Jenis Makanan tinggi Protein Untuk Anak Bagus Untuk Tumbuh Kembang

Anak yang sedang menginjak masa tumbuh kembang harus mengkonsumsi makanan tinggi protein untuk anak supaya asupan nutrisi hariannya bisa terpenuhi dengan baik. Nutrisi yang penting untuk anak yaitu protein. Nutrisi ini memiliki peran besar untuk membentuk struktur sel dan fungsi pada tubuh anak. 

Itulah mengapa bayi dan anak-anak memerlukan asupan protein yang sangat tinggi daripada orang dewasa supaya tumbuh kembangnya bisa optimal. Ada banyak jenis makanan tinggi protein untuk anak. Tetapi, manakah jenis makanan tinggi protein terbaik untuk anak? Mari simak ulasannya di bawah ini. 

Daftar Jenis Makanan Kaya Protein untuk Anak 

Demi memenuhi kebutuhan protein anak setiap hari, kamu dapat memberikan makanan sumber protein pada menu makanan hariannya. Nah, sumber protein ini terbagi menjadi dua yakni protein nabati dan hewani. Seperti namanya hewani, tentunya berasal dari hewan, seperti telur dan daging. Sementara protein nabati berasal dari tumbuhan seperti tempe dan tahu.

Ada banyak jenis makanan kaya protein lainnya yang bagus diberikan kepada anak seperti berikut. 

1. Telur 

Telur kaya akan protein yang tidak perlu diragukan lagi. Sebanyak 35% kandungan nutrisi yang ada pada telur adalah protein. Tidak hanya itu, telur juga dikenal menjadi jenis makanan yang bergizi lengkap sebab mengandung antioksidan, lemak sehat, mineral, dan vitamin yang bagus untuk nutrisi otak dan kesehatan mata. 

Kebanyakan anak-anak juga senang mengkonsumsi telur sebab rasanya sangat lezat. Oleh sebab itu, kamu dapat menyajikan telur rebus menjadi menu sarapan yang menyehatkan untuk si Kecil. 

2. Dada ayam 

Tidak hanya telur, ayam pun terkenal menjadi jenis makanan yang kaya akan protein dan bagus untuk kesehatan ayam. Dada ayam memiliki protein yang sangat tinggi daripada bagian ayam yang lainnya. Sebab pada bagian ini lemak yang terkandung lebih sedikit.  

Dada ayam bisa kamu olah dengan mudah menjadi berbagai makanan seperti steak dada ayam, dada ayam rebus dengan parutan keju. Kreasikan dada ayam ini menjadi berbagai makanan yang lezat sehingga menggugah selera makan anakmu. 

3. Daging bebas lemak 

Bukan hanya ayam saja, ada jenis daging lainnya seperti daging kambing dan sapi yang kaya akan protein dan bagus untuk anak. Mirip dengan ayam, bagian daging tanpa lemak merupakan bagian yang mempunyai jumlah protein sangat tinggi.

Oleh karena itu, kamu dapat mengolah daging sapi menjadi semur daging atau steak daging yang lembut sehingga memudahkan anak untuk mengkonsumsi nya karena tidak keras saat kunyah. 

4. Ikan tuna 

Ikan tuna adalah makanan tinggi protein untuk anak selanjutnya yang bagus dikonsumsi oleh si Kecil. Ikan tuna sendiri mempunyai kalori dan lemak yang rendah. Sehingga hampir semua kandungan pada ikan tuna adalah protein. Tidak hanya itu, ikan tuna pun memiliki lemak omega-3 yang tinggi dan bagus untuk perkembangan otak anak. 

5. Tahu 

Bukan hanya sumber protein hewani saja, kamu juga dapat memberikan asupan protein lain untuk si Kecil yang berasal dari protein nabati, yaitu tahu. Makanan yang satu ini terbuat dari kedelai yang tinggi akan protein. Harganya juga sangat terjangkau dan bisa kamu temukan dimana saja dengan mudah. 

Biasanya tahu menjadi makanan favorit untuk anak-anak karena tekstur tahu yang sangat lembut. Kamu dapat membuatkan sup tahu yang dicampur dengan berbagai sayuran sebagai makan siang untuk anakmu. 

6. Kacang almond 

Kacang almond juga termasuk makanan tinggi protein yang bagus untuk membantu tumbuh kembang anak. Kadar protein dalam kacang almond sekitar 6 gram untuk 1 ons kacang almond. Lalu, kacang almond pun mengandung berbagai nutrisi penting yang lainnya, seperti magnesium, mangan, vitamin E dan serat. 

Kamu bisa memberikan kacang almond kepada anak-anak untuk dijadikan camilan sehat atau bisa juga membuatkan susu almond untuk anak sehingga mereka senang untuk memakannya. 

7. Hati ayam 

Hati ayam merupakan sumber protein yang paling banyak digemari orang dewasa dan anak-anak. Pada 100 gram hati ayam mengandung 24,3 gram protein. Bukan hanya cocok menjadi makanan berprotein untuk si Kecil, tetapi hati ayam pun kaya akan zat besi. 

Hati ayam bisa diolah menjadi makanan yang sangat lezat dan bisa pula dicampurkan dengan berbagai sayuran seperti wortel, buncis dan kacang panjang agar makanan menjadi lebih sehat. 

8. Kacang tanah

Sumber protein nabati yang bisa ditemukan dengan mudah berikutnya yaitu kacang tanah. Kacang ini bisa kamu buat menjadi berbagai macam olahan seperti cemilan, kue, dan bumbu masakan. Di dalam 100 gram kacang tanah sendiri terdapat 26 gram protein. 

9. Kacang merah dan hijau 

Bukan hanya kacang tanah saja yang kaya akan protein, ada kacang merah dan kacang hijau yang juga tinggi akan protein. Kacang merah dan kacang hijau ini bisa kamu olah menjadi masakan, minuman, bahkan kue. Di dalam 100 gram kacang merah dan kacang hijau, mengandung 24 gram protein yang bagus untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

10. Edamame 

Makanan tinggi protein yang terakhir adalah edamame. Pada 100 gram edamame mengandung 11 gram protein. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus atau bisa juga dicampurkan ke dalam sup sehingga menambah protein di dalam sup. 
Nah, sekarang kamu sudah mengetahui berbagai jenis makanan tinggi protein untuk anak yang bagus untuk tumbuh kembangnya. Kamu bisa dapatkan semua jenis makanan tersebut hanya di Astro!

Belanja kebutuhan harian seperti makanan di atas di Astro sekarang! Belanja di Astro praktis dan cepat sampai. Selain itu kamu bisa melakukan pesanan selama 24 jam penuh. Yuk belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store.

Referensi:

Ini Makanan Tinggi Protein yang Penting untuk Anak

Ketahui 6 Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Si Kecil

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *