7 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak

Madu merupakan cairan yang mempunyai kandungan zat gula dalam sarang lebah. Madu berasal dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah dan berlanjut pada proses fermentasi. Lebah yang menghasilkan madu berkualitas merupakan Apis dorsata yang berasal dari lebah Asia. 

Madu sendiri mempunyai rasa yang manis dan tentunya disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bukan hanya bermanfaat untuk kalangan dewasa saja, tetapi madu pun bermanfaat untuk anak-anak. Sehingga menambahkan madu pada bahan makanan untuk anak merupakan pilihan yang tepat. 

Sebelum mengetahui manfaat madu untuk kesehatan anak, kamu perlu memahami apa saja kandungan gizi yang ada di dalam madu seperti berikut ini. 

Baca Juga: Manfaat Madu Hitam Untuk Tubuh dan Cara Konsumsi yang Tepat 

Kandungan Gizi pada Madu 

Madu sangat terkenal di dunia kesehatan, sebab penggunaannya yang sedari dahulu menjadi obat tradisional. Potensi dan khasiat madu pada dunia kesehatan bisa dari nutrisi yang terkandung didalamnya. Pada 100 gram madu ada berbagai nutrisi, seperti:

  • 0,3 gram protein 
  • 79,5 gram karbohidrat 
  • 0,2 gram serat 
  • 5 mg kalsium 
  • 16 mg fosfor 
  • 0,9 mg besi 
  • 6 mg natrium 
  • 26,9 mg kalium 
  • 0,04 mg tembaga 
  • 0,2 mg zinc 
  • 0,04 vitamin B2 
  • 0,1 mg vitamin B3 
  • 4 mg vitamin C 

Tentunya jika kamu memberikan madu secara langsung atau dalam makanan anak bisa memberikan berbagai nutrisi di atas yang dapat mencukupi asupan harian anak mu. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Madu dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

Manfaat Madu bagi Kesehatan Anak 

Seperti yang sudah diulas sebelumnya jika madu mempunyai berbagai nutrisi yang bagus guna menjaga kesehatan anak. Karena madu merupakan bahan alami, mengkonsumsi madu secara rutin tidak akan menyebabkan efek samping tertentu untuk jangka waktu yang panjang. 

Tetapi, madu hanya dianjurkan untuk anak-anak yang umurnya sudah 1 tahun lebih. Karena, anak-anak yang umurnya kurang dari 1 tahun masih belum bisa mencerna dengan baik. Berikut ini manfaat dari madu yang bisa diperoleh untuk anak: 

1. Meringankan pilek dan batuk 

Sakit tenggorokan, pilek dan batuk merupakan sejumlah gejala dari peradangan dalam saluran pernapasan. Anak-anak kerap kali mengalami nya saat mereka sedang terkena ISPA atau flu. 

Berdasarkan sejumlah penelitian, madu sudah terbukti bisa meringankan pilek dan batuk pada anak dan meringankan peradangan yang terjadi dalam saluran pernapasannya. 

Untuk meredakan batuk, khasiat madu bahkan tampak mempunyai efek yang sama ampuhnya seperti obat batuk. Anak yang kamu berikan 1,5 sampai 2 sendok teh madu ketika akan tidur tampak bisa beristirahat lebih nyaman dan memiliki kualitas tidur yang bagus sesudah diberikan madu. 

2. Bagus bagi kesehatan pencernaan 

Madu memiliki kandungan prebiotik alami yang bisa meningkatkan produksi bakteri baik pada saluran pencernaan. Khasiat dari madu ini sangat penting guna menjaga kesehatan sang buah hati.

Madu juga bisa membantu menaikkan nafsu makan anak-anak. Hasil studi pada sejumlah penelitian menunjukkan jika madu bisa meringankan masalah pencernaan, seperti nyeri perut dan konstipasi pada anak. 

Baca Juga: 5 Manfaat Madu Untuk Wajah

3. Mempercepat penyembuhan luka 

Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak sangat aktif bergerak saat mereka sedang bermain, sehingga mudah terjatuh yang menyebabkan luka. Nah, ternyata madu pun bisa dipakai guna membantu proses menyembuhkan luka dan menghindari terjadinya infeksi yang terjadi pada luka tersebut. 

Cara menggunakannya pun tidak terlalu sulit, sesudah luka dibersihkan, kamu bisa mengoleskan madu di bagian kulit yang terluka. Madu bisa dioleskan sekitar 1-2 kali dalam sehari sampai luka nya sembuh. 

4. Sumber energi 

Khasiat madu untuk anak-anak selanjutnya yaitu bisa menjadi sumber energi. Seperti ulasan pada point sebelumnya yang mengatakan bahwa anak-anak sangat aktif bergerak, bermain dan berlarian, sehingga dengan mengkonsumsi madu asupan energinya bisa tercukupi. 

Seperti yang telah disebutkan juga, madu mempunyai kandungan pemanis alami yakni fruktosa. Fruktosa merupakan sumber energi yang bisa bertahan cukup lama. Sehingga mengkonsumsi madu untuk anak yang aktif merupakan pilihan terbaik. 

5. Membantu pertumbuhan dan membangun daya ingat 

Anak-anak masih akan terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, mereka memerlukan nutrisi yang cukup guna membantu pertumbuhannya. Kamu sebagai orang tua nya bisa memberikan madu secara rutin sebanyak 1-2 sendok makan supaya pertumbuhannya semakin membaik. 

Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi madu setiap harinya bisa mendorong regenerasi sel-sel pada otak dan menstimulasi pembuatan hormon-hormon yang memiliki tanggung jawab terhadap kecerdasan dan juga daya ingat anakmu. 

Seperti yang kita ketahui jika daya ingat sangat diperlukan pada proses pertumbuhan supaya anak bisa mengeksplorasi dan belajar berbagai hal yang baru yang ada di sekeliling mereka. 

6. Sumber vitamin 

Madu mengandung hampir semua komponen vitamin yang anak butuhkan setiap harinya yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Seluruh vitamin tersebut penting sekali guna mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Tidak hanya itu, madu pun mempunyai kelebihan yaitu bisa terserap oleh tubuh secara cepat, hanya membutuhkan waktu 1 jam sesudah dikonsumsi. Hal tersebut yang mendasari alasan tubuh anak bisa cepat bugar dan merasa kenyang sesudah mengkonsumsi madu daripada makanan lain. 

Baca Juga: Mengenal Rolled Oats dan Kebaikannya Untuk Tubuh

7. Membangun sistem kekebalan tubuh 

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh anak dengan rutin mengkonsumsi madu yaitu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalam madu pun bisa melawan radikal bebas yang mengakibatkan berbagai penyakit. 
Untuk memperoleh manfaat madu untuk kesehatan anak secara optimal, maka kamu harus memberikan madu berkualitas yang tidak banyak melewati proses penyaringan dan ditambahkan bahan kimia lainnya. Oleh sebab itu, kamu bisa memilih raw honey karena kandungan nutrisi nya sangat tinggi.

Mau memberikan madu bernutrisi untuk menjaga kesehatan anak? Yuk coba produk madu berkualitas terbaru dari Astro Goods yaitu Harmony Honey. Harmony Honey merupakan madu yang bersumber dari sari bunga Kaliandra, dengan cita rasa manis khas buah-buahan tropis. Harmony Honey cocok dikonsumsi langsung atau dicampur dengan minuman teh, yoghurt, dan lainnya. Yuk coba Harmony Honey sekarang! Cek aplikasi kamu dan langsung checkout produknya!

Klik banner di bawah ini untuk langsung belanja produk Harmony Honey Astro Goods di aplikasi Astro!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu