Ini Obat Flu Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan 

Tentunya semua orang bisa terserang flu minimal sekali dalam setahun, apalagi selama musim pancaroba atau musim hujan. Flu akan sangat menyiksa karena lendir yang selalu keluar dari hidung dan hidung tersumbat. 

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang obat flu alami yang ampuh dan mudah didapatkan. Tentunya kamu semakin penasaran, bukan? Oleh karena itu, langsung saja ketahui beberapa obat flu alami yang manjur seperti berikut ini. 

Baca Juga: Daftar Obat Batuk Alami yang Ampuh

Inilah Obat Flu Alami yang Mudah Didapatkan 

Flu atau pilek adalah infeksi saluran pernapasan akibat infeksi rhinovirus. Penyakit yang satu ini biasanya bisa sembuh tanpa perlu pengobatan medis. Tetapi, bila kamu ingin lebih cepat sembuh dari flu, maka kamu dapat memakai obat-obatan alami seperti berikut ini. 

1. Jahe 

Jahe dianggap bisa membantu menyembuhkan flu dengan cara melemaskan otot yang ada di saluran pernapasan. Tidak hanya itu, jahe pun bisa melawan rasa mual karena terus membuang dahak dan ingus. 

Rempah bercita rasa pedas ini pun dapat meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan dari pilek. Cara memakai jahe guna mengobati flu ini sangat mudah. 

Caranya yaitu kamu bisa rebus beberapa jahe yang telah diparut atau digeprek, saring dan minumlah saat masih hangat. Kamu dapat menambahkan larutan gula merah, madu atau perasan lemon agar air jahe mempunyai rasa yang lebih nikmat. 

2. Madu 

Di dalam madu terdapat sifat antimikroba yang terbukti bisa membangun fungsi imun untuk menangkal peradangan karena pilek. Caranya yaitu minum 1 sendok makan madu di pagi dan malam hari.

Apabila terlalu kental atau manis, kamu bisa melarutkan madu ke air hangat seperti air perasan lemon atau teh. Tidak hanya efektif guna meredakan pilek saja, segelas air madu pun dapat membantu kamu untuk terhindar dari dehidrasi. 

Tetapi, madu tidak bisa dipakai menjadi obat flu untuk bayi yang usianya kurang dari satu tahun. Sebab, mungkin madu mempunyai kandungan spora bakteri Clostridium botulinum yang bisa mengakibatkan botulisme pada anak bayi yang mengkonsumsinya. 

3. Bawang putih 

Masyarakat Tiongkok, Yunani dan Mesir sudah sejak lama menggunakan bawang putih untuk cara menyembuhkan flu dengan cepat. 

Terdapat sebuah studi pada jurnal Clinical Nutrition mengungkapkan jika senyawa allicin dan vitamin C pada bawang putih bisa menguatkan kekebalan tubuh untuk menangkal berbagai kuman penyebab penyakit.

Bawang putih menjadi obat flu alami yang sangat ampuh bila dikonsumsi secara mentah. Tetapi, kamu juga dapat mencincang atau menumisnya bersama dengan bahan masakan yang lain. 

Mengobat bawang putih untuk menjadi menu sup ayam pun dapat kamu lakukan guna membantu menyembuhkan flu. Terlebih, daging ayam mempunyai kandungan zat carnosine yang bisa membantu meredakan gejala flu. 

4. Garam 

Ada banyak penelitian mengungkapkan jika berkumur menggunakan air garam bisa membantu menghindari gejala pilek yang semakin parah. Hal ini sebab larutan garam bisa mencairkan lendir yang ada di dinding tenggorokan dan hidung. 

Uniknya lagi, rajin berkumur dengan air garam pun bisa membantu menghindari tertularnya flu dari orang lain. Caranya yaitu kamu bisa larutkan ½ sendok garam pada air hangat dan pakai larutan tersebut untuk berkumur. 

5. Daun mint 

Obat flu alami berikutnya adalah daun mint. Ekstrak daun mint dianggap mempunyai cara kerja yang sama seperti obat flu yang ada di Apotik yang biasa dikenal dengan dekongestan. 

Daun mint dan dekongestan ini bisa membantu untuk mencairkan lendir akibat hidung mampet. Sensasi hangat yang berasal dari daun mint pun berfungsi untuk melancarkan aliran udara yang ada pada saluran pernapasan. 

Baca Juga: Jenis Makanan Untuk Pemulihan Setelah Sakit

Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Bukan hanya menggunakan bahan alami saja, kamu juga bisa mengobati flu dengan cara yang cepat lewat pengobatan rumahan seperti berikut ini.  

1. Menghirup uap 

Uap yang hangat bisa membantu kamu untuk mencairkan lendir dan melemaskan saluran pada hidung yang sedang membengkak karena flu. Dengan demikian, kamu tidak harus kesulitan hanya untuk bernapas. 

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu mengisi baskom dengan air mendidih, dan tepatkan kepalamu menunduk di atas permukaan baskom tersebut. Tutup kepala menggunakan handuk agar uap panas tidak keluar. 

2. Banyak mengkonsumsi air putih 

Bukan hanya mencegah dehidrasi saja, mengkonsumsi air putih pun bisa membantu hidung yang tersumbat menjadi lega dan melembabkan area tenggorokan. Tidak harus dengan air putih, kamu juga dapat memenuhi asupan cairan dari berbagai jenis minuman lainnya, seperti teh hangat, air jahe, dan jus buah. 

Namun, jangan mengkonsumsi minuman kemasan yang mengandung gula terlalu tinggi, minuman berkafein dan beralkohol. 

3. Menggunakan bantal tambahan 

Bukan hanya mengakibatkan hidung tersumbat, flu juga kerap kali menjadikan tenggorokan terasa nyeri dan gatal. Solusi yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menambahkan ekstra bantal pada bawah kepala mu. Dengan cara ini kamu bisa membuat lendir keluar dengan sendirinya. 

Namun, pastikan posisi tidur mu tetap nyaman. Bantal yang terlalu tinggi dan tebal dapat mengakibatkan tidur mu tidak nyenyak dan bisa sakit leher saat bangun tidur nantinya. 

Sesudah mengetahui sejumlah obat flu alami dan cara cepat menyembuhkan flu ini, diharapkan kamu bisa menerapkannya dengan benar agar cepat sembuh dari penyakit yang membuatmu tidak nyaman ini. Tidak lupa juga untuk selalu jaga kesehatan saat kamu sudah sembuh supaya tidak mengalami sakit yang sama lagi.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Untuk Orang Demam

Jika kamu membutuhkan tambahan obat-obatan untuk mengatasi flu, kamu bisa mengandalkan aplikasi Astro yang menyediakan berbagai obat-obatan untuk mengatasi flu. Dengan aplikasi Astro, kamu bisa memesan obat-obatan dalam waktu cepat, dalam hitungan menit pesanan kamu akan sampai ; sehingga dapat diandalkan saat waktu darurat. Tak hanya itu, aplikasi Astro juga melayani selama 24 jam penuh sehingga bisa dipesan kapan saja! Yuk, download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu