Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi yang Harus Bunda Tahu 

Dikenal menjadi bumbu yang wajib ada di seluruh masakan khas Indonesia, ternyata bawang merah menyimpan khasiat lainnya. Apakah kamu tahu jika ada manfaat bawang merah untuk bayi? Ya, bukan hanya menjadi bumbu dapur saja, kerap kali bawang merah pun digunakan menjadi obat alami guna mengobati sejumlah penyakit yang sedang dirasakan si kecil. 

Lalu, apa saja khasiat dari bawang merah untuk bayi? Langsung saja ketahui jawabannya tentang manfaat bawang merah menjadi obat alami untuk sang buah hati di bawah ini. 

Khasiat Bawang Merah bagi Bayi

Kamu bisa memanfaatkan beberapa khasiat dari bawang merah berikut ini untuk mengobati sejumlah penyakit yang sedang diderita anak mu. 

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

1. Menurunkan demam 

Demam menjadi sebuah keadaan yang kerap kali dialami oleh bayi. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu pikiranmu sebagai orang tua. Tetapi, sebelum kamu memutuskan untuk datang langsung ke dokter, maka tidak ada salahnya bila mencoba memberikan sang buah hati obat untuk menurunkan panas yang alami. 

Kamu bisa memakai obat herbal yang dapat dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan beberapa bahan dapur, salah satu nya adalah bawang merah. Ramuan bawang merah yang menjadi obat herbal ini sudah dipakai sedari dahulu dan telah diturunkan sampai generasi saat ini. 

Pastinya hal ini pun telah terbukti, bila bawang merah mempunyai kandungan floroglusin, kuersetin, kaempferol, metilaliin, sikloaliin dan minyak atsiri yang sangat efektif guna turunkan suhu tubuh. Tidak hanya itu, flavonoid yang ada di dalam bawang merah pun bisa berguna menjadi anti bakteri, anti radang dan menurunkan panas. 

Cara membuatnya pun bisa dikatakan sangat sederhana, kamu bisa mengambil 3 siung bawang merah dan pisahkan dari kulitnya, lalu cuci sampai bersih. Lalu, tumbuk secara kasar, jangan terlalu halus agar tekstur dari bawang merahnya tetap ada. 

Sesudah itu, campurkan dengan beberapa tetes minyak telon, minyak kayu putih atau minyak kelapa secukupnya saja. Lalu, kamu bisa mengolesi racikan ini ke area tubuh anak, khususnya area telapak kaki, lengan, lipatan paha, perut, dada, punggung, dan ubun-ubun.  

Cara yang satu ini bisa kamu lakukan saat si kecil sedang tertidur sehingga ia tidak terganggu dengan bau menyengat dari bawang merah. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Bawang Merah dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

2. Menyembuhkan perut kembung 

Keadaan perut kembung juga sangat biasa dialami oleh bayi. Hal ini pastinya menjadikan si kecil akan sulit tidur dan rewel. Permasalahan perut kembung ini nyatanya dapat pula disembuhkan dengan bawang merah.  

Tips membuat bawang merah guna dipakai menjadi obat perut kembung pun sama seperti saat membuat racikan untuk menurunkan panas, kamu hanya perlu mencampurkan bawang merah yang telah dihaluskan dengan minyak telon, dan olesi pada perut bayi secara merata. 

Sesudah dioleskan racikan bawang merah ini, maka bayi akan merasakan hangat pada tubuhnya. Mengoleskan racikan bawang merah pada perut bayi pun bisa mendatangkan efek rileks dan perut si kecil yang kembung pun bisa disembuhkan. 

3. Sebagai antivirus dan antibakteri 

Khasiat bawang merah berikutnya yaitu bisa menyerap virus dan bakteri. Sebab, bawang merah mempunyai kandungan antiseptik dan alliin. Kedua kandungan tersebut diubah oleh enzim allinase menjadi allicin, ammonia, dan asam piruvat menjadi antimikroba yang sifatnya bakterisida. 

Selain itu, bawang merah pun dapat menjadi antivirus. Demi memperoleh manfaatnya, cara yang dapat kamu lakukan yaitu taruh bawang merah yang sudah dipotong atau diiris di pojok ruangan sehingga bisa menyerap berbagai virus flu yang ada di area ruangan tersebut. 

Biasanya, pada potongan bawang merah akan berubah menjadi warna hitam pada pagi harinya sebab permukaan bawang sudah menyerap virus dan bakteri. Kamu dapat menaruh irisan bawang di sudut kamar tidur, meja makan, ruang kerja, dan ruangan lainnya. 

Arima atsiri yang terkandung di dalam bawang merah bisa menyebar ke seluruh area ruangan sehingga bisa mencega sang buah hati dan anggota keluarga lainnya terkena virus influenza. 

4. Melancarkan aliran darah 

Berikutnya, manfaat dari bawang merah untuk sang buah hati adalah bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Kamu bisa menempelkan bawang merah di bagian kaki dan tempelkan perban atau pakaikan kaos kaki. Cara yang satu ini dapat dilakukan sekitar 4 jam maupun ketika sedang tidur. 

Hal ini bermanfaat sebab asam fosfat pada bawang akan menyerap lewat transdermal yang ada di telapak kaki dan mengalir ke pembuluh. Asam fosfat yang ada pada bawang merah ini bisa memurnikan dan juga menyerap racun pada darah sehingga peredaran darah pun menjadi sangat lancar. 

Baca Juga: Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Untuk Kebugaran

5. Meredakan batuk dan flu 

Ternyata bawang merah juga sudah terbukti bisa menyembuhkan banyak penyakit, seperti batuk dan flu. Kandungan quercetin dan sulfur pada bawang merah sangat bermanfaat guna menetralisir racun yang masuk ke tubuh si kecil 

Selain itu, sulfur yang terkandung di dalam bawang merah pun bisa mengatasi masalah pada saluran pernapasan yang bisa mencairkan dan melegakan dahak bayi yang terkena flu dan juga batuk. 

Demikianlah, beberapa manfaat bawang merah untuk bayi yang harus kamu ketahui dan bisa kamu terapkan ketika anak terserang beberapa penyakit tertentu. Saat menggunakan cara tradisional yang satu ini pastikan kamu harus memakai takaran yang pas agar tidak membahayakan si kecil. Tetapi, ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar diberikan saran yang tepat. 

Baca Juga: Mengungkap 14 Khasiat Luar Biasa Bawang Bombay untuk Kesehatan Tubuhmu

Dapatkan bawang merah segar berkualitas dan kebutuhan harian lainnya hanya di Astro. Nikmati pengalaman belanja online dengan pengantaran cepat hanya dalam hitungan menit saja! Untuk itu, download aplikasi Astro di smartphonemu sekarang! Aplikasi Astro tersedia di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu