Cara Agar Anak Lahap Makan dan Tidak Pilih-Pilih

Cara Agar Anak Lahap Makan dan Tidak Pilih-Pilih

Tidak jarang orang tua yang bingung bagaimana mengatasi anak yang susah makan dan suka pilih-pilih makanan. Bahkan terkadang orang tua sudah khawatir dan cemas duluan. Padahal masih banyak hal penting yang harus dipikirkan solusinya bagaimana agar anak mudah makan dengan lahap.

Padahal orang tua sudah memberikan yang terbaik untuk anak, makanan yang mengandung nilai gizi terbaik dan cocok untuk tumbuh kembang sang buah hati. Namun, terkadang anak menganggapnya tidak enak dan menyebabkan anak kurang lahap memakan makanan tersebut yang sudah susah payah dimasak.

Dengan begitu, ibu akan jadi khawatir tentang bagaimana kondisi kesehatan anak. Apalagi mengingat bahwa anak-anak membutuhkan asupan nutrisi terbaik yang bisa bantu masa pertumbuhan anak dengan sempurna seperti gizi, nutrisi dan juga vitamin.

Ada cara agar anak lahap makan dan supaya tidak pilih-pilih makanan yang wajib orang tua ketahui. Jadi, sebagai orang tua, kamu tidak perlu khawatir jika anak mengalami masalah tentang pola makannya yang cenderung tidak nafsu makan.

Karena akan selalu ada solusinya yang membuat anak jadi mudah dan lahap makan.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Untuk Menambah Tinggi Badan di Masa Pertumbuhan Anak

Tips Ini Bantu Ibu Membuat Anak Lebih Lahap Makan

Jika anak dibiasakan dan dibiarkan begitu saja dengan kondisi yang tidak lahap makan, sudah sewajarnya sebagai orang tua kamu tidak perlu panik dan khawatir. Karena kamu juga harus menentukan solusinya agar anak tetap terpenuhi gizi dan nutrisi hariannya.

Jika tidak terpenuhi maka anak hanya akan kekurangan gizi dan mudah sakit. Selain itu, tumbuh kembangnya juga akan mudah terganggu. Meskipun pada masa anak-anak memang anak yang mengalami masalah tidak lahap makan adalah hal yang lumrah.

Maka dari itu, kamu ada disini untuk menyimak artikel yang satu ini. Berikut ini adalah tips mudah yang bisa membantu anak tidak pilih-pilih makanan dan lahap makan. Simak dan perhatikan dengan benar yuk!

1. Berikan Makanan Anak yang Bentuknya Menarik

Tidak heran jika anak merasa tidak nafsu makan jika makanan yang disajikan dalam bentuk yang tidak menarik. Kamu bisa coba dengan memberikan tampilan makanan yang berbeda.

Hanya bentuknya saja yang berbeda namun, gizi didalamnya tetaplah sama. Misalnya kamu bisa menyajikan nasi jadi bentuk bulat dan dihiasi dengan nori/rumput laut yang membentuk wajah atau karakter kartun favorit anak.

Selain itu, kamu juga bisa menyajikan nugget yang dalam bentuk hewan atau karakter lain yang anak suka dan menarik. Hal itu juga berlaku untuk sayuran, karena pada umumnya banyak ditemukan anak yang tidak suka makan sayur.

Maka dari itu, kamu bisa mencetak sayur dalam bentuk yang unik-unik. Namun ada tips lain, kamu juga bisa memotong sayuran dalam bentuk yang kecil, tujuannya agar anak mudah dalam mengkonsumsinya. Dengan begitu, anak akan mudah makan dan terasa sangat lahap dan tidak akan pilih-pilih makanan.

2. Mengajak Anak Menyiapkan Makanan Bersama

Kamu bisa mengajak anak memasak bersama dan menyiapkan makanan bersama anak. Selain bisa mempererat hubungan anak dengan orang tua, masak bersama anak juga bisa bantu anak lebih menghargai makanan.

Kamu bisa mulai dari mengajak anak belanja, membersihkan bahan makanan dan masak bersama. Kamu juga bisa sembari memberikan pengertian kepada anak bahwa makanan yang sedang dimasak sehat dan berikan motivasi yang mudah ditangkap anak.

3. Membiarkan Anak Pilih Menu Sendiri

Salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah membiarkan anak memilih menu makanannya sendiri. Kadang ada masa dimana anak sedang suka dengan hanya satu menu makanan saja. 

Memang kamu sebagai orang tua memiliki peran penting terhadap menu makanan untuk anak yang sudah dijamin gizi dan nutrisinya. Namun, perlu diingat bahwa poin ini bisa mengantarkan agar anak tidak mudah bosan jika dengan makanan yang hanya itu-itu saja.

Jadi tidak masalah jika sesekali kamu memberikan pilihan kepada anak untuk memilih menu makanannya sendiri. 

4. Memberikan Contoh yang Baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak akan tumbuh karena pengaruh dan contoh dari orang tuanya di rumah. Maka dari itu, kamu wajib menanamkan hal baik dalam makanan kepada anak agar anak bisa mencontoh dari apa yang kamu makan.Demikian ulasan singkat tentang cara agar anak lahap makan dan tidak pilih-pilih makanan.

Baca Juga: Cara Untuk Menstimulasi Anak Usia Dini Agar Kreatif

Jika kamu membutuhkan segala bahan masak untuk menu makanan harian anak dan nggak punya waktu banyak untuk belanja, langsung aja cek aplikasi Astro. Astro menyediakan ribuan produk untuk penuhi kebutuhan kamu. Belanja di Astro juga praktis, cukup pesan lewat aplikasi, pesanan kamu akan diantar dalam hitungan menit saja. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu