Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Untuk Kebugaran

Tentunya semua orang tahu jika bawang merah merupakan bumbu dasar untuk semua olahan masakan. Rasa dan aromanya yang khas menambah makananmu terasa lebih lezat. Tetapi, mungkin hanya segelintir orang yang tahu jika bawang merah memiliki manfaat yang sangat luas guna kesehatan tubuh. 

Sebenarnya masyarakat telah lama menggunakan bawang merah untuk kebugaran tubuh. Contohnya, bawang merah selalu dipakai menjadi obat demam untuk anak. Ada banyak manfaat makan bawang merah mentah untuk kesehatan tubuh. 

Sebuah studi Phytotherapy Research sudah membuktikan jika bawang merah merupakan sumber antioksidan. Tidak hanya itu, masih terdapat berbagai manfaat dari bawang merah bagi kesehatan, seperti berikut ini. 

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit yang Tidak Banyak Tahu

Segudang Khasiat Mengkonsumsi Bawang Merah Mentah 

Jika kamu mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin, maka kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat di bawah ini. 

1. Mencegah kanker 

Kanker muncul karena terbentuknya berbagai sel abnormal dengan jumlah yang tidak bisa dikendalikan. Walaupun pakar kesehatan tidak paham tentang penyebab pastinya, tetapi mereka berpendapat jika paparan dari radikal bebas adalah salah satu faktornya. 

Radikal bebas merupakan molekul yang ada di asap rokok atau polusi, dapat mengakibatkan stres oksidatif yang mempercepat kerusakan sel. Terpapar radikal bebas untuk jangka waktu yang lama bisa merusak sel dan menjadikan sel abnormal. 

Yang akhirnya, hal tersebut mengakibatkan sel tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali, lalu akhirnya membentuk tumor. Melakukan tindakan pencegahan bisa kamu lakukan dengan rajin mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan, salah satunya yaitu bawang merah. 

2. Mengatasi peradangan 

Ketika zat asing, bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh mu akan menjadikan antibodi guna menangkal zat yang berbahaya tersebut. Tetapi, proses yang satu ini menghasilkan zat yang dapat menyebabkan peradangan. 

Nah, saat peradangan ini terjadi untuk jangka waktu yang panjang, ada tinggi resikonya untuk kamu terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung, bahkan kanker. 

Supaya peradangan tidak semakin parah, kamu dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki sifat anti radang, salah satunya adalah bawang merah. Sampai sekarang, penelitian masih terus dilakukan tentang khasiat bawang merah yang satu ini.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Bawang Merah dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Mendukung kesehatan otot dan saraf 

Bawang merah tinggi akan kalium, yang guna nya sangat penting untuk tubuhmu. Kalium pada bawang merah mempunyai manfaat mendukung saraf dan otot supaya dapat bekerja dengan normal. 

Otot dan saraf yang sehat pastinya akan mendukungmu untuk menjalani berbagai kegiatan setiap harinya. Jika tingkat kalium rendah, kamu bisa jadi mengalami gangguan pada otot dan saraf. 

Gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi yaitu tubuh lemas dan otot lemah. Oleh sebab itu, khasiat kandungan kalium di dalam bawang merah dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan otot dan saraf. 

4. Meningkatkan sistem imun 

Flu atau pilek adalah penyakit yang sangat sering terjadi sebab mudah sekali menular. Kamu membutuhkan makanan yang sehat supaya tidak mudah sakit, sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. 

Kamu dapat membangun sistem imun ini dengan cara makan makanan tinggi vitamin C, misalnya bawang merah. Berdasarkan studi dalam jurnal Nutrients,, vitamin C bisa memicu sel darah putih untuk mengalir ke lokasi infeksi, mematikan mikroba yang ada di dalam tubuh dan membangun kembali antioksidan. 

Selain itu, vitamin C dalam bawang merah pun bermanfaat guna meningkatkan kekebalan tubuh akan respon, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan akibat patogen atau biasa dikenal dengan bibit penyakit. 

Baca Juga: Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Untuk Kebugaran

5. Menyehatkan tulang 

Manfaat bawang merah yang harus kamu ketahui selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan tulang. Khasiat yang satu ini asalnya dari kalsium dalam bawang merah. Mineral ini bisa menjaga tulangmu agar selalu kokoh dan memicu tumbuhnya sel tulang baru untuk menggantikan sel yang sudah rusak. 

Bukan hanya kalsium, ada mineral lain dalam bawang merah yang memberikan manfaat yang sama seperti fosfor, zat besi dan tembaga. 

6. Mengatur gula darah 

Apakah kamu tahu jika manfaat bawang merah bagi kesehatan merupakan bisa mengelola gula darah? 

Kromium yang terdapat dalam bawang bisa membantu mengatur gula darah. Sedangkan, sulfur dapat membantu mengurangi kadar gula darah sehingga membantu produksi jumlah insulin dalam tubuh. 

Riset pada jurnal Environmental Health Insights tahun 2020 mengatakan, para penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang memakan bawang merah memperlihatkan kadar glukosa yang sangat rendah sampai 4 jam. 

Berikutnya, analisis tahun 2014 pada jurnal Nutrition mendapati, pengidap diabetes tipe 2 memiliki tingkat gula darah yang sangat rendah ketika makan bawang. 

7. Sumber antioksidan 

Antioksidan yang terkandung pada bawang merah maupun genus Allium lainnya bisa berfungsi pada beberapa proses pembentukan, diferensiasi, pertumbuhan dan juga metastasis sel kanker. 

Hipotesis ini dikatakan pada studi yang dilakukan Asemani Y et al tahun 2019 yang diterbitkan di Pubmed

Sangat banyak manfaat makan bawang merah mentah untuk kesehatan. Kamu bisa mengkonsumsi bawang merah mentah dengan mengolahnya menjadi acar yang bercita rasa segar maupun kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung jika tahan dengan rasa bawang merah yang sangat kuat dan menyengat. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Bawang Putih dan Cara Mengkonsumsinya yang Benar

Dapatkan bawang merah segar dan berkualitas serta kebutuhan lainnya di Astro. Melalui aplikasi Astro kamu bisa memesan berbagai produk kebutuhan sehari-hari dan pesanan mu langsung di antar dalam hitungan menit saja. Untuk mendapatkan seluruh kemudahan tersebut, unduh sekarang juga aplikasi Astro di App Store dan Play Store.

Arie Wahyu
Arie Wahyu