Kenali Cara Konsumsi Chia Seed Untuk Diet

Kenali Cara Konsumsi Chia Seed Untuk Diet

Chia seed adalah sejenis biji-bijian yang asalnya dari tanaman famili mint Salvia hispanica. Chia seed sangat bernutrisi dan menjadi populer belakangan ini untuk kebiasaan hidup sehat. Biji-bijian yang satu ini juga dianggap bisa membantu kamu untuk turunkan berat badan sehingga sangat hits dalam praktek diet. 

Nah, tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini ada beberapa cara konsumsi chia seed untuk diet yang bisa kamu coba. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Resep Camilan Sehat dan Praktis Untuk Diet

Kandungan Nutrisi Chia Seed

Menurut American Society for Nutrition, biji chia menyediakan serat tidak larut yang membantu membuat kamu kenyang lebih lama dan membantu pencernaan. Chia seeds juga memberikan lemak sehat, protein, dan antioksidan pelindung sel. Biji chia juga merupakan sumber mineral yang baik karena mengandung:

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Seng
  • Tembaga
  • Mangan
  • Niacin
  • Magnesium

Selain itu, biji chia dapat membantu mengendalikan gula darah. Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam Diabetes Care menentukan bahwa menambahkan biji chia ke dalam pengobatan diabetes tipe 2 dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan membantu menjaga kontrol glukosa dan lipid yang baik.

Menurut Dr. Andrew Weil dari website drWeil, biji chia juga memiliki lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan dengan biji rami. Asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko penyakit koroner dan memperbaiki kadar kolesterol kamu. Berbeda dengan biji rami, biji chia kaya antioksidan dan memiliki masa simpan yang lebih lama.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed Untuk Diet

Makanan ini sangat kaya gizi dan nutrisi yang tidak boleh kamu lewatkan. Saat menambahkan chia seed ke dalam makanan, penting untuk memperhatikan porsinya agar asupan kalori tetap terkendali.

Perlu diingat bahwa dua sendok chia seed mengandung 138 kalori. Pastikan kamu memantau asupan kalori harian mu, terutama jika sedang berusaha menurunkan berat badan.

Pastikan chia seed sudah direndam dulu sebelum ditaburkan. Hindari mengkonsumsinya dalam keadaan masih kering.

  • Campurkan chia seed dalam smoothie untuk sarapan pagi.
  • Taburkan chia seed pada salad.
  • Konsumsi chia seed dengan jus buah, lemon, atau madu dalam perbandingan 1:16.
  • Kombinasikan chia seed dengan yoghurt.
  • Tambahkan chia seed pada buah.

Baca Juga: 5 Variasi Resep Olahan Oatmeal yang Super Lezat dan Sehat

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Sesudah kamu mengetahui cara mengkonsumsi chia seed untuk diet, maka kamu juga perlu tahu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi chia seed setiap hari. Sebab siapa sangka jika makanan ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap. 

Biji-bijian ini memiliki kandungan magnesium, tembaga, zat besi, kalsium, kalium, mangan, vitamin A, vitamin B, omega 3 dan 6, protein, serat, karbohidrat dan air. Chia seed pun mengandung beberapa antioksidan yang cukup kuat, seperti asam klorogenik, quercetin, kaempferol, dan asam caffeic. 

Kandungan antioksidan di dalamnya sangat penting guna melindungi tubuh kamu dari serangan berbagai penyakit kronis seperti jantung dan kanker. Bukan hanya itu saja, chia seed pun diyakini mempunyai banyak manfaat lainnya, seperti: 

1. Mengurangi Radikal Bebas

Chia seeds merupakan sumber antioksidan yang sangat baik seperti asam kafeat, asam klorogenat, kaempferol, dan quercetin. Antioksidan ini berperan penting dalam melawan radikal bebas, sehingga mengurangi stres oksidatif dan potensi kerusakan sel. Mengkonsumsi chia seeds dapat menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan radikal bebas, termasuk penyakit jantung, penurunan kognitif, dan beberapa jenis kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Chia seeds mengandung quercetin, sejenis antioksidan yang dapat mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat tinggi dalam biji ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Mengontrol Tingkat Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa serat pada chia seeds dapat membantu memperbaiki kadar gula darah, mengurangi risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Penelitian juga menemukan bahwa roti yang mengandung chia seeds menyebabkan respons gula darah lebih rendah dibandingkan roti tradisional, membantu mencegah tingkat gula darah tinggi.

4. Mengurangi Peradangan

Asam kafeat, sejenis antioksidan yang terdapat dalam chia seeds, dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh. Mengkonsumsi chia seeds secara teratur juga dapat membantu mengurangi peradangan.

5. Mengontrol Berat Badan

Satu ons chia seeds mengandung 39% dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Serat larut dalam biji ini menyerap air, membuatnya membesar di dalam lambung dan meningkatkan rasa kenyang saat dikonsumsi. Dengan memberikan perasaan kenyang meskipun makanan dikonsumsi dalam jumlah lebih sedikit, chia seeds dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

6. Kesehatan Tulang yang Lebih Baik

Chia seeds memiliki beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk magnesium dan fosfor. Satu ons biji juga mengandung 18% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan, yang sangat penting untuk fungsi tulang, otot, dan saraf yang sehat. Jika dibandingkan per gramnya, chia seeds mengandung lebih banyak kalsium dibanding susu.

7. Bagus Dikonsumsi untuk Penderita Divertikulosis 

Serat yang cukup tinggi pada chia seed bukan hanya bagus untuk sistem pencernaan sebab menjadikan kamu kenyang lebih lama, namun juga bisa mengatasi gangguan divertikulitis. Dengan mengkonsumsi chia seed ini dipercaya membantu tubuh untuk melancarkan kerja usus pada proses pencernaan dan mengatasi masalah sembelit. 

Selain itu, chia seed juga dikatakan bagus untuk membantu turunkan kadar kolesterol jahat pada darah. Kandungan omega 3 di dalamnya yang sangat tinggi juga dihubungkan dengan penurunan resiko terserang stroke. 

Baca Juga: 5 Jenis Oat Untuk Diet Yang Mudah, Murah, dan Sehat!

Nah, itu tadi ulasan mengenai cara konsumsi chia seed untuk diet dan beberapa manfaatnya yang perlu kamu ketahui jika ingin melakukan diet chia seed. Boleh kamu melakukan diet, dengan catatan tetap mengkonsumsi makanan bergizi, bernutrisi dan olahraga. 

Tidak hanya berat badan saja yang turun, tetapi kamu juga bisa memiliki pola hidup sehat dan badan yang tidak mudah terserang penyakit. Semoga ulasan di atas membantu kamu, ya! 

Kalau kamu mau mencoba gaya hidup sehat, Astro siap bantu kamu untuk penuhi kebutuhan makanan sehat seperti buah dan sayur, snack sehat, dan lainnya. Astro akan mengantarkan pesanan makanan sehat kamu dalam waktu 15 menit saja! Yuk coba pesan sekarang di Aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu