Rekomendasi Makanan Untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan Anak

Rekomendasi Makanan Untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan Anak

Makanan untuk menambah tinggi badan anak bukanlah sebuah mitos. Karena, berbagai penelitian sudah membuktikan kebenarannya. Para ahli pun percaya dengan hal tersebut, semua makanan ini bisa memenuhi asupan nutrisi harian anak sehingga tumbuh kembangnya akan maksimal. 

Tetapi, kamu juga harus mengetahui jika faktor genetik memiliki peran penting untuk menentukan tinggi badan seorang anak. Walaupun demikian, tidak ada salahnya untuk kamu memberikan berbagai makanan peninggi badan ke sang buah hati. Tidak hanya lezat, beberapa makanan ini bisa mendorong pertumbuhan anak dan menjaga kesehatannya. 

Penasaran dengan makanan tersebut, bukan? Tidak perlu berlama-lama lagi, mari temukan jawabannya di bawah ini. 

Baca Juga: Ikuti Cara Cepat Tinggi Dengan Cepat Untuk Anak

Jenis Makanan Penambah Tinggi Badan 

Ketika anak telah mencapai tinggi badan maksimalnya, tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meninggikan badannya lagi. Tetapi, tidak perlu cemas sebab ada berbagai jenis makanan berikut yang bisa memperkuat sendi dan tulang supaya tetap kuat sehingga tinggi badan si kecil akan terjaga sampai dewasa. 

1. Telur 

Telur merupakan makanan yang bisa membantu meninggikan badan anak yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Pada salah satu penelitian, dibuktikan jika anak-anak yang rajin mengkonsumsi makanan tinggi protein misalnya telur ini bisa mengalami peningkatkan tinggi badan, daripada dengan anak lainnya yang mendapatkan sedikit protein. 

2. Daging ayam 

Daging ayam memiliki banyak kandungan vitamin B12 yaitu nutrisi yang dibutuhkan si kecil untuk dapat tumbuh tinggi. Tidak hanya itu, daging ayam juga memiliki kandungan asam amino taurine yang mengelola pembentukan dan pertumbuhan pada tulang. 

Terlebih lagi, daging ayam juga kaya akan protein. Pada 85 gram daging ayam terdapat 20 gram protein. Oleh sebab itu, kamu bisa memberikan daging ayam sebagai lauk makan si kecil. 

3. Kacang almond 

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, kandungan nutrisi pada kacang almond ternyata sangat menyehatkan. Tetapi, siapa sangka jika kacang ini masuk dalam golongan makanan yang bisa membantu tinggi badan anak. 

Di dalam kacang almond sendiri mengandung vitamin E yang penting sekali guna tumbuh kembang anak. Pada salah satu riset, dibuktikan jika kekurangan asupan vitamin E bisa menghambat tumbuh kembang anak, yang berarti tinggi anak tidak dapat maksimal. Ditambah pula, kacang almond bisa menjaga kesehatan tulang anak.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Penambah Tinggi Badan Anak kamu di ASTRO!

Rekomendasi Makanan Untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan Anak

4. Sayuran hijau 

Apabila terdapat kompetisi sayuran yang kaya akan vitamin K, maka sudah pasti sayuran hijau seperti kale, bayam sampai kubis menjadi juaranya. Vitamin K merupakan nutrisi penting demi tumbuh kembang anak. Karena, vitamin ini bisa meningkatkan kepadatan tulang dan membantu pertumbuhan tinggi anak. 

5. Yoghurt 

Yoghurt merupakan minuman sehat yang sangat terkenal di kalangan remaja. Tetapi, tidak banyak yang tahu jika yoghurt bisa membantu pertumbuhan anak, salah satunya meningkatkan tinggi badan. 

Tidak hanya mampu menjaga kekebalan tubuh dan menghindari peradangan, sejumlah penelitian membuktikan jika probiotik yang dimiliki yoghurt bisa meningkatkan pertumbuhan anak. 

Baca Juga: Jenis Makanan tinggi Protein Untuk Anak Bagus Untuk Tumbuh Kembang

6. Ubi jalar 

Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa ubi jalar kaya akan vitamin A yang bisa membantu anak berkembang secara optimal, termasuk membuat tinggi badan bertambah. Harus kamu pahami pula, ubi jalar pun mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan anak, seperti serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan anak. 

7. Kacang kedelai 

Banyak dikonsumsi berbentuk susu kedelai, ternyata kacang kedelai ini juga bisa membantu meningkatkan tinggi badan anak. Karena, kacang kedelai memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan bisa mendukung tumbuh kembang si kecil. 

Tetapi sayangnya, para ahli belum mendapati korelasi atau hubungan antar kacang kedelai dengan membantu meningkatkan tinggi badan anak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna membuktikan keampuhan kacang kedelai menjadi makanan peninggi badan. 

8. Buah-buahan 

Ada berbagai jenis buah yang mempunyai rasa manis sampai mudah disukai anak-anak. Jadikan ini sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan buah secara rutin pada si kecil. Karena, buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan bisa membantu tumbuh kembang anak. 

Setidaknya berikan satu atau dua jenis buah pada kotak bekal anak setiap harinya. Usahakan untuk memberikan berbagai jenis buah supaya anak tidak mudah bosan. 

9. Quinoa 

Quinoa termasuk pada golongan protein lengkap. Yang berarti, makanan ini mempunyai sembilan jenis asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Ditambah pula, quinoa mempunyai kandungan magnesium yang tinggi sehingga bisa meningkatkan mineral tulang. 

10. Ikan salmon 

Salmon merupakan jenis ikan yang memiliki asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Nutrisi ini sangat bagus untuk jantung dan dapat mendukung tumbuh kembang si kecil. 

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan jika asam lemak omega-3 juga memiliki peran untuk kesehatan tulang dan meningkatkan tinggi badan anak. Tidak hanya itu, penelitian lain membuktikan, anak yang kurang asupan omega-3 bisa mengalami gangguan tidur. Hasilnya, bisa mengganggu pertumbuhan badannya. 

11. Susu 

Susu merupakan minuman yang selalu hadir dalam kehidupan anak-anak. Minuman ini mempunyai berbagai nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhan anak. Tidak hanya itu, susu pun kaya akan protein. Untuk 244 ml susu mengandung 8 gram protein di dalamnya. 

Tetapi, perlu kamu ingat yaitu jangan memberikan anakmu susu bila mereka mempunyai alergi terhadap minuman yang satu ini. Langsung lakukan konsultasi dengan dokter tentang cara mengatasinya. 

Baca Juga: Ini Resep Sayur Untuk Anak yang Susah Makan Sayur

Demikianlah, rekomendasi berbagai jenis makanan untuk menambah tinggi badan anak yang sehat. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu agar tidak bingung lagi dalam memberikan makanan peninggi badan untuk si kecil, ya!

Untuk kamu yang mau mencoba menyajikan makanan-makanan di atas untuk menambah tinggi badan anak, kamu bisa belanja online praktis dengan Astro. Astro menyediakan makanan-makanan sehat, berkualitas, dan baik untuk pertumbuhan anak. Yuk, pesan di aplikasi Astro sekarang yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Referensi

Arie Wahyu
Arie Wahyu