Ini Dia Cemilan yang Cocok Untuk Diet Sukses

Ini Dia Cemilan yang Cocok Untuk Diet Sukses

Untuk kamu yang hobi ngemil namun tetap harus menurunkan berat badan, maka tidak perlu khawatir lagi karena ada cemilan yang cocok untuk diet . Tetapi, perlu kamu pilih dengan bijak apa saja jenis snack yang boleh dikonsumsi saat diet dan membatasi porsinya. 

Tentunya cemilan untuk diet tidak boleh sembarangan. Upayakan kamu untuk memiliki jenis minuman atau makanan ringan yang bisa memuaskan rasa lapar. Lalu, coba untuk mengkonsumsi cemilan yang bisa memberikan zat gizi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Berikut ini ada beberapa jenis cemilan yang bisa kamu konsumsi saat diet yang mungkin dapat membantu menahan nafsu makan saat ingin mengurangi berat badan supaya berhasil. 

Daftar Cemilan Sehat untuk Diet 

Kamu dapat memilih beberapa makanan sehat di bawah ini untuk dijadikan cemilan selama masa diet agar proses menurunkan berat badan berhasil. 

1. Blueberry dan greek yoghurt madu 

Salah satu cemilan sehat yang dapat kamu konsumsi yaitu blueberry dan greek yogurt madu. Cemilan creamy dan manis ini memang bisa memanjakan lidah kamu. Tidak hanya lezat, perpaduan lemak sehat, serat dan protein yang ada di yoghurt ini bisa mencegah lapar. 

Kamu pun dapat menambahkan buah-buahan seperti blueberry saat mengkonsumsi yoghurt ini. Berdasarkan International journal of molecular sciences, buah jenis berry masuk dalam makanan kaya akan antioksidan yang bagus untuk tubuh. Kandungan antioksidan didalamnya bisa membantu tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit kronis, termasuk ketika menjalani diet. 

2. Sayur dan buah 

Untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat camilan, mungkin sayur dan buah dapat menjadi alternatif yang tidak membuat kamu repot. Karena, porsi sayur atau buah yang cukup banyak bisa membuat kamu tetap kenyang walaupun kandungan nya kurang dari 100 kalori. 

Berikut pilihan sayur dan buah yang kurang dari 100 kalori, diantaranya: 

  • 20 kacang polong: 28 kalori. 
  • Paprika merah sedang: 37 kalori. 
  • 20 tomat ceri: 62 kalori. 
  • Jeruk sedang: 65 kalori. 
  • 20 wortel berukuran sedang: 70 kalori. 
  • 2 buah kiwi: 84 kalori. 
  • Pisang berukuran kecil: 90 kalori. 
  • Apel berukuran sedang: 95 kalori. 

Untuk perbandingan, satu stik keju yang rendah lemak mengandung 4,5 gram lemak dan 60 kalori. Lemak dan protein memang bisa menekan nafsu makan, namun satu stik keju tidak akan memuaskan rasa lapar daripada 20 wortel. 

3. Kacang-kacangan 

Tidak hanya greek yoghurt, cemilan sehat selanjutnya yang bisa konsumsi saat diet adalah kacang-kacangan. Pada sebagian orang, mungkin kacang menjadi musuh untuk menu diet sebab mengandung lemak dan kalori yang tinggi. 

Walaupun demikian, kacang dapat menjadi pilihan yang tepat saat kamu sudah paham cara dalam mengkonsumsinya. Karena, kacang mengandung protein dan lemak sehat yang bagus, namun tidak dianjurkan menambahkan kacang-kacangan ke semua jenis makanan. 

Selain itu, lemak dan serat dalam kacang-kacangan pun membantu tubuh agar bisa merasa kenyang lebih lama. kamu dapat menambahkan kacang ke dalam yoghurt atau sereal ketika sarapan supaya bisa merasakan kenyang yang lebih lama. 

4. Dark chocolate

Mungkin sebagian orang menganggap jika coklat bisa menaikkan bobot badan, namun tidak dengan coklat yang satu ini. Karena kandungan antioksidan seperti katekin dan polifenol didalamnya membuat dark coklat dianggap bermanfaat untuk kesehatan. 

Manfaat dari dark coklat tersebut yaitu membantu menekan nafsu makan, khususnya saat sedang diet. Hal tersebut dibuktikan lewat penelitian sederhana yang ada di jurnal Nutrition and Diabetes

Dalam penelitian itu menunjukkan perbandingan 16 peserta yang memakan dark coklat dan coklat susu. Hasilnya, peserta yang mengkonsumsi dark coklat merasa lebih kenyang dan kurang lapar. 

Walaupun demikian, kamu tetap harus berhati-hati sebab mengkonsumsi dark coklat berlebihan dapat membuat berat badan bertambah drastis. Tetap batasi saat mengkonsumsinya sebagai cemilan diet. 

5. Hummus 

Hummus adalah olahan kacang arab atau biasa dikenal sebagai chickpea dengan minyak zaitun dan sedikit biji wijen. Cemilan diet ini sangat populer karena menjadi sumber protein yang bagus. Walaupun mengandung lemak, tetapi tidak masalah karena termasuk lemak tak jenuh. 

kamu dapat memanfaatkan hummus menjadi dip sauce yang dikonsumsi bersama sayuran dengan rendah kalori. Di dalam dua sendok makan hummus mempunyai sekitar 2,8 gram lemak dan 50 kalori. Kamu dapat menggunakan sesuai kebutuhan harian saat mengkonsumsi hummus ketika proses diet. 

6. Chia puding 

Para pecinta puding tidak perlu cemas, karena kamu dapat mengkonsumsinya dengan menambahkan biji chia. Biji ini masuk dalam makanan kaya serat dan dapat dimasukkan pada menu diet, baik diet keto maupun vegan. 

Biji chia merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Walaupun tidak mempunyai banyak rasa, tetapi biji chia mempunyai tingkat kekentalan yang sama dengan agar-agar saat direndam. 

Cemilan sehat ini bagus untuk orang yang sedang diet sebab hanya mengandung 200 kalori kurang. 

7. Telur rebus 

Walaupun mengandung kolesterol yang lumayan tinggi, ternyata telur rebus dapat dimanfaatkan menjadi cemilan sehat saat diet. Hal tersebut dikarenakan telur rebus memiliki B12, vitamin K2, dan tinggi akan protein. Tentunya dengan mengkonsumsi telur rebus bisa mengenyangkan kamu. 

Cara yang dikenal juga sebagai diet telur ini pun memiliki kandungan asam amino yang bagus untuk membantu mengendalikan berat tubuh. Asam amino pun berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan massa otot. 

Nah, dengan membaca ulasan di atas semoga bisa membantu kamu yang tetap ingin mengkonsumsi cemilan yang cocok untuk diet. Nah, kamu bisa mendapatkan semua cemilan sehat di atas hanya di Astro! Yuk, belanja lewat aplikasi Astro sekarang!

Referensi:

11 Camilan Sehat dan Enak untuk yang Sedang Diet

6 Rekomendasi Camilan untuk yang Sedang Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published.