Ikuti Cara Cepat Tinggi Dengan Cepat Untuk Anak

Ikuti Cara Cepat Tinggi Dengan Cepat Untuk Anak

Setiap orang tua tentu saja ingin anaknya tumbuh dengan sehat dan ideal, salah satu ciri ideal mungkin adalah tubuh yang tinggi. Sayangnya tidak semua anak tumbuh dengan ideal sebagaimana harapan orang tua, karena ada beberapa hal yang mempengaruhinya.

Apakah kamu tahu bagaimana cara agar anak dapat tumbuh tinggi dengan cepat? Sebenarnya ada beberapa upaya yang dapat kamu lakukan untuk menambah tinggi badan anak dengan optimal. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu upayakan agar anak-anak bisa tumbuh tinggi dengan cepat.

Baca Juga: Cara Agar Anak Lahap Makan dan Tidak Pilih-Pilih

Cara Agar Anak Cepat Tinggi

Apakah kamu termasuk orang tua yang bingung bagaimana cara agar anak dapat tumbuh tinggi dengan cepat? Jangan sia-siakan masa pertumbuhan anak ya, sebaiknya kamu baca dengan teliti tulisan ini yang akan menjelaskan bagaimana cara agar anak dapat cepat tumbuh tinggi.

1. Ajarkan pola tidur yang baik

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak menjadi tinggi dengan cepat adalah dengan mengajarkan anak untuk terbiasa dengan pola tidur yang baik. Tidur juga ternyata berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi badan seorang anak.

Ketika anak tidur, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon penting, salah satunya HGH, hormon pertumbuhan yang mempengaruhi tinggi badan anak. Ada aturan durasi tidur bagi anak sejak ketika masih bayi sampai 17 tahun dimana masa-masa itu tinggi badan anak masih bisa diupayakan dengan baik.

Untuk bayi yang baru lahir (0-3 bulan) harus tidur 14-17 jam setiap hari, adapun untuk bayi usia 4-11 bulan harus tidur 12-15 jam setiap hari. Sedangkan balita usia 1-2 tahun harus tidur 11-14 jam, balita usia 3-5 tahun harus tidur 10-13 jam, anak usia 6-13 tahun 9-11 jam dan remaja usia 14-17 tahun harus tidur 8-10 jam.

2. Ajarkan makan makanan bergizi seimbang

Asupan ke tubuh anak merupakan hal penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan. Apakah makanan yang masuk ke tubuh anak mengandung nutrisi yang cukup? Atau justru kekurangan nutrisi. Jangan sampai asupan tubuh anak tidak bergizi atau bergizi namun tidak seimbang.

Makan bergizi seimbang merupakan faktor utama untuk pertumbuhan tinggi badan anak secara optimal. Gizi seimbang adalah susunan pangan yang dikonsumsi oleh anak setiap hari, untuk dapat gizi seimbang, anak harus mendapatkan asupan nutrisi protein, lemak, serat, vitamin dan lain-lainnya.

Agar anak mendapatkan asupan gizi yang seimbang, maka sebaiknya orang tua harus menyediakan makanan berupa kacang, daging ayam, sayuran hijau, yogurt, telur, buah-buahan hingga ikan salmon. Semua jenis makanan serupa sebagaimana contoh itu harus disediakan untuk anak.

3. Biasakan minum susu setiap hari

Cara selanjutnya untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan anak adalah kebiasaan meminum susu, anak yang terbiasa meminum susu setiap hari akan terbantu pertumbuhan tinggi badannya dengan cepat. Susu memang membantu pertumbuhan anak dengan cepat dan sehat.

Susu merupakan minuman yang mengandung banyak nutrisi untuk anak. Di dalamnya terkandung magnesium, lemak, protein, zink dan berbagai mineral yang dibutuhkan anak karena penting. Semua nutrisi yang terkandung dalam susu itu akan membantu anakmu tumbuh lebih tinggi dan cepat dengan sehat.

Namun kamu harus pastikan bahwa minuman yang diberikan ke anak adalah susu, bukan sekedar kental manis yang mengaku produknya adalah susu. Susu yang asli akan mengandung banyak nutrisi, sedangkan kental manis bila dikonsumsi setiap hari justru kurang baik untuk anak.

4. Ajarkan anak agar terbiasa berolahraga

Olahraga meruapakan kegiatan fisik yang mendorong pertumbuhan tinggi badan anak, seorang anak yang rajin berolahraga maka pada umumnya akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang lebih optimal dari anak-anak yang jarang berolahraga, karena itulah sebaiknya ajarkan anak terbiasa berolahraga.

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk anak, diantaranya adalah memperkuat otot-otot, tulang dan menambah produksi human growth hormone (HGH), hormon tersebut merupakan hormon yang mempengaruhi tanggi badan seorang anak, produksinya bertambah apabila anak rutin berolahraga.

Berapa lama anak harus berolahraga? Menurut kids health, sebaiknya balita dibiasakan bermain aktif selama 60 menit tiap harinya, sedangkan pada usia menjelang sekolah, anak-anak harus dibiasakan bermain aktif 120 menit setiap harinya, hal tersebut dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan anak.

Selain makanan seimbang, minum susu, tidur cukup dan olahraga, kamu juga bisa memberikan suplemen vitamin untuk anak agar cepat tinggi, hal tersebut bisa kamu lakukan apabila diperlukan. Mulailah belanja bahan-bahan makanan gizi seimbang, susu, dan vitamin bila diperlukan.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan Anak

Untuk memastikan ketersediaan barang-barang belanja yang kamu butuhkan itu demi pertumbuhan anak, sebaiknya kamu membeli semua itu melalui layanan belanja online agar lebih pasti, berkualitas dan tidak repot, seperti aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store. Pesan makanan sehat, vitamin, susu dan lainnya untuk mendukung tubuh tinggi anak di Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu