasi dan memicu batuk. Jadi jika memang kamu ingin makan ada baiknya diberikan jeda setidaknya 2 jam sebelum tidur.Nah, demikianlah tadi rangkuman bagi kamu yang ingin mengetahui makanan yang harus dihindari saat batuk. Untuk bisa mendapatkan makanan-makanan yang baik bagi kesehatan kamu dapat melakukan pembelian di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu