Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Ada berbagai manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh dan kulit, sebab buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, seperti mineral, antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E penting yang bagus guna kesehatan kulit, termasuk zinc dan selenium. 

Manfaat dari alpukat untuk kesehatan tubuh dan kulit dapat kamu peroleh dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin maupun membuatnya menjadi pembersih wajah atau masker. Berikut ini beberapa manfaat dari alpukat yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan tubuh dan juga kulit mu. 

Baca Juga: Resep Alpukat Untuk Diet, Tidak Cuma Jadi Jus Saja

Berikut Berbagai Khasiat dari Alpukat 

Karena kandungan antioksidan dan berbagai nutrisi yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat segudang manfaat alpukat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kulit seperti: 

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga berat badan 

Sebab alpukat mempunyai kandungan serat dan karbohidrat, mengkonsumsi buah ini dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Walaupun berlemak, alpukat tidak mengakibatkan berat badan bertambah dengan cepat, sebab jenis lemak yang ada di dalamnya merupakan lemak baik. 

Tetapi, untuk memperoleh manfaat dari alpukat, kamu disarankan untuk tidak memakannya secara berlebihan karena kalorinya sangat tinggi, yakni sebanyak 150-200 kalori setiap bulannya. Tidak hanya itu, guna menurunkan berat badan, kamu juga disarankan untuk rajin berolahraga. 

2. Merawat kesehatan jantung 

Buah alpukat adalah sumber lemak sehat, mineral, vitamin, serat, dan protein yang bagus untuk jantung. Riset mengungkapkan jika pola makan tinggi sayuran dan buah, termasuk alpukat, bisa menurunkan lonjakan kolesterol jahat dan memproduksi lebih banyak kolesterol baik pada tubuh. 

Kolesterol baik yang berlebihan untuk kesehatan sebab dapat mengakibatkan sumbatan pada aliran darah pada jantung dan mendorong resiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, alpukat bisa kamu manfaatkan menjadi pilihan buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan merawat kesehatan jantung. 

3. Mencegah dan menyembuhkan sembelit 

Sembelit dapat terjadi sebab kurangnya kebutuhan serat atau kekurangan mengkonsumsi air putih. Oleh sebab itu, guna mencegah dan menyembuhkan sembelit, kamu dapat memakan makanan kaya akan serat seperti alpukat. 

Demi memaksimalkan khasiat alpukat untuk sembelit, kamu juga disarankan mengkonsumsi air putih yang cukup dan rajin melakukan olahraga setiap harinya, agar semuanya menjadi seimbang. 

4. Menurunkan risiko terkena kanker 

Makanan sehat yang satu ini bisa menekan terjadinya kanker dalam tubuh. Hal ini sebab dalam buah alpukat mengandung berbagai antioksidan dan nutrisi, seperti lutein, asam oleat, vitamin C dan vitamin E yang bagus guna menekan tumbuhnya sel kanker. 

Bukan hanya dalam buah alpukat saja, penelitian menunjukkan jika berbagai zat yang memiliki sifat anti kanker pun ada pada bijinya. Tetapi, efektivitas khasiat alpukat yang ini masih harus diteliti lebih dalam. 

Untuk mengurangi risiko terjadi kanker, penting untuk kamu guna menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, seperti makan makanan sehat, banyak minum air putih, rajin berolahraga sampai hindari merokok. 

5. Menghindari terjadinya radang sendi 

Buah alpukat adalah sumber antioksidan yang berguna untuk menghindari terjadinya peradangan dalam tubuh. Bahkan, salah satu studi mengungkapkan jika mengkonsumsi buah alpukat bisa menghindari terjadinya radang sendi. Tetapi, khasiat buah alpukat ini masih membutuhkan penelitian lebih dalam. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Alpukat dan buah-buahan segar di Aplikasi ASTRO!

Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Kulit

6. Melembabkan kulit 

Alpukat bisa melembabkan kulit, sebab buah ini tinggi akan mineral, vitamin, air, dan lemak baik. Karena kandungannya tersebut, buah alpukat dapat dipakai menjadi bahan alami guna mengatasi kulit pecah-pecah atau kering. 

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam buah alpukat bisa menyembuhkan kerusakan kulit karena masalah tersebut, seperti jerawat dan eksim. 

7. Menyuburkan elastisitas kulit 

Khasiat alpukat guna kesehatan wajah berikutnya yaitu menyubur elastisitas kulit wajah. Khasiat yang satu ini bisa didapatkan sebab pada alpukat memiliki kandungan vitamin C dan mangan, yakni nutrisi penting yang diperlukan tubuh guna memperbanyak jumlah kolagen. 

Kolagen adalah protein yang diperlukan kulit guna menjaga elastisitasnya. Tidak hanya itu, terdapat pula riset yang memperlihatkan jika lemak sehat yang terkandung dalam alpukat bisa membantu menyuburkan elastisitas kulit dan mencegah terjadinya kerutan pada wajah. 

Baca Juga: Jangan Lewatkan Ini Manfaat Buah Alpukat Untuk Wajah

8. Menekan dan memperbaiki kulit yang rusak 

Alpukat mempunyai kandungan zat dan nutrisi yang bisa meredakan peradangan pada kulit, seperti antioksidan, vitamin A, B, C dan E. Bahkan, terdapat penelitian yang mengungkapkan jika seluruh kandungan nutrisi tersebut bisa melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang dikarenakan dari paparan cahaya matahari. 

9. Menekan hiperpigmentasi kulit 

Vitamin C dan vitamin E yang terkandung di dalam alpukat sangat bermanfaat guna menekan dan mengatasi terjadinya penggelapan kulit atau biasa dikenal dengan hiperpigmentasi. Hal ini sebab vitamin tersebut bisa membantu meredakan peradangan pada kulit dan mengurangi produksi melanin, yang mendorong timbulnya noda hitam pada kulit. 

10. Menghindari munculnya jerawat

Khasiat alpukat bagi wajah berikutnya yaitu menghindari munculnya jerawat. Hal ini bisa terjadi sebab adanya kandungan omega-3 dan vitamin C dalam alpukat yang bisa menghindari peradangan di kulit, sehingga bisa terhindar dari timbulnya jerawat. 

Tidak hanya omega-3 dan vitamin C saja, buah alpukat yang telah diolah menjadi minyak pun memiliki kandungan antimikroba, sehingga pemakaiannya pun bisa menghindari terjadinya jerawat pada wajah.

Kondisi Alergi yang Menyebabkan Tidak Boleh Makan Alpukat

Meski memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit, ternyata ada segolongan orang yang tidak boleh mengkonsumsi alpukat. Melansir dari situs Healthline, Orang-orang yang mengidap kondisi alergi lateks dan alergi alpukat oral tidak dapat mengkonsumsi buah ini. Gejala alergi lateks berupa bibir bengkak, bersin, mata gatal, hingga muntah. Sedangkan untuk alergi alpukat oral berupa gatal-gatal pada bibir, mulut, dan tenggorokan. 

Detail Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Melansir dari situs Harvard School of Public Health, alpukat ukuran sedang memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 240
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Protein: 3 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 15 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 4 gram
  • Lemak jenuh: 3 gram
  • Serat: 10 gram
  • Natrium: 11 miligram

Selain itu, buah alpukat juga menjadi berbagai sumber nutrisi yang baik, seperti:

  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Folat
  • Kalium
  • Magnesium
  • Karotenoid (lutein,zeaxanthin)

Konsumsi Buah Alpukat Harian yang Disarankan

Dilansir dari Cleveland Clinic, Ariana Cucuzza, RD merekomendasikan  ½ hingga satu buah alpukat sehari. Selain itu, buah alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik, dan membuat kamu lebih mudah kenyang, sehingga cenderung sulit untuk mengkonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga: Kenali Cara Konsumsi Chia Seed Untuk Diet

Nah, itu dia segudang manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh dan kulit yang dapat kamu peroleh. Kamu bisa dapatkan alpukat segar dan berkualitas di Astro. Astro menyediakan produk buah-buahan dan berbagai produk kebutuhan sehari-hari lainnya yang bisa kamu peroleh dengan memesan nya lewat aplikasi Astro! Untuk itu, download aplikasi Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu