7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Bawang merah merupakan jenis bawang yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Khasiat yang diperoleh dari bawang merah ini asalnya dari beragam kandungan yang ada di dalamnya. Tidak hanya terdapat segudang manfaat bawang untuk kesehatan saja, ternyata ada banyak nutrisi yang terkandung dalam bawang merah. 

Sebelum kita membahas berbagai manfaat bawang merah untuk kesehatan, lebih baik ketahui lebih dahulu kandungan nutrisi di dalam bawang merah yang lengkap dan sangat menyehatkan seperti berikut ini. 

Baca Juga: Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Untuk Kebugaran

Nutrisi dalam Bawang Merah 

Manfaat yang diberikan bawang merah pastinya tidak akan terlepas dari berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Di bawah ini merupakan nutrisi yang ada di bawang merah: 

  • Zinc 
  • Kalium 
  • Magnesium 
  • Folat 
  • Kalsium 
  • Zat besi 
  • Serat 
  • Protein 
  • Karbohidrat 

Selain itu, bawang merah pun mempunyai kandungan sulfur organik dan berbagai jenis antioksidan, seperti saponin, quercetin, polifenol dan flavonoid. 

Khasiat Bawang Merah bagi Kesehatan 

Bukan hanya menjadi bumbu masakan saja, bawang merah pun sudah lama dikenal menjadi obat tradisional khas Indonesia yang diyakini bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti susah tidur, batuk, pilek, sampai sembelit. 

Nah, di bawah ini ada sejumlah manfaat dari bawang merah yang bagus untuk kesehatan, diantaranya: 

1. Merawat kesehatan jantung 

Studi menunjukkan jika kandungan nutrisi yang ada pada bawang merah bisa mencegah terjadinya gumpalan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada pembuluh darah. 

Selain itu, bawang merah pun mempunyai kandungan allicin atau salah satu kandungan sulfur organik yang bisa memperluas pembuluh darah. Gabungan manfaat tersebut membuat bawang merah bagus dikonsumsi guna melancarkan peredaran darah dalam tubuh, menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan merawat kesehatan jantung. 

2. Melawan dampak radikal bebas 

Bawang merah adalah salah satu jenis tumbuhan yang tinggi akan antioksidan nya. Kandungan tersebut bisa melindungi berbagai sel tubuh dari dampak paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya yaitu kanker. 

Bukan hanya itu, sejumlah penelitian pun menunjukkan jika kandungan antioksidan pada bawang merah berpotensi dalam menghambat berkembangnya penyakit degeneratif, seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Bawang Merah dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Merawat fungsi ginjal 

Manfaat dari bawang merah yang bisa kamu peroleh selanjutnya yaitu merawat fungsi ginjal. Salah satu penelitian menunjukkan jika dengan mengkonsumsi bawang merah ini kamu dapat mengurangi tingkat asam urat dan kreatinin yang ada di dalam tubuh, sehingga kesehatan organ ginjal juga selalu terjaga. 

Walaupun begitu, hingga saat ini penelitian tersebut masih dalam uji coba pada laboratorium. Oleh sebab itu, efektivitas dari bawang merah guna merawat fungsi ginjal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

4. Meringankan reaksi alergi 

Ketika seseorang sedang terkena alergi, maka tubuh terus melepaskan zat histamin yang mendorong timbulnya berbagai jenis gejala alergi, seperti mata mudah berair dan rasa gatal di hidung dan kulit. 

Diketahui bawang merah mempunyai kandungan antioksidan quercetin yang bisa bekerja seperti antihistamin, sehingga bisa meredakan gejala reaksi alergi. Tetapi, efektivitas dan kemampuan dari bawang merah guna meringankan reaksi alergi ini masih membutuhkan penelitian lebih dalam. 

5. Meringankan nyeri sendi dan sakit tenggorokan

Bawang merah mentah ketika kamu konsumsi ternyata memiliki khasiat dapat meringankan rasa nyeri pada sendi. Hal ini sebab bawang merah memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa menghilangkan radang pada sendi. 

Selain itu, mungkin hal yang satu ini cukup menjijikan, namun berkumur memakai jus bawang bisa membantu meringankan rasa sakit pada tenggorokan karena sakit tenggorokan. Khasiat bawang merah ini disebabkan adanya vitamin dan antioksidan yang didapati pada bawang merah. 

Baca Juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi yang Harus Bunda Tahu

6. Mengontrol diabetes dan kolesterol 

Apabila kamu pengidap diabetes, kamu perlu mengkonsumsi bawang merah mentah sebab memiliki manfaat bisa membantu memperbanyak produksi insulin. Di Asia dan Eropa, bawang merah dan putih mentah kerap kali direkomendasikan untuk para pengidap diabetes. 

Bukan hanya itu, ternyata dengan mengkonsumsi bawang merah mentah pun berkhasiat guna mengontrol dan mengurangi kadar kolesterol yang sedang meninggi. Sebab, ada kandungan pada bawang merah yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. 

7. Mencegah tumbuhnya sel kanker 

Bawang merah kaya akan senyawa belerang yang dapat melindungi tubuh dari bisu dan juga menghambat tumbuhnya sel-sel kanker. Tidak hanya itu, bawang merah pun memiliki khasiat akan gejala kanker yang lainnya. 

Tidak hanya beberapa manfaat yang ada di atas saja, ternyata bawang merah pun bisa meredakan batuk dan flu, menghindari terjadinya konstipasi, melancarkan pencernaan, dan menjaga bobot tubuh agar tetap ideal. 

Demi mendapatkan manfaat dari bawang merah ini secara maksimal, maka kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara memasaknya menjadi berbagai macam makanan atau bisa ditambahkan ke dalam salad atau sup. 

Jangan mengolahnya dengan menggoreng bawang merah, sebab cara yang satu ini bisa menghempaskan nutrisi yang terkandung di dalam bawang merah yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 

Tidak hanya itu, kamu pun harus melengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan cara memakan makanan sehat yang lainnya, seperti buah, sayur dan juga makanan kaya akan protein.   

Baca Juga: Mengungkap 14 Khasiat Luar Biasa Bawang Bombay untuk Kesehatan Tubuhmu

Demikianlah, sejumlah manfaat bawang merah untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin dan mengolahnya dengan benar. Untuk dapatkan bawang merah berkualitas dan segar, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Astro

Astro menyediakan berbagai produk untuk kebutuhan sehari-hari yang kamu perlukan. Langsung saja unduh aplikasi Astro di App Store atau Play Store sekarang juga.

Arie Wahyu
Arie Wahyu