7 Manfaat Kopi Untuk Wajah

Kopi bukan hanya bermanfaat sebagai penyemangat di pagi hari saja, tetapi ternyata ada manfaat kopi untuk wajah. Kafein dan asam klorogenat yang ada di dalam biji kopi bisa membantu meredakan peradangan karena masalah kulit, seperti psoriasis, jerawat dan eksim. 

Tidak hanya itu, ampas kopi pun efektif guna menangani infeksi kulit sebab sifat antimikroba dari kafein dan asam klorogenat. Kafein di dalam kopi pun bermanfaat guna meningkatkan anti inflamasi dan mikrosirkulasi darah pada kulit wajah. Untuk lebih jelasnya, mari simak manfaat kopi untuk wajah berikut ini. 

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Kumpulan Khasiat Kopi untuk Kecantikan 

Berdasarkan data kesehatan yang dirilis oleh American Chemical Society, dikatakan jika kopi tinggi akan antioksidan. Bahkan antioksidan yang terkandung dalam kopi ini lebih tinggi daripada wine atau minuman teh. 

Itulah mengapa memakai kopi menjadi masker wajah dapat meningkatkan kesehatan kulit. Lalu, apa saja manfaat dari masker kopi untuk kecantikan? Di bawah ini ulasannya! 

1. Mengurangi selulit 

Kopi bisa membantu mengurangi timbulnya selulit pada kulit. Kandungan kafein dalam kopi bekerja memperluas pembuluh darah pada bagian dalam kulit sehingga meningkatkan peredaran darah secara menyeluruh yang pada akhirnya bisa mengurangi timbulnya selulit. 

Nah, bisa lebih baik lagi jika masker kopi ini dipakai menjadi scrub, ia dapat mengangkat semua sel kulit mati dan membuat membuat kulit menjadi lebih halus. 

2. Menenangkan kulit 

Kopi pun populer dengan efek stimulasinya yang dapat memberikan manfaat jika dioleskan pada kulit wajah. Bukan hanya bisa mengangkat seluruh sel kulit mati saja, ini pun bisa membantu kulit wajah menjadi lebih tenang. 

Tentunya masker kopi ini sangat cocok kamu gunakan sesudah menjalani kegiatan sehari-hari yang melelahkan, sehingga wajah mu bisa lebih rileks. 

3. Anti penuaan 

Mengaplikasikan kopi ke kulit wajah secara langsung bisa membantu menurunkan timbulnya bintik-bintik coklat karena paparan matahari, mencegah kemerahan dan garis-garis halus di wajah. 

Cobalah untuk memakai masker kopi sesudah beraktivitas di luar rumah, kamu bisa memperoleh relaksasi dan menurunkan stres pada kulit wajah. Hasilnya, ini bisa berdampak pada berkurangnya kerutan halus di area wajah mu. 

4. Mencegah kanker kulit 

Kopi mempunyai kandungan vitamin B3 atau niasin yang cukup tinggi, ini karena pemecahan senyawa kunci yang biasa dikenal dengan trigonelin. Tetapi, trigonelin baru bisa terurai menjadi niasin sesudah biji kopi dipanggang. Niasin tersebut bisa membantu untuk menghindari risiko terkena kanker kulit non-melanoma. 

5. Mengurangi peradangan 

Efek anti inflamasi dihubungkan dengan asam klorogenat dan melanoidin pada kopi yang berfungsi untuk mengurangi hiperpigmentasi. Sel kulit bereaksi akan peradangan atau kerusakan dengan memproduksi melanin ekstra, hiperpigmentasi setelah inflamasi pun tidak bisa dihindari.

Hiperpigmentasi tersebut ditandai dengan adanya bintik dan bercak coklat atau bahkan bercak biru keabu-abuan pada kulit. Sejumlah prosedur kosmetik atau medis pun bisa mengakibatkan peradangan. 

Baca Juga: Arti Jerawat di Jidat, Mungkin Kamu Sedang Mengalami Masalah Ini

6. Perawatan untuk kulit berjerawat 

Pemakaian masker kopi dengan teratur bisa membantu melawan masalah dari bakteri berbahaya. Asam klorogenat pada kopi mempunyai sifat antibakteri dan anti inflamasi. Apabila digabungkan dengan perawatan kulit yang lainnya, ini bisa membantu guna mengurangi masalah kulit yaitu berjerawat. 

7. Menghilangkan kantung mata 

Masker kopi pun bisa membantu menghilangkan kantung mata yang sangat membandel. Ini sebab di dalam kopi terkandung kafein yang digadang-gadang bisa membantu memperluas pembuluh darah yang berperan terhadap timbulnya lingkaran hitam. 

Cara Memakai Kopi sebagai Masker Wajah 

Memang masker kopi sudah jelas menawarkan berbagai manfaat untuk wajah. Tetapi, berhati-hati bila kamu mempunyai kulit sensitif. Bubuk kopi dapat sangat keras untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. 

Saat memakai kopi untuk scrubbing, tidak perlu menggosoknya terlalu keras, sebab bisa menyebabkan iritasi kulit, perih dan kemerahan. Untuk perawatan yang praktis di rumah dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti: 

1. Mencampur Yogurt dan Kopi 

Campurkan 1 sdm yogurt dengan ¼ sdt ampas kopi bekas. Pijat lembut pada wajah dan area leher. Diamkan sekitar 5 menit dan bilas menggunakan air hangat agar sisa-sisa Kopi dan yogurt terangkat dengan maksimal. Idealnya, gunakan seminggu 2 kali saja. 

2. Campurkan gula pasir dan Kopi 

Campurkan 2 sdm bubuk kopi bekas, ½ cangkir gula pasir dan ¼ cangkir minyak almond. Oleskan masker pada wajah, bahu, lutut, siku dan lengan, lalu diamkan selama 20 menit. Bersihkan menggunakan air hangat. 

3. Campuran madu dan Kopi 

Tidak hanya yogurt dan gula pasir saja, kamu pun dapat memakai campuran madu. Ampas kopi yang kamu campur dengan madu bisa dipakai guna mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibir. 

Itulah informasi tentang manfaat kopi untuk wajah yang perlu kamu ketahui dan mulai saat ini bisa mulai rajin untuk menggunakan masker kopi agar mendapatkan semua manfaat di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Dapatkan berbagai produk kecantikan berkualitas dan produk kebutuhan harian lainnya hanya di Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dan rasakan pengalaman belanja kebutuhan harian dengan cepat sampai hanya dalam hitungan menit!

Referensi:

7 Manfaat Masker Kopi bagi Kesehatan Wajah

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu