Manfaat dan Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K

Manfaat dan Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K

Mungkin Vitamin K masih terdengar asing ditelinga kamu. Namun, jangan salah, vitamin K sangat baik untuk tubuh. Diketahui, vitamin K merupakan vitamin dengan kriteria yang larut di dalam lemak.

Makanan yang mempunyai kandungan vitamin K sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Bahkan kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K yang cukup.

Beberapa manfaat mengkonsumsi vitamin K diantaranya adalah mampu membuat tulang dan jantung tetap terjaga kesehatannya. Tugas yang dilakukan oleh vitamin K adalah mencegah adanya pendarahan saat tubuh kamu sedang dalam kondisi luka yang cukup parah.

Apabila kamu sedang kekurangan vitamin K maka tulang kamu akan mudah terserang penyakit osteoporosis serta mudah terkena penyakit jantung, mudah terkena memar dan jika sedang luka maka luka yang dialami tidak akan mudah sembuh.

Untuk jumlah asupan vitamin K setiap harinya khususnya pada usia 10 tahun sampai dengan 15 tahun atau yang masih remaja, baik itu laki-laki dan perempuan maka dianjurkan memiliki setidaknya 35 sampai dengan 55 mikrogram.

Kemudian untuk bayi dan yang masih anak-anak, dianjurkan untuk mendapatkan vitamin K harian dalam 5 sampai dengan 20 mikrogram setiap hari. Sedangkan, untuk wanita dan juga pria dewasa, maka sangat direkomendasikan dalam jumlah 55 sampai dengan 65 mikrogram. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D3 Tinggi

Manfaat dari Vitamin K

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin K, ada apa saja, yuk simak!

1. Bantu Memproses Pembekuan Darah

Tugas penting yang dilakukan oleh vitamin K adalah bantu jaga tulang supaya tetap sehat dengan memproses pembekuan pada darah. Sebagai contohnya, apabila kamu sedang terluka (luka luar) maka otomatis darah akan mengalir keluar, namun dengan adanya peran vitamin K maka darah dari luka tersebut akan membeku dan berhenti, atau darah akan kembali mengalir sebagaimana mestinya.  

Tugas vitamin K tidak berhenti sampai disitu saja. Apabila kamu sedang mengalami pendarah pada luka dalam pun, darah dari luka itu juga akan berhenti.

2. Bantu Cegah Kanker Prostat & Cegah Kanker Paru-Paru

Dengan rutin mengkonsumsi asupan makanan berupa sayur daun hijau, maka dapat membantu pencegahan penyakit kanker prostat dan bantu dalam cegah penyakit kanker paru-paru. 

3. Bantu Melancarkan Aliran Darah

Tidak hanya bantu melancarkan aliran darah saja, tetapi vitamin K juga mampu membantu dalam mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis bisa dibilang merupakan kalsium yang tertumpuk pada pembuluh darah.

Cara kerjanya, bantu agar kalsium tidak tersumbat pada aliran darah.

4. Bantu Jaga Jantung Tetap Sehat

Pada umumnya, adanya penyebab penyakit jantung adalah aliran darah yang tersumbat atau tidak pernah lancar di area jantung. Maka dari itu, vitamin K memegang peran pentingnya dengan cara membawa kalsium yang tertumpuk pada pembuluh darah. 

Makanan yang Mempunyai Kandungan Vitamin K

Perlu diperhatikan juga bahwa, dalam proses pengolahan bahan makanannya, kamu harus memastikan sudah mencuci bahan dengan bersih. Pastikan juga kamu sudah mengolah atau memasaknya sampai matang dengan benar.

Sebab, kuman akan membandel dan jika sampai tidak sengaja dikonsumsi, maka tubuh kamu akan mudah terkena suatu infeksi.

Berikut ini adalah contoh makanan apa saja yang mempunyai kandungan vitamin K. Ada apa saja, simak bersama yuk!

Baca Juga: Baik Untuk Tulang, Ini Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

1. Sayur Daun Hijau

Sayur mayur dengan serba hijau yang diketahui mempunyai kandungan vitamin K adalah sayur bayam. Diketahui bahwa dalam setiap satu cangkir bayam saja, ada kandungan vitamin K sebanyak 145 mikrogram. 

Sayuran daun hijau dengan kandungan vitamin K bisa kamu jumpai juga pada kubis, sayur kol, buncis, lobak yang hijau dan pada kale.

2. Buah

Buah memiliki karakter segar, lezat dan banyak gizi dan nutrisinya, termasuk vitamin K. Pada takaran 1 buah delima saja, kamu bisa mendapatkan vitamin K sebanyak 20 mikrogram. Cara mengkonsumsinya juga mudah, bisa dibuatkan jus, es buah atau bisa langsung saja dikonsumsi.

Namun, tidak hanya pada buah delima saja, kamu bisa menemukannya di buah kiwi, prem, tomat, anggur dan pada blueberry serta alpukat.

3. Kacang-Kacangan

Apabila mengkonsumsi kacang mete dalam 30 gram saja, itu artinya kamu sudah bisa mempunyai 10 mikrogram vitamin K dalam tubuh. Bisa juga dikatakan bahwa kamu sudah berhasil memenuhi setidaknya 20% kebutuhan vitamin K dalam porsi harian.

Kacang mete memiliki pun sangat kaya juga akan kalsium, magnesium, folat, serat dan juga protein. Maka dari itu, kacang mete sangatlah baik bagi menunjang kesehatan tubuh.

Kalau kamu kesulitan untuk mendapatkannya, maka tidak usah khawatir, sebab bisa kamu temukan juga pada kacang merah, kedelai, kacang hijau, serta kacang polong. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Tinggi Vitamin K kamu di ASTRO!

Manfaat dan Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K

4. Minyak Nabati

Pada umumnya, minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan tersebut dinilai memiliki kandungan yang lebih sehat. Sebab, kandungan kolesterol yang ada pada minyak nabati tidak banyak, apalagi jika dibandingkan dengan minyak yang lain.

Kandungan vitamin K dalam minyak nabati adalah kanola. Bahkan dalam 1 minyak kanola yang akan dimasak tersebut, artinya terkandung 10 mikrogram vitamin K yang bisa kamu peroleh.

Contoh produknya adalah minyak zaitun dan minyak kedelai.  

Selanjutnya, bisa juga kamu temukan yang bersumber hewani, yaitu pada :

Maka, bisa dikatakan bahwa makanan dengan sumber vitamin K cukup mudah ditemukan di pasar. Artinya, tidak ada lagi alasan untuk menolak hidup sehat.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan sehat dan masih segar demi memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin K kamu, seperti daging, ikan, sayur mayur serta buah-buahan, bisa langsung belanja di Astro. Astro merupakan layanan belanja online yang akan selalu siap melayani pemesanan selama 24 jam. Supaya lebih mudah, langsung aja download aplikasi Astro di Google Play Store dan App Store. Astro siap antar pesanan dalam waktu singkat sampai tujuan!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu