Kenali Manfaat Bawang Putih dan Cara Mengkonsumsinya yang Benar

Kenali Manfaat Bawang Putih dan Cara Mengkonsumsinya yang Benar

Bawang putih merupakan rempah-rempah yang terdapat di beberapa negara termasuk di Indonesia, bawang putih merupakan bagian dari kekayaan alam Indonesia, tentu saja bahan yang sering ada di dapur kamu itu memiliki banyak khasiat dan manfaat yang akan kamu terima apabila dikonsumsi.

Namun manfaat dan khasiat itu akan kamu dapatkan apabila kamu mengkonsumsinya dengan mengolahnya secara baik dan benar. Dengan begitu, akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dari bawang putih, jadi cara mengolahnya juga harus benar.

Bawang putih memang sering kamu konsumsi setiap hari, karena bahan itu termasuk bumbu yang sering kamu gunakan untuk memasak makanan. Tapi apakah kamu tahu apa saja khasiat dari bawang putih? Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat bawang putih dan cara mengkonsumsinya.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat dari Bawang Putih

Banyak orang yang mengonsumsi bawang putih, tapi banyak juga dari mereka justru tidak mengetahui manfaat dari mengkonsumsi bawang putih itu sendiri, sehingga alangkah baiknya kamu mempelajari manfaat dari bawang putih itu sendiri agar kamu lebih tau banyak hal tentang bawang putih.

Nah, jika kamu penasaran dengan manfaat bawang putih, maka tulisan ini akan membantumu memahami manfaat apa saja yang dapat kamu peroleh dari bawang putih. Berikut ini beberapa manfaat yang kamu dapat peroleh dengan mengkonsumsi bawang putih.

1. Bermanfaat untuk pencernaan

Bagi kamu yang kerap mengalami masalah pencernaan, bawang putih memiliki manfaat yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah pencernaan itu. bawang putih dipercaya dapat membantumu membersihkan pencernaan, maka dari itu kamu dapat mengkonsumsi bawang putih untuk membersihkan pencernaan kamu.

Masalah pencernaan seperti sulit buang air besar, sembelit atau bahkan diare dapat kamu selesaikan dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin. Siapa sangka bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk membersihkan pencernaan, apakah kamu baru tahu? Padahal kamu sering mengonsumsinya bukan?

2. Manfaat untuk kesehatan darah

Bagi kamu yang takut terkena penyakit darah tinggi, atau bahkan sudah mengalami gejala penyakit darah tinggi, sebaiknya kamu mengonsumsi bawang putih untuk mendapatkan banyak khasiat yang dikandung oleh bawang putih, karena darah tinggi berbahaya untuk keselamatanmu.

Dengan mengkonsumsi bawang putih, kamu akan terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan darah tinggi, kesehatan darahmu akan terjaga dan terkendali sehingga kamu akan merasakan hidup yang lebih sehat, maka sebaiknya kamu mulai rutin mengkonsumsi bawang putih dengan baik dan benar.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti bawang putih dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

Resep Protein Shake Sederhana yang Lezat dan Sehat

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit yang Tidak Banyak Tahu

Cara Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih dapat dirasakan khasiatnya dengan cara mengkonsumsinya yang baik dan benar, karena mengonsumsi bawang putih dengan sembarangan justru akan menghilangkan khasiat dari bawang putih itu sendiri, sehingga kamu tidak akan mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu lakukan dalam mengonsumsi bawang putih, kamu bisa pilih salah satu dari ketiga cara ini agar kamu benar-benar mendapatkan khasiat dari bawang putih itu sendiri. Berikut ini tiga pilihan cara mengkonsumsi bawang putih dengan benar.

1. Memakan bawang putih mentah-mentah

Cara pertama untuk mengkonsumsi bawang putih dengan baik dan benar adalah memakannya langsung secara mentah-mentah, jika kamu ingin mendapatkan khasiatnya, maka sebaik nya kamu mulai mengkonsumsi dengan cara yang satu ini, yaitu memakannya mentah-mentah.

Bagi kamu yang belum terbiasa, mungkin cara ini memang aga sedikit membuatmu tidak nyaman, karena baunya yang tajam dan rasanya yang tidak bersahabat dengan lidah, namun kamu akan terbiasa apabila mulai membiasakannya, mulailah membiasakan cara makan bawang putih yang satu ini.

2. Bawang putih disimpan di makanan

Cara selanjutnya adalah bawang putih mentah dapat kamu selipkan di makanan, seperti orang tua yang menyelipkan obat di makanan untuk anaknya. Kamu juga bisa menyelipkan bawang putih di buah-buahan atau di beberapa jenis makanan lainnya.

Kamu harus mengiris-iris terlebih dahulu bawang putih, kemudian menyelipkannya di makanan yang kamu makan. Begitu cara lain mengkonsumsi bawang putih agar khasiatnya tetap terjaga, sehingga kamu juga tidak akan dibuat ingin muntah saat mengkonsumsinya.

3. Bawang putih direbus

Cara ketiga untuk mengonsumsi bawang putih adalah dengan merebus terlebih dahulu bawang putih, dengan merebusnya kamu akan tetap menjaga khasiat dari bawang putih. Pastikan kamu tidak terlalu lama dalam merebus bawang putih itu sendiri ya.

Setelah direbus kamu bisa mengonsumsi airnya sekaligus bawang putihnya, cara ini dapat kamu lakukan apabila kamu ingin mengonsumsinya tanpa bahan tambahan lain  seperti makanan atau apapun. 

Baca Juga: Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Untuk Kebugaran

Demikian penjelasan tentang cara mengkonsumsi bawang putih dengan baik dan benar, serta manfaat dari bawang putih itu sendiri. Kamu bisa memilih satu dari tiga cara yang benar dalam mengkonsumsi bawang putih, silahkan memilihnya sesuai selera.

Jika kamu ingin belanja bawang putih berkualitas, kamu selalu bisa andalkan Astro untuk belanja bawang putih dan kebutuhan lainnya secara online. Pesan sekarang di Astro, pesanan kamu akan sampai dalam hitungan menit saja. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu