Daftar Obat Batuk Alami yang Ampuh

Batuk pun dapat dibarengi dengan berbagai gejala lainnya yang juga sangat mengganggu seperti hidung berair dan sakit tenggorokan. Berbagai jenis obat batuk yang dapat diperoleh di apotik dengan mudah dapat diandalkan menjadi solusi pertama. 

Tetapi, terkadang mungkin kamu lebih mengandalkan cara atau bahan alami untuk mengatasi batuk. Oleh karena itu, di bawah ini ada daftar obat batuk alami yang ampuh mengatasi penyakit batuk. Langsung saja simak ulasan lebih detailnya berikut ini. 

Berbagai Jenis Obat Batuk Alami 

Sebelum kamu mencoba obat batuk yang dapat dibeli di supermarket atau apotik, kamu dapat mencoba bahan alami guna meredakan gejala batuk karena infeksi pernapasan ringan, misalnya flu dan pilek. 

Bahkan, bahan alami ini tidak hanya bermanfaat untuk berbagai jenis batuk saja, tetapi bisa pula untuk mengatasi berbagai macam gejala pernafasan lainnya yang bisa jadi menyertai, misalnya hidung tersumbat. 

Walaupun banyak yang mengira jika bahan alami tidak mempunyai efek samping, contohnya obat batuk OTC, kamu tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter. Di bawah ini berbagai jenis obat batuk alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi batuk. 

1. Jahe 

Mengkonsumsi campuran jahe yang sudah dilarutkan ke dalam teh atau air hangat bisa membantu untuk meringankan gejala batuk. Ketika batuk tentunya tenggorokan yang sudah terinfeksi bisa mengalami iritasi dan peradangan. 

Untuk meredakannya, kamu membutuhkan bahan alami yang mempunyai kandungan anti virus, antibakteri dan antiinflamasi. Untungnya, ketiga agen untuk menyembuhkan batuk ini ada dalam jahe. 

Menurut riset yang dilakukan oleh Rossalia di Lampung, mengungkapkan jika jahe mempunyai kandungan shogaol dan gingerol yang dapat bekerja menjadi anti inflamasi sehingga bisa meredakan peradangan karena infeksi. 

Tidak hanya anti inflamasi, berdasarkan National Institute of Health, jahe mempunyai kandungan anti virus dan antibakteri. Kandungan anti virus dan antibakteri dapat meningkatkan sistem imun untuk menangkal infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan dan bisa menekan perkembangan bakteri dan virus baru. 

Jahe pun menjadi zat analgesik atau pereda nyeri yang alami sehingga bisa memberikan sensasi menghangat tubuh. Sensasi hangat yang diberikan jahe ini membantu mencairkan dahak pada saluran pernapasan sehingga cocok menjadi obat herbal guna mengobati batuk berdahak. 

Selain itu, jahe menjadi obat batuk alami yang bisa meredakan rasa sakit di dalam tenggorokan karena batuk kering. Sensasi hangat yang diberikannya juga bisa melemaskan otot yang ada di tenggorokan. 

Kamu dapat mengkonsumsi obat batuk yang mempunyai kandungan jahe, licorice, mint dan madu dengan cara dikonsumsi secara langsung. Semua ramuan herbal ini bisa membantu kamu untuk mengatasi batuk dan membuat tenggorokan lebih hangat. 

2. Madu 

Madu kerap kali dimanfaatkan menjadi obat alami untuk segala jenis penyakit, salah satunya batuk. Seperti hasil temuan riset dari Naveed at all, madu mempunyai efek demulcent, anti inflamasi dan antioksidan. 

Demulcent merupakan zat yang bisa membentuk lapisan pada selaput lendir, yang berfungsi menjadi pelindung dan penenang dari peradangan dan iritasi. 

Menurut riset lainnya dari Paul et all di Amerika, para peneliti membuat dua kelompok pasien yang berbeda, yaitu yang memakan madu dan tidak. Hasilnya adalah kelompok yang memakan madu terbukti mengalami penurunan intensitas batuk daripada yang tidak memakan madu. 

3. Mint 

Daun mint telah diketahui dari dulu menjadi agen guna memberikan sensasi segar di dalam tubuh. Karena sensasinya tersebut, mint kemudian banyak dipakai untuk sejumlah produk seperti permen, teh dan pasta gigi. 

Selain itu, ternyata daun mint berguna juga untuk membantu melegakan batuk dan gangguan saluran pernapasan atas. Menurut riset yang dilakukan oleh Morice at all di Inggris, mint didapati menjadi agen antitusif yang sangat efektif guna meringankan gejala batuk. 

Daun mint mempunyai kandungan mentol yang mempunyai sifat anti inflamasi, antioksidan dan antimikroba. Kamu bisa mencoba membuat obat alami ini dengan mencampurkan daun mint ke dalam teh. 

Menthol yang ada di dalam daun mint pun bersifat menjadi pereda nyeri atau analgesik ketika batuk. Caranya yaitu tambahkan beberapa daun mint ke air panas dan tunggu sampai hangat dan minum. 

4. Akar licorice 

Sudah lama dipakai menjadi obat herbal guna meredakan radang tenggorokan, ternyata akar licorice pun bisa dimanfaatkan menjadi obat alami untuk meredakan batuk, terutama untuk batuk akibat alergi dan batuk berdahak. 

Menurut riset dari Monica di India, licorice ini sangat efektif dimanfaatkan guna perawatan batuk sebab mempunyai kandungan ekspektoran dan demulcent. Dari efek ekspektorannya, licorice bisa membantu mencairkan dahak sehingga sangat mudah untuk dikeluarkan. 

Cara kerja dari Licorice ini yaitu membuat lapisan pelindung di membran mukosa pada saluran pernapasan guna meringankan peradangan atau iritasi karena batuk. 

5. Air garam 

Garam dapat menjadi obat batuk yang alami dan mudah kamu buat di rumah. Berkumur menggunakan air garam dapat membantu mu untuk menghindari tumbuhnya bakteri yang bisa menginfeksi tenggorokan. 

Cara alami ini pun dapat membantu mencairkan dahak yang menumpuk pada area belakang tenggorokan, sehingga batuk mu bisa lebih reda. Cara membuatnya yaitu kamu bisa memasukan ½ atau ¼ sendok teh garam pada 250 ml air hangat aduk sampai larut dan kumur-kumur. 
Demikianlah, rekomendasi obat batuk alami yang bisa kamu coba untuk mengobati segala jenis batuk yang sedang kamu alami. Jangan lupa untuk pakai takaran yang tepat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan tertentu.

Referensi:

Ragam Bahan Tradisional untuk Obat Alami Batuk Kering dan Berdahak

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *