Popcorn Sebagai Camilan Sehat dalam Program Diet

Dalam program diet, seringkali kita berpikir bahwa camilan harus dihindari sepenuhnya. Namun, dengan pemilihan yang tepat, Anda masih dapat menikmati camilan yang lezat dan tetap sehat. Salah satu camilan yang dapat menjadi pilihan yang cerdas dalam program diet adalah popcorn. Melansir dari hellosehat, berikut fakta seputar popcorn dan diet sehat.

Baca Juga: Ini Dia Cemilan yang Cocok Untuk Diet Sukses

Popcorn dan Diet Sehat

1. Rendah Kalori

Popcorn memiliki keunggulan sebagai camilan rendah kalori. Dalam 1 porsi popcorn tanpa bahan tambahan, terdapat kalori berkisar 93 kkal. Dibandingkan dengan camilan lain yang tinggi lemak dan gula, popcorn dapat menjadi pilihan yang lebih ringan.

2. Tinggi Serat

Popcorn kaya akan serat, yang penting dalam diet sehat. Kandungan serat dalam 1 porsi popcorn sekitar 3,6 gram. Serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, membantu mengatur pencernaan, dan mengendalikan gula darah

3. Mengandung Vitamin

Popcorn juga merupakan camilan sehat yang mengandung vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, forsofr dan juga kalium.

4. Sumber Antioksidan

Popcorn mengandung senyawa polifenol, zat antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan berbagai penyakit.

Baca Juga: Resep Camilan Sehat dan Praktis Untuk Diet

Tips Menikmati Popcorn dalam Program Diet Anda

1. Pilih Metode Memasak yang Sehat

Hindari menggoreng popcorn dalam minyak banyak. Sebaiknya, gunakan metode memasak seperti mempopcorn dengan hot air popper atau memasaknya di atas kompor dengan sedikit minyak sehat seperti minyak zaitun.

2. Hindari Topping Berlebih

Untuk menjaga asupan kalori terkendali, hindari menambahkan topping berlebih seperti mentega, gula, atau keju. Sebagai gantinya, berikan rasa pada popcorn dengan rempah-rempah seperti bubuk cabai, bubuk paprika, atau bubuk kayu manis.

3. Porsi yang Terkendali

Meskipun popcorn sehat, tetap perhatikan porsinya. Jangan mengonsumsi popcorn secara berlebihan. Satu porsi sehat biasanya sekitar 1 hingga 2 cangkir popcorn.

4. Kombinasikan dengan Makanan Sehat Lainnya

Popcorn dapat menjadi camilan yang baik ketika dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya. Misalnya, tambahkan segenggam kacang almond atau potongan buah segar untuk meningkatkan nutrisi dan memberikan rasa yang lebih variatif.

Baca Juga: Ini Jenis Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Popcorn dapat menjadi pilihan camilan sehat yang cocok untuk program diet. Dengan kandungan  rendah kalori, tinggi serat, dan sumber antioksidan, popcorn memberikan rasa yang lezat tanpa menambahkan beban kalori yang berlebihan. Penting untuk memilih metode memasak yang sehat, menghindari topping berlebih, mengontrol porsi, dan mengombinasikan popcorn dengan makanan sehat lainnya untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Buat kamu yang mau jadikan popcorn camilan untuk diet, kamu bisa cobain nih produk popcorn terbaru dari Astro Goods! Tersedia berbagai varian seperti Popcorn Sweet & Salty 50gr Astro Goods, Popcorn Nebraska Corn Soup 50gr Astro Goods, dan Popcorn Chicago Caramel 50gr Astro Goods yang sudah tersedia di aplikasi Astro! Tunggu apa lagi? Yuk, buka aplikasi Astro kamu dan checkout produknya sekarang!

Referensi:

Makan Popcorn, Apakah Baik atau Buruk bagi Kesehatan?

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu