Ini Jenis Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Ini Jenis Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Dalam keadaan tertentu, ada saatnya kamu harus mencari makanan pengganti nasi untuk diet, untuk sumber karbohidrat yang lebih bagus dan sehat. Meskipun nasi putih berguna menjadi sumber energi dan sangat mudah dicerna, kamu perlu berhati-hati sebab mengkonsumsinya secara berlebihan bisa meningkatkan resiko kesehatan. 

Lalu, apa saja makanan pengganti nasi yang cocok untuk diet? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Jenis Buah Pengganti Nasi Untuk Diet, Sudah Pasti Sehat

Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi Putih 

Seperti yang kita tahu jika nasi putih merupakan makanan utama untuk semua orang yang ada di benua Asia, salah satunya Indonesia. Tetapi, pada The British Media Journal menyatakan jika mengkonsumsi nasi putih berlebihan bisa meningkatkan resiko terserang diabetes tipe 2, khususnya untuk orang-orang di Asia. 

Karena, nasi putih merupakan karbohidrat sederhana yang bisa meningkatkan resiko meningkatnya gula darah sesudah mengkonsumsinya. Itulah sebabnya, mencari makanan yang bisa menggantikan nasi putih yang juga menjadi karbohidrat komplek adalah pilihan yang tepat. 

Sejumlah makanan pengganti nasi putih yang dapat kamu jadikan pilihan, seperti: 

1. Nasi merah 

Nasi merah merupakan makanan yang bisa menggantikan nasi putih dan sangat banyak dikonsumsi untuk membantu proses diet. Nasi merah termasuk dalam karbohidrat kompleks yang kaya akan protein, flavonoid, antioksidan dan serat. 

Ini berguna untuk membantu mencegah peradangan pada tubuh dan menjaga tingkat radikal bebas. Selain itu, mengkonsumsi beras merah juga bisa mengurangi keadaan kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Itulah sebabnya, nasi merah banyak dijadikan makanan pokok untuk para penderita diabetes. 

2. Nasi coklat 

Tidak hanya ada nasi merah, ada juga Nasi coklat atau biasa dikenal dengan brown rice yang juga merupakan karbohidrat kompleks. Nasi coklat merupakan beras gandum utuh yang sudah dipisahkan dari kulit luarnya. Dedaknya saja memiliki kandungan luteolin, quercetin, apigenin, antioksidan dan flavonoid. 

Karbohidrat dan kalori pada beras coklat ini hampir sama seperti nasi merah. Tetapi, kandungan protein dan seratnya tiga kali lebih banyak. Itulah mengapa, nasi jenis yang satu ini bagus untuk kamu jadikan sebagai pengganti nasi putih, khususnya untuk yang sedang diet dan penderita diabetes. 

Kandungan yang ada di nasi coklat bisa membantu mengontrol kadar insulin dan gula merah, hormon yang merawat kadar gula darah. 

3. Quinoa 

Quinoa merupakan jenis biji-bijian yang kaya akan gizi dan dapat kamu jadikan sebagai pengganti nasi. Quinoa mengandung karbohidrat sebesar 70%, tanpa gluten, dan asupan protein serta serat yang bagus untuk kesehatan. 

Ada juga kandungan mineral di dalamnya yang berguna untuk mengelola kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung, sehingga sudah pasti aman untuk dikonsumsi kamu yang ingin menerapkan pola makan sehat. 

Kandungan protein dan serat yang cukup tinggi pun menjadikan quinoa bisa kamu jadikan menjadi makanan pokok saat melakukan diet. Karena, quinoa dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, jadi keinginan untuk mengkonsumsi cemilan dapat ditekan. Tidak hanya itu, bagus pula untuk kesehatan pencernaan sehingga bobot tubuhmu tetap terjaga. 

4. Oat 

Oat juga menjadi jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menggantikan nasi putih yang bagus untuk dikonsumsi saat diet. Biji-bijian seperti ini dibuat dari gandum utuh yang banyak mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin. Pada oat mentah saja tergantung 11% serat dan 66% karbohidrat. 

Tidak sama seperti nasi putih yang sangat tidak disarankan untuk penderita diabetes, oat diyakini bisa membantu turunkan tingkat gula darah dan juga kolesterol yang ada di dalam tubuh. Lewat berbagai manfaat tersebut, menjadikan oat untuk makanan pengganti nasi merupakan pilihan yang tepat. 

Baca Juga: Fakta Terkait Nasi Dingin Lebih Rendah Gula

5. Ubi 

Ubi maupun ubi jalar, dapat kamu jadikan sebagai makanan pengganti nasi saat menjalankan proses diet. Karena, tidak sama seperti karbohidrat dalam nasi putih, karbohidrat yang ada dalam ubi mengandung sangat banyak serat dengan gula yang sedikit. Ubi yang telah diolah, hanya memiliki karbohidrat sekitar 18-21 saja. 

Ubi juga banyak mengandung kalium, vitamin A dan vitamin C. Makanan ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuhmu dari berbagai ancaman penyakit yang menyerang. 

6. Jagung 

Sebagian masyarakat di Indonesia, ada yang memilih jagung untuk dijadikan makanan pokok atau pengganti nasi. Hal tersebut tidak heran karena jagung juga dapat mengenyangkan. Pada 100 gram jagung, ada sekitar 3,5 gram protein dan 24 gram karbohidrat. 

Jagung segar dan bukan jagung kemasan pun mengandung banyak bahan bermanfaat seperti antioksidan, vitamin C dan serat yang bagus untuk kesehatan mata. 

7. Kentang 

Kentang diyakini menjadi salah satu pasokan karbohidrat yang harus dihindari. Padahal, kentang juga dapat menjadi pengganti nasi. Alasannya, sebab kentang rendah akan kalori, tinggi serat dan rendah lemak dibandingkan dengan nasi putih. 

Tidak hanya itu, kentang pun menjadi sumber vitamin C dan kalium yang bagus untuk tubuh. Kulit kentang sendiri mengandung 4 gram serat yang dapat memenuhi sebanyak 15% kebutuhan serat harian kamu. 

Harus kamu ingat, cara mengolah kentang pun sangat berpengaruh besar akan kandungan nutrisinya. Sebaiknya, jangan mengkonsumsi kentang goreng dan banyak menambahkan garam. 

Kamu bisa megolahnya dengan cara memanggang atau mengukusnya dengan rempah dan minyak zaitun. Jangan mengkonsumsi kentang beku sebab mempunyai banyak kalori.

Demikianlah, rekomendasi beberapa jenis makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa mulai kamu coba mulai sekarang. Jangan lupa untuk tetap batasi jumlah konsumsinya agar diet mu tidak sia-sia, ya!

Baca Juga: 5 Makanan Alternatif Pengganti Sayur yang Enak dan Lezat

Buat kamu yang mau beli bahan makanan pengganti nasi, kamu bisa dapatkan berbagai jenis mulai dari jagung, beras merah, oat, dan lainnya di Astro. Belanja di Astro nggak perlu pakai ribet, cukup pesan lewat aplikasi Astro, pesanan kamu akan diantar dalam waktu hitungan menit. Coba belanja di Astro sekarang! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu